Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin

2 min read

Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin

Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin berikut ini.


Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin


Budidaya ikan ialah opsi budidaya yang pas, sebab ikian tidak memerlukan lahan yang sangat luas. Buat kolam bisa dibuat secara permanen ataupun tidak permanen.

Kolam yang tidak permanen umumnya dengan memakai kolam terpal yang nantinya bisa dibongkar kembali serta banyak keunggulan yang yang lain.

Kita kali ini bisa memelihara ikan patin pada terpal, sebab ikan patin gampang buat dicoba. Buat kolam bisa ditempatkan pada lahan yang terbuka ataupun pada ruang.

Buat lahan pula tidak membutuhkan sangat luas cukup lahan seadanya serta dibangun kolam dari terpal.

Mengapa wajib budidaya ikan patin pada terpal, sebab lebih efisien serta tidak memerlukan biaya yang lumayan besar. Tidak hanya itu buat harga jual ikan patin dipasaran masih cukup sangat tingi.

Terdapat sebagian suatu perihal yang butuh kita pahami terlebih dulu saat sebelum kita melaksanakan metode budidaya ikan patin pada kolam terpal.

Antara lain tentang kelebihan serta kekurangan dari pemakaian tata cara tersebut.


Buat kelebihannya

  • Semacam ikan patin banyak dicari konsumen
  • Ikan tersebut lebih gampang menyesuaikan diri dengan ph air
  • Menyediakan kesempatan usaha yang besar untuk budidaya pendatang baru.
  • Serta lainnya
Baca Juga:  √ Panduan Cara Budidaya Kedelai Serta Perawatannya

Ikan patin yang dibudidayakan pada kolam terpal buat kehidupannya lebih besar dibanding pada kolam tanah.

Karena pada kolam terpal kehidupannya lebih gampang dipantau mulai dari penyakit sampai serbuan predator serta mutu air yang terdapat senantiasa baik serta air yang digunakan lebih hemat.

Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin


Metode mengelola kolam terpal buat ikan patin

Kali ini kita hendak mangulas sebagian metode yang dapat diterapkan buat budidaya ikan patin supaya nantinya mendapatkan hasil yang optimal.

Pertama kali yang kita jalani yakni memilih buat jenis kolam terpal yang nantinya hendak digunakan, berikut jenis kolam yang bisa dipakai:

  • Kolam totalitas,
  • Kolam tembok berlapis terpal,
  • Kolam tanah berlapis terpal,
  • Kolam terpal instan

Selanjutnya yang perlu disiapkan yakni mempersiapkan perlengkapan pendukung buat kolam nantinya semacam pompa air, pipa paralon ataupun selang, blower, jaring, serta ember.

Berikutnya kita butuh mengenali gimana metode pembibitan serta pembesaran. Saat sebelum kita melaksanakan penyebaran benih, pengisisan kolam dengan pemberian volume air secara bertahap.

Penebaran benih tidak sangat padat dengan ukuran yang seragam. Benih benih yang disebar bisa diberikan pakan dari cacing sutra ataupun diberi kutu air.

Biar hasilnya memuaskan kita giat buat melaksanakan pengontrolan ataupun pengecekan pada dikala awal pemeliharaan.

Benih tersebut bisa dipanen bila telah lumayan dimensi buat dibesarkan serta dijual pada kantong plastik yang berisi air serta oksigen.


Ciri ikan patin

Budidaya ikan patin ialah bisnis yang bisa diandalkan oleh para petani ikan. apabila kita hendak melaksanakan budidaya ikan patin kita perlu mengenali gimana ciri ikan patin tersebut.

Mulai dari metode hidupnya di alam, air yang bagus buat budidaya ikan patin, pakan dan metode memakannya, metode kembangbiaknya, dll.

Baca Juga:  Ternak Ayam Kalkun : Panduan Cara Budidaya Bagi Pemula

Ikan patin pula ialah ikan yang aktif pada malam hari, ikan tersebut umumnya berembunyi pada dasar kolam serta corak kolam umumnya cenderung agak hitam biar mereka lebih gampang buat berkembang.

Saat sebelum kita melaksanakan penebaran benih dini, sebelumnya kita butuh mengenali keadaan cuaca pada dikala itu.

Karena bibit ikan patin sensitif terhadap pergantian cuaca serta temperatur yang ada, jadi janganlah menebar benih pada dikala pergantian masa hujan maupun masa kemarau.

Demikian penjelasan kami tentang Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.