Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli
Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli

Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli

Posted on

Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli berikut ini.


Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli


Bila telah menyelami dunia pertanian, pastinya sempat melihat batang maupun daun tumbuhan yang hadapi kehancuran ataupun berlubang bukan? Perihal ini umumnya diakibatkan oleh hama ataupun penyakit.

Hama pada tumbuhan lumayan bermacam-macam, mulai dari wereng, gangsir, lalat buah, walang sangit, artona, sampai tikus.

Tetapi yang sangat dominan merupakan tikus, sehingga metode membasmi hama tikus dengan oli jadi lumayan terkenal. Metode mengatasinya juga dapat memakai bahan kimiawi maupun biologis.

Hama tikus jadi salah satu yang sangat di khawatirkan serta dapat ditanggulangi dengan memakai oli loh. Lalu gimana metode membasmi hama tikus dengan oli yang sangat efisien?

Oli yang jadi bahan pelumas mesin ini dinilai lumayan efisien mengatasi hama tikus. Perihal ini disebabkan oli memiliki bahan yang tidak hendak mengganggu bibit tumbuhan paling utama padi.

Pastikan buat mempersiapkan oli dalam jumlah besar sebanding dengan luas sawah ataupun zona pertanian yang di memiliki buat mengusir tikus.

Bila mau mengenali lebih lanjut menimpa gimana metode membasmi hama tikus dengan oli yang sangat efisien, ikuti ulasannya berikut.


Apa Itu Hama Tikus?

Hama tikus ialah hewan yang sangat mengusik serta mengganggu perkembangan tumbuhan.

Secara langsung ataupun tidak langsung, tipe hama satu ini dapat mengusik pertumbuhan tumbuhan, mulai dari benih, pembibitan, pemanenan, sampai sehabis proses pemanenan loh.

Terlebih banyaknya kerugian yang disebabkan oleh hewan satu ini, semacam melanda tumbuhan pada masa persemaian, perkembangan, panen, susah dikendalikan.

Sampai dapat berkembang biak serta menyebar dengan cepat yang menimbulkan petani kewalahan dalam menanggulanginya.

Tidak cuma itu, hama tikus sangat merugikan pertanian sebab acapkali memakan bagian tumbuhan semacam biji-bijian, umbi tumbuhan, buah serta apalagi batang tumbuhan.

Umumnya hendak diisyarati dengan terdapatnya kehancuran pada tumbuhan, jejak kotoran tikus, ada liang tikus serta sisa potongan ataupun gigitan tikus pada tumbuhan yang sudah dirusaknya.

Baca Juga:  Manfaat Buah Blueberry Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Perlu diketahui kalau tikus hendak melanda tumbuhan pada malam hari, serta bersembunyi di siang hari di dalam lubang yang ialah saluran irigasi, pematang maupun jalur sawah.

Maka dari itu pastikan buat membasminya dengan benar serta pada waktu yang pas supaya tumbuhan tidak rusak akibat ulah tikus.

Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli


Metode Membasmi Hama Tikus dengan Oli

Sediakan Oli Bekas

Meski banyak petani yang tidak meragukan metode ini, tetapi harga oli yang lumayan mahal menjadikan banyak dari mereka yang tidak memakainya.

Sementara itu, buat memakai metode ini kamu tidak diwajibkan memakai oli baru sebab kamu pula dapat memakai oli sisa.

Bila kamu memutuskan buat memakai oli sisa ada satu perihal yang wajib betul-betul kamu perhatikan saat sebelum memakainya.

Pastikan kalau oli sisa tersebut betul-betul murni oli. Pengecekan ini harus dicoba sebab ada sebagian permasalahan dimana oli sisa telah dicampur oleh air comberan.

Ini umumnya dicoba oleh orang dagang oli sisa guna tingkatkan pemasukan mereka serta menjual oli sisa.

Pada dasarnya, yang kamu butuhkan tidaklah baru ataupun tidaknya oli yang digunakan. Melainkan sifat dari oli tersebut.

Sifat dari oli yang semacam minyak tersebutlah yang kamu butuhkan serta ini tidak hendak kamu miliki bila oli yang kamu pakai telah dicampur dengan air comberan.

Gabungkan Oli Dengan Toksin Tikus

Metode memakai toksin tikus ini merupakan dengan mencampurnya secara menyeluruh pada oli yang telah kamu siapkan tadi.

Upayakan jumlah toksin tikus yang digunakan jumlahnya tidak lebih banyak dari oli sebab dikhawatirkan hendak membuat energi rekat dari oli menurun.

Metode kerja dari metode ini merupakan kala oli serta toksin tikus telah bercampur dalam suatu genangan serta tikus melewatinya, oli hendak menolong toksin tikus melekat pada bulu-bulu tikus.

Oli inilah yang membuat gerakan tikus tersendat sehingga tikus mau membersihkannya dengan metode menjilatinya.

Sebab oli telah tercampur dengan toksin tikus, telah bisa ditentukan toksin tikus pula hendak masuk kedalam mulut tikus pada dikala ia mensterilkan badannya.

Dari sanalah setelah itu toksin tikus bekerja serta menewaskan tikus-tikus tersebut.


Buat saluran air di dekat Sawah

Langkah berikutnya buat menanggulangi hama tikus dengan oli yakni meletakan kombinasi oli serta toksin tikus yang sudah kamu buat di tempat yang pas. Mengapa?

Pasti sebab kamu tidak mau tumbuhan kamu terserang oli yang dapat saja malah jadi mengganggu tumbuhan kamu sendiri bukan?

Umumnya para petani mengakalinya dengan membuat saluran air disekitar zona pertanian mereka.

Baca Juga:  Penyakit Ikan

Saluran air yang terbuat lebarnya kira-kira hingga tikus tidak dapat melewatinya, sehingga tumbuhan kamu aman dari tikus tersebut.

Alirkan Oli di dekat Sawah

Metode menanggulangi hama tikus dengan oli berikutnya ialah dengan menyalurkannya di dekat pertanian tempat tumbuhan berkembang.

Bila aliran air sudah dibuat serta siap, waktunya buat mengalirkan kombinasi oli dan toksin tikus yang sudah dibuat tadinya.

Isikan sedikit air ke dalam parit serta tuangkan kombinasi oli serta toksin tikus tersebut. Dengan tujuan supaya tikus tidak mencium terdapatnya oli serta toksin.

Tetapi jangan sangat banyak pula supaya sifat perekat dalam oli tidak menurun.

Dengan trik kombinasi air serta oli tikus tidak hendak mengira kalau terdapat oli disana, maka dengan itu tikus hendak berjalan seperti umumnya.

Serta dikala seperti itu oli hendak melekat di bulu tikus, serta dikala tikus berupaya buat mensterilkan bulunya dengan menjilatinya, toksin tersebut hendak bekerja.

Dengan oli serta toksin yang dijilatinya sendiri hendak membuat tikus mati secara perlahan.

Dengan demikian, tumbuhan kamu bisa berkembang dengan baik serta aman sebab tidak terdapatnya hama ataupun penyakit yang mengganggunya.

Metode ini sangat sesuai buat diterapkan di persawahan yang ditanami padi.


Siramkan Oli Dengan Rata

Langkah terakhir dalam metode menanggulangi hama tikus dengan oli yakni dengan meratakan kombinasi oli serta toksin tikus dengan rata di lahan pertanian kamu.

Bisa jadi ini cukup memerlukan keberanian, mengingat jika oli yang sangat berlebih juga tidak hendak baik buat tumbuhan kamu.

Tetapi pastikan buat membuat jarak ruangan tumbuhan, buatlah jarak sedikit yang hendak memisahkan aliran air dan sisi tumbuhan.

Tidak cuma dengan menggunakan oli, bisa pula dengan memberikan toksin tikus, memburunya dengan ramai-ramai ataupun umum disebutkan gropyokan.

Ataupun emposan dengan membakar gabungan belerang dan jerami yang ditunjukan liang tikus tersebut.

Sehabis itu, bisa pula dengan jalani pengaturan biologis dengan melepas predator tikus dengan alamiah, yakni semacam burung hantu, kucing ataupun ular sawah.

Paling akhir, bisa pula dengan menanam padi dengan serempak dan tidak memusat hanya di satu antara lain wilayah persemaian saja.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Membasmi Hama Tikus Dengan Oli dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.