Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bonsai Serut. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara membuat bonsai serut serta perawatannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak Artikel berikut ini.

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Tanaman Serut merupakan jenis tanaman liar yang bisa tumbuh dengan baik di alam. Tanaman serut juga banyak dijadikan serta digunakan sebagai tanaman bonsai. Nama lain dari pohon serut adalah Streblus Asper, dalam bahasa inggris yang dikenal juga dengan sebutan sandpaper tree, siamese rough bush, serta toothbrush tree. Di Indonesia kita juga akan sering menemui jenis tanaman bonsai ini di Pulau Jawa dan Sumatera.

Cara Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Ciri khas dari batang bonsai serut adalah berwarna putih bertekstur serta batangnya cukup keras. Mempunyai ukuran daun yang cukup kecil dan berwarna hijau sehingga membuat bonsai ini terlihat begitu menawan yang di tambah lagi daun yang rimbun sehingga membuat bonsai ini lebih eksotis.

Tak hanya itu bonsai yang satu ini juga mempunyai bunga berwarna putih. Namun karena bunganya mempunyai kecil, bunga tidak terlalu terlihat. Pada musim kemarau, daun dari tanaman bonsai serut ini akan rontok.

Persiapan Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dlaam membuat bonsai serut, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Bakalan Bonsai/Bibit
  • Pot
  • Gunting
  • Kawat
  • Pasir
  • Pestisida
  • Tang
Baca Juga:  Budidaya Manggis : Tahap, Pemilihan, Pengelolaan, Perawatan Dan Pemanenan

Persiapan Bibit Bonsai Serut

Langkah awal dalam pembuatan bosai serut yaitu pemilihan bibit yang akan digunakan untuk bonsai serut. Cara memilih bakal bonsai yang perlu diperhatikan sebelum memasuki tahap membuat bonsai, bakal bonsai yang bagus juga dapat berpengaruh terhadap kualitas serta kuantitas dari bonsai tersebut.

Sebenarnya tidak salah jika kita membeli bakal bonsai di toko tanaman, namun akan akan lebih menarik jika kita memilih atau menanam dari awal, sebab bentuk bonsai bisa kita atur sendiri sesuai dengan yang kita inginkan.

Berikut adalag cara memilih bakal tanaman serut :

  • Bersihkan batang serut dari daun maupun kotoran yang menempel
  • Potong akar dan batang sesuai selera kita
  • Bersihkan dengan air batang maupun akar
  • Kita bisa mengolesi akar dengan perangsang akar, supaya agar pertumbuhnya tidak terlalu lama.

Pada tahap ini kita sudah mepunyai bakal bonsai yang siap tanam.

Persiapan Media Tanam Bonsai Serut

Media tanam yang cocok dalam pembutan bonsai serut adalah campuran antara pupuk kandang, tanah humus, serta tanah gunung dengan menggunakan perbandingan 1:1:1.

Sebelum pembuatan tanaman bonsai, tanam ini untuk terlebih dahulu pohon serut diletakkan pada media yang lebih besar. Apabila sudah merasa cukup dengan ukuran yang diinginkan selanjutnya baru pohon serut bisa dipindahkan ke media yang lebih kecil.

Penanaman Bonsai Serut

Apabila bibit tanaman bonsai serut sudah siap, maka langkah berikutnya yaitu lakukan penanaman bibit dalam pot yang sudah beriskan pasir halus. Setelah penanaman ini disara sudah selesai, diamkan tanaman bonsai serut hidup dengan baik dan pada umunya membutuhkan waktu selama kurang lebih 4-5 bulan.

Membentuk Bonsai Serut

Supaya bonsai serut yang pada bagian batang dan rantingnya ini lebih cantik, maka langkah selanjutnya pruning daun tanaman serut yaitu dengan cara:

  • Potong ranting atau dahan yang tumbuh kurang baik
  • Lilitkan kawat pada dahan yang sudah diprunning
  • Bentuk tanaman sesuai keinginan.
Baca Juga:  √ Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula Mudah

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Merawat Bonsai Serut

Selanjutnya lakukan penyiraman seminggu atau bisa juga dengan melakukan penyiraman saat media tanam. Tak hanya itu, Kita juga bisa melakukan penyemprotan pestisida supaya tanaman tidak terserang hama.

Lakukan pemangkasa agar bonsai selalu rapih dan mempunyai tampilan seni yang tinggi, pemangkasan ini bisa kita lakukan secara rutin setiap harinya. Agar dapat mencegah bonsai dari hama yang menyerang, anda juga bisa memberinya pestisida sesuai dengan takarannya.

Jenis hama yang sering menyerang tanaman serut ini biasanya jamur – jamur yang berwarna putih serta menempel pada daun, hama ini juga mengeluarkan embun madu yang manis sehingga dapat menimbulkan tumbuhnya cendawan jelaga.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.