Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

3 min read

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur berikut ini.


Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur


Lovebird ialah salah satu tipe burung yang lumayan populer di Indonesia. Diucap lovebird ataupun burung cinta, sebab konon burung ini hidup berpasangan.

Burung ini pula diketahui dengan sifat setianya dengan pendamping, di mana mereka cuma hendak mempunyai satu pendamping seumur buat seumur hidup sampai salah satu di antara lain mati.

Burung lovebird ini ada bermacam berbagai corak. Mulai dari corak hijau, kuning, biru, sampai abu-abu.

Perihal yang jadi karakteristik khas dari burung berparuh bengkok ini merupakan corak bulu tubuh serta kepalanya yang senantiasa berbeda.

Perbandingan inilah yang membuat burung ini menarik buat dilihat sebab terdiri dari perpaduan sebagian corak yang terang.

Sebab rupanya yang menarik, serta biayanya yang lumayan mahal membuat banyak orang Indonesia mulai tertarik beternak lovebird.

Apalagi buat penuhi permintaan yang lumayan besar, tipe burung ini mulai dikembangbiakkan secara masal ataupun koloni.

Ternak lovebird dengan metode ini pula memberikan keuntungan tertentu, ialah hasil ternak yang didapat hendak lebih banyak dibanding budidaya per ekor.


Metode Beternak Lovebird Cepat bertelur

Langkah dasar metode sangat gampang beternak burung lovebird yang harus dikenal serta dikuasi oleh seseorang pendatang baru.

  • Pemilihan Indukan

Buat menciptakan generasi yang bermutu, perihal awal yang wajib kita jalani merupakan memilah indukan yang bermutu pula.

  • Pastikan Lovebird Telah Dalam Umur Kawin

Berikutnya, kamu wajib membenarkan apakah lovebird telah siap kawin ataupun belum. Umur kawin yang sempurna buat lovebird hampir 1 tahun.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Gabus bagi Pemula

Pastikan umur pejantan lebih tua dibadingkan betina supaya lebih mendominasi pada dikala proses kawin.

  • Membuat Kandang

Kandang dibutuhkan pada dikala penjodohan lovebird, buat sejoli lovebird terdapat bisa membuat kandang drengan dimensi 50 x 100 x 50 centimeter.

Jika jumlah indukan banyak, buatlah kandang lovebird yang lebih besar serta bersekat-sekat.

  • Membuat Tempat Bertelur/ Glodok

Dimensi glodog yang sempurna buat lovebird merupakan 20 x 20 x 25 centimeter. Glodog dibuat dengan wujud persegi serta kayu yang keras.

Nah perkenankan lovebird membuat tempat bertelurnya lebih gampang kita dapat membantunya dengan meletakan kayu yang telah diserut, ranting kecil, ataupun dedaunan di dalam glodok.

  • Pastikan Lovebird Yang Dijodohkan Mempunyai Kelamin Yang Berbeda

Kamu wajib mengenali tipe kelamin lovebird serta membenarkan lovebird yang kamu kawinkan mempunyai kelamin yang berbeda.

Alasannya, lovebird yang nampak berpasangan belum pasti memiliki kelamin yang berbeda. Terkadang, lovebird jantan dapat berpasangan dengan pejantan yang lain. Begitu pula kebalikannya.

  • Pemberian Santapan Supaya Lovebird Kilat Bertelur

Supaya lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada makanan setiap hari lovebird, semacam pemberian milet, biji sawi, kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, serta lain-lain.

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur


Metode Gampang Mengawinkan Burung Lovebird Jantan Serta Betina Secara Baik

Metode Gampang Mengawinkan Burung Lovebird Jantan Serta Betina Secara Baik Biar Menghasilakan Anakan Berkualitas

Nah sehabis kita mengenali dasar dasar beternak lovebird, berikutnya kita dapat mengawinkan lovebird. Langkah langkah buat mengawinkan serta beternak merupakan bagaikan berikut:

  • Pengawinan

Perihal awal yang wajib kamu jalani merupakan meletakan sejoli lovebird di kandang yang sama.

Kemudian, tunggu sebagian hari, hampir 4 hari sampai 10 hari buat melihat apakah lovebird telah bertelur ataupun belum.

  • Lovebird Bertelur

Umumnya lovebird hendak bertelur hampir 3 butir serta lekas mengeraminya. Proses ini terjadi sepanjang 18-23 hari.

Pada dikala proses pengeraman pisah dahulu pejantannya, perihal ini bertujuan supaya lovebird betina lebih tenang serta pejantan tidak hendak membongkar telurnya.

Baca Juga:  Cara Beternak Kutu Air : Pengertian, Tentang Dan Cara Pembudidayaan

Bila si betina tidak mau mengerami telurnya, kamu dapat mendekatkannya ke lovebird lain yang lagi mengerami telurnya.

Buat urusan pakan kamu dapat memberikan pelet ayam dicampur dengan bubur balita pada lovebird betina yang lagi mengerami telurnya.

Perlu kamu tahu lagi, lovebird yang awal kali bertelur, sebagian besar telurnya tidak menetas.

Ini normal sebab lovebird bisa jadi belum siap kawin serta bisa jadi sebab sebagian aspek lain, di antara lain umur belum mapan, aspek lingkungan, dan aspek pakan.

Tetapi, kamu tidak perlu takut sebab pada penciptaan kedua, umumnya telur hendak menetas.


Tingkatkan Birahi Lovebird

Lovebird yang tidak ingin kawin pada biasanya disebabakan lovebird tersebut telah berusia serta birahi. Metode memesatkan lovebird kawin ataupun birahi ialah banyak sekali.

Antara lain dari mulai dari pemberian EF, penjemuran, pemberian suplemen serta masih banyak lagi yang yang lain.

Metode memesatkan lovebird kawin pula dapat coba kamu jalani dengan memperdengarkan suara pengobatan.

Pemicu Lovebird susah bertelur

Lovebird yang susah bertelur pada biasanya disebabkan beberapa aspek, antara lain bagaikan berikut ini:

Lovebird betina yang dikawinkan termasuk persilangan antara lovebird klep dengan lovebirdnon-klep. Generasi love bird ataupun filial awal hasil dari persilangan ini, yang biasa dikatakan semi-klep.

Pada biasanya telurnya bersifat infertil. Dalam berbagai permasalahan, Lovebird betina semi-klep pula tidak sukses menciptakan telur.

Lovebird ialah burung monomorfik intim, maupun penampilan Lovebird jantan dan betina nampak seragam.

Jadi, begitu dimungkinkan burung yang seolah hendak berjodoh ialah bersama tipe kelamin jantan. Oleh karena itu, meski kita tunggu sampai bertahun-tahun pastinya tidak hendak sempat bertelur.

Penangkar tidak memiliki catatan tentang usia induk lovebird, paling utama induk betina. Apabila tidak mengenali usianya, begitu dimungkinkan burung betina yang dipakai belum menggapai usia yang terkategori dewasa.

Jadi memanglah belum bisa bertelur. Sebagai opsi, memilih lovebird betina non-klep dengan usia 5 sampai 7 bulan. Ataupun memilih lovebird klep usia 8 sampai 12 bulan, sebagai calon induknya.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.