Cara Menanam Kumis Kucing

4 min read

Cara Menanam Kumis Kucing

Cara Menanam Kumis Kucing – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Kumis Kucing. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Kumis Kucing bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Kumis Kucing berikut ini.


Cara Menanam Kumis Kucing


Tumbuhan kumis kucing ialah tumbuhan obat dengan karakteristik batang basah tegak.

Tumbuhan ini berasal dari daerah Afrika setelah itu dikala ini telah menyebar hingga ke daerah Asia serta Australia.

Buat di Indonesia sendiri sentra penanaman tumbuhan kumis kucing ada di pulau Jawa.

Spesies kumis kucing yang banyak ada di pulau Jawa merupakan O. thymiflorus, O. aristatus, O. petiolaris serta masih banyak tipe yang lain.

Klon kumis kucing yang banyak di tanam oleh petani merupakan klon berbunga putih serta ungu.

Khasiat dari tumbuhan kumis kucing sangatlah banyak, daun kumis kucing basah ataupun kering bisa Kamu pakai bagaikan bahan obat–obatan herbal.

Daun kering umumnya dipakai bagaikan obat buat memperlancar keluarnya air kencing. Di India, daun kering kumis kucing digunakan buat menyembuhkan reumatik.

Warga di Indonesia banyak memakai kumis kucing bagaikan obat tradisional bagaikan upaya buat menyembuhkan encok, batuk, wasir serta masuk angin.

Ketentuan Tumbuhnya Tumbuhan Kumis Kucing

Tumbuhan kumis kucing bisa berkembang pada wilayah dengan curah hujan lebih dari 3.000 milimeter/tahun.

Dengan memperoleh cahaya matahari penuh tanpa naungan. Bila diberi naungan maka kandungan ekstrak daun hendak menyusut.

Sebaliknya buat temperatur sempurna merupakan panas hingga sedang. Tumbuhan ini hendak berkembang dengan baik pada ketinggian 500–1.200 mdpl.

Tumbuhan kumis kucing bisa berkembang dengan gampang pada tanah yang gembur, produktif, banyak memiliki bahan organik serta dengan tata kelola air serta udara yang baik.

Tanah latosol serta andosol sangat baik buat budidaya kumis kucing.


Manfaat kumis kucing buat kesehatan

Tumbuhan kumis kucing mempunyai sifat anti-inflamasi serta anti-hipertensi yang menolong melenyapkan beberapa penyakit pada badan.

Dikutip dari Health Benefitstimes, inilah beberapa khasiat kumis kucing buat kesehatan:

Menolong permasalahan pernapasan

Kumis kucing bisa menyembuhkan permasalahan respirasi semacam asma serta batuk.

Biar efisien mencegah permasalahan respirasi, campur kumis kucing dengan racikan obat lain.

Tekanan darah besar (hipertensi)

Isi antioksidan serta anti-inflamasi yang dipunyai oleh kumis kucing bisa menolong kurangi tingkatan tekanan darah.

Baca Juga:  Cara Membuat Pupuk organikMudah Bagi Pemula

Anti jamur

Senyawa yang termasuk pada kumis kucing sanggup menolong menghindari perkembangan parasit serta jamur yang hidup dalam badan.

Mereka melakukannya dengan memotong rantai pasokan nutrisi jamur. Kala terinfeksi jamur, kalian dapat mengoleskan kumis kucing di zona yang terserang peradangan.

Mengobati peradangan saluran kemih

Kumis kucing pula ditemui sangat efisien dalam penyembuhan terhadap peradangan di kandung kemih.

Dia pula bisa menghindari permasalahan kandung kemih yang akan terjadi di masa depan.


Menyembuhkan Gangguan Ginjal

Tumbuhan satu ini pula terkenal diucap dengan teh kesehatan ginjal. Dia dipercaya bisa melenyapkan batu ginjal sampai 5 centimeter.

Apalagi, khasiat ini telah diverifikasi dalam beberapa riset klinis pula.

Mengendalikan gula darah

Sebagian riset ilmiah sudah menampilkan kalau kumis kucing secara efisien mengendalikan kandungan glukosa dalam darah.

Sehingga sanggup menolong mengatur diabet secara efektif. Penting buat bertanya terlebih dulu dengan dokter saat sebelum bergeser ke obat herbal ini.

Merendahkan berat badan

Kumis kucing pula dapat menolong merendahkan berat tubuh. Tidak heran banyak yang menjualnya di pasaran dalam bermacam wujud semacam kapsul, kantong teh serta ekstrak, serta yang lain.

Mengobati cedera memar

Ada senyawa fenol serta asam caffeic pada kumis kucing. Sehingga bisa menolong menghindari perkembangan kuman serta membunuh kuman yang tersisa.

Dengan demikian, kumis kucing bisa dengan gampang diterapkan pada kulit buat mengobati cedera, memar, ataupun peradangan yang lain.

Cara Menanam Kumis Kucing


Metode Menanam Kumis Kucing

Sebab tumbuhan kumis kucing ini banyak ditemui di wilayah pedesaan oleh karena itu banyak pendatang baru yang pula mau mengenali gimana metode menanam kumis kucing yang baik serta benar.

Tidak hanya digunakan bagaikan bahan dapur tumbuhan kumis kucing ini pula efektif bagaikan obat kencing manis.

Pemilihan Bibit Kumis Kucing

Metode budidaya kumis kucing bisa dicoba dengan perbanyak bibit memakai tata cara vegetatif ataupun menanam dari batangnya.

Langkah awal memilih tumbuhan yang sehat, wajar produktif serta telah berkayu.

Bila telah menemukan tumbuhan yang sesuai potong batang tumbuhan seukuran 15-20 centimeter serta dimensi bukunya 2-3 centimeter.

Dikala memilah bibit kumis kucing sesungguhnya terdapat 2 metode ialah langsung ditanam ataupun dicoba penyemaian terlebih dulu.

Tetapi apabila bibit disemai terlebih dahulu maka pakai jarak tanam sebesar 10 x 10 centimeter serta tanam pada kedalaman 20 centimeter.

Persiapan Lahan Budidaya Kumis Kucing

Metode merawat tumbuhan kumis kucing di pot bisa diawali dengan mempersiapkan dimensi pot yang cocok dengan dimensi bibit yang hendak ditanam.

Setelah itu siapkan pula media tanam yang berbentuk tanah serta pula pupuk kandang dengan komposisi perbandingan 2:1. Bila tidak menciptakan pupuk kandang maka dapat ditukar dengan sekam.

Kala seluruh bahan telah ada campur serta masukkan kedalam pot sampai mengisi 1/3 bagian pot.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Menanam Jahe dan Macam Jahe Di Indonesia

Kemudian tanam bibit secara tegak lurus pada kedalaman 5 centimeter ataupun sampai 1/3 batang stek teruruk tanah setelah itu padatkan tanah disekitar bibit supaya batang dapat berkembang lebih tegak.

Sehabis itu siram tanah supaya tanah jadi padat. Berbeda dengan metode merawat tumbuhan kumis kucing di pot, bila ditanam di lahan maka olah tanah sedalam 30-40 centimeter setelah itu diamkan tanah sepanjang 15 hari.

Sehabis itu buat bedengan selebar 100-120 centimeter serta besar bedengan 30 centimeter.

Atur tiap jarak bedengan 40-50 centimeter sebaliknya buat panjang bedengan dapat disesuaikan. Gabungkan tanah bersama pupuk kandang sebanyak 15-20 kilogram/ha.

Jarak Tanam Kumis Kucing Yang Ideal

Kala media tanam pada lahan telah berakhir buatlah lubang tanam berdimensi 30 x 30 x 30 centimeter dengan jarak tanam berdimensi 40 x 40 centimeter.

Dengan metode menanam kumis kucing yang demikian maka berikutnya gabungkan pupuk kandang sebanyak 2-3 kilogram/lubang setelah itu uruk lubang memakai tanah.

Dimensi tersebut bukan acuan wajib mempraktikkan jarak tanam yang demikian, kalian dapat pula membuat jarak tanam dengan membiasakan luas lahan yang digunakan.


Metode Menanam Kumis Kucing

Metode menanam kumis kucing ialah dengan mengenali waktu tanam yang pas. Pada wilayah yang mempunyai ketersediaan air yang lumayan bagus sepanjang tahun hingga waktu penanaman dapat dicoba kapan saja.

Bila kebalikannya maka waktu penanaman dapat dicoba diawal masa penghujan. Pada 1-15 hari pasca tanam jangan lupa buat melaksanakan penjarangan serta pula penyulaman tumbuhan.

Perhatikan pula apakah gulma mulai berkembang disekitar tumbuhan kumis kucing, jadi dapat dibasmi secepatnya.

Dikala awal masa penanaman penyiraman dapat dicoba 2x satu hari, tetapi bila batang telah mulai kuat serta berusia keseriusan penyiraman bisa dikurangi dengan ketentuan jangan sampai tanah kering kerontang sebab menimbulkan tumbuhan jadi kehilangan cairan tubuh.

Pemanenan tumbuhan kumis kucing dapat dicoba kala umur tumbuhan telah 1 bulan, serta jangan sampai telat memanen sebab hendak mempengaruhi terhadap produktivitas berikutnya.

Identitas tumbuhan yang siap panen merupakan belum terdapatnya tangkai bunga serta pula dimensi tumbuhan setinggi 50 centimeter.

Pemicu Kegagalan Metode Menanam Kumis Kucing

Metode budidaya kumis kucing tidak dapat terhindarkan dari pemicu kegagalan yang acapkali terjadi.

Fauna pengganggu yang sering kali jadi faktor kegagalan tumbuhan kumis kucing merupakan kutu daun serta pula ulat.

Tidak hanya itu penyakit jamur upas pula acapkali melanda cabang ataupun batang tumbuhan yang berkayu.

Tetapi perihal tersebut bisa diatasi dengan membetulkan tatanan air, memangkas bagian tumbuhan yang cacat, melindungi kebersihan lahan, serta teratur menyemprotkan pestisida pada tumbuhan.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Kumis Kucing dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Kantong Semar

Farming
3 min read

Jenis Tanaman Jarak

Farming
4 min read