Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil

2 min read

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil berikut ini.


Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil


Beternak ayam tidak wajib di lahan yang luas, apalagi rumah sendiri juga dapat dijadikan bagaikan posisi peternakan.

Beternak di rumah diucap dengan skala rumahan sebaliknya beternak di lahan yang luas dengan jumlah ayam yang banyak diucap dengan skala industri.

Skala rumahan ini sangat sesuai untuk peternak pendatang baru sebab bila gagal tidak banyak kerugian yang ditanggung. Tidak hanya itu pula dapat dijadikan bagaikan media pendidikan yang efisien.

Metode beternak ayam petelur skala rumahan berbeda dengan yang skala industri.

Kesalahan dalam melaksanakan metode ternak tersebut hendak membuat biaya operasional tidak tercukupi dengan pendapatan.

Oleh karena itu buat memperoleh profit, ikuti metode ternak ayam petelur rumahan yang baik serta benar berikut ini:


Siapkan Lokasi

Supaya dapat tenang serta aman dalam beternak, berarti untuk Kamu buat memilah posisi rumah yang sesuai buat dijadikan lahan ternak.

Posisi yang sangat sesuai buat beternak ayam merupakan di taman belakang rumah. Bila Kamu tinggal di pedesaan yang taman rumahnya masih luas dapat menggunakan taman tersebut buat beternak ayam.

Dekat dengan Sumber Air

Ternak ayam petelur rumahan hendak efisien bila lokasinya dekat dengan sumber air.

Baca Juga:  Perawatan Hidroponik

Terdapat peternak yang sudah skala besar membangun sumur di posisi ternaknya sebab memanglah keberadaannya begitu penting buat kelangsungan bisnis ayam petelur ataupun tipe yang lain.

Air tersebut digunakan buat pembersihan kandang, pembersihan area ternak, serta pula buat memberikan minuman pada ternak.

Bila jauh dengan sumber air pastinya Kamu hendak kerepotan buat mencari air serta membawanya ke posisi peternakan.

Kandang yang Tepat

Buat beternak skala rumahan dibutuhkan kandang yang pas biar ayam dapat berkembang serta tumbuh dengan baik walaupun di taman rumah yang kecil sekalipun.

Kandang yang pas merupakan tipenya panggung sehingga alas kandang tidak langsung bersentuhan dengan tanah serta dikala hujan tidak basah terserang air hujan.

Kandang panggung pula hendak mempermudah pembersihan kotoran sehingga senantiasa bersih serta steril.

Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil


Bertumpuk

Bila taman rumah kecil terdapat baiknya kandang dibuat bertumpuk biar dapat digunakan buat memelihara banyak ayam.

Triknya atap kandang dibuat rata supaya memudakan dalam penimbunan. Tidak cuma itu saja, penimbunan kandang optimal cuma 3 buah saja jangan sangat tinggi.

Bibit 100 Ekor

Yang membedakan skala rumahan serta industri merupakan jumlah bibit ayam petelur yang dibudidayakan.

Banyak peternak pendatang baru yang coba-coba dengan memelihara bibit kurang dari 100 ekor, semacam 50 ataupun 75 ekor.

Sementara itu idealnya skala rumahan harus 100 ekor. Kenapa begitu? sebab biaya operasional dapat tertutupi bila bibitnya 100 ekor. Dari 100 ekor bibit tersebut tidak seluruhnya dapat dipanen serta bertahan hidup.

Vaksin

Khusus buat ayam petelur memerlukan vaksin sebab dapat digunakan buat melindunginya dari berbagai penyakit.

Sama halnya dengan broiler, ayam petelur ataupun layer ini mempunyai sistem imun yang rendah sehingga gampang terserang penyakit ringan hingga yang beresiko.

Baca Juga:  Panduan Singkat Cara Menanam Jambu Kristal

Closed House

Sebab bersebelahan dengan rumah, kala di area rumah lagi banyak flu, penyakit, ataupun kuman yang bertebaran, buatlah kandang jadi closed house. Tujuannya biar ayam di dalam kandang tidak terinfeksi.

Pastikan pula dikala hendak berikan pakan ataupun mensterilkan kandang keadaan badan steril supaya bakteri yang menempel di badan tidak menjangkiti ataupun meluas ke ayam.

Sehabis Kamu melaksanakan sebagian metode ternak ayam petelur rumahan yang sudah disebutkan di atas, perlu dicoba penilaian tiap bulan sekali buat mengenali apakah ayam petelur yang Kamu ternakkan berkembang serta tumbuh dengan baik ataupun tidak.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Ternak Ayam Petelur Skala Kecil dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read

Kandungan Bayam

Farming
4 min read