√ Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

1 min read

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bonsai Serut. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara membuat bonsai serut serta perawatannya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya simak Artikel berikut ini.

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Tanaman Serut adalah jenis tanaman liar yang dapat tumbuh dengan baik di alam. Tanaman serut ini banyak dijadikan dan digunakan sebagai tanaman bonsai. Nama lain dari pohon serut yaitu Streblus Asper, dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan sandpaper tree, siamese rough bush, dan toothbrush tree. Di Indonesia kita akan sering menjumpai jenis tanaman bonsai ini di Pulau Jawa dan Sumatera.

Cara Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Ciri khas batang bonsai serut yakni berwarna putih bertekstur dan batangnya cukup keras. Memiliki ukuran daun yang cukup kecil berwarna hijau yang membuat bonsai ini terlihat begitu menawan di tambah lagi daun yang rimbun membuat bonsai ini lebih eksotis.

Selain itu bonsai yang satu ini juga memiliki bunga berwarna putih. Tapi karena bunganya berukuran kecil, bunga tidak terlalu terlihat. Pada musim kemarau, tanaman bonsai serut akan merontokkan daunnya.

Persiapan Alat dan Bahan

Adapun alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat bonsai serut, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Bakalan Bonsai/Bibit
  • Pot
  • Gunting
  • Kawat
  • Pasir
  • Pestisida
  • Tang
Baca Juga:  Budidaya : Pengertian, Manfaat, Contoh Dan Kesimpulan

Persiapan Bibit Bonsai Serut

Bibit bonsai serut bisa/dapat diperoleh melalui cangkok, stek batang atau akar. Bisa juga dengan mendongkel bonggol tanaman serut induk.

Persiapan Media Tanam Bonsai Serut

Media tanam yang cocok untuk bonsai serut yakni campuran antara pupuk kandang, tanah humus, dan tanah gunung dengan menggunakan perbandingan 1:1:1.

Sebelum dijadikan tanaman bonsai, tanam terlebih dahulu pohon serut pada media yang lebih besar. Setelah dirasa cukup dengan ukuran yang diinginkan baru pohon serut dapat dipindahkan ke media yang lebih kecil.

Penanaman Bonsai Serut

Setelah bibit tanaman bonsai serut telah siap, maka langkah selanjutnya lakukan penanaman bibit dalam pot yang sudah berisi pasir halus. Setelah penanaman selesai, biarkan tanaman bonsai serut hidup dengan baik dan biasanya membutuhkan waktu selama 4-5 bulan.

Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula

Membentuk Bonsai Serut

Agar bonsai serut yang batang dan rantingnya lebih cantik, maka lakukan pruning daun tanaman serut yaitu dengan cara:

  • Potong ranting atau dahan yang tumbuh kurang baik
  • Lilitkan kawat pada dahan yang sudah diprunning
  • Bentuk tanaman sesuai keinginan.

Merawat Bonsai Serut

Lakukan penyiraman seminggu atau dengan melakukan penyiraman saat media tanam. Selain itu, bisa juga lakukan penyemprotan pestisida agar tanaman tidak terserang hama.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Mudah Membuat Bonsai Serut Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.