Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan

2 min read

Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan

Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bambu Air. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Bambu Air bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Bambu Air berikut ini.


Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan

 

Pengertian Bambu Air

Bambu air, Rupanya yang cantik dan banyak suka, membuat tanaman ini tergolong sebagai jenis tanaman hias. Selain itu dipercaya dapat mendatangkan hoki. Kali ini mari kita mulai membahasnya sedikit demi sedikit.


Habitat dan Nama Lain

Habitat aslinya adalah di rawa dan tepian sungai. Ia dapat hidup pada pasir,jika pasir itu pun berair. Tanaman ini termasuk ke dalam golongan tanaman jenis paku – pakuan, karenakan tidak berdaun, ujungnya tajam seperti paku. Oleh sebab itu pulalah disebut dengan nama “Paku ekor kuda”.


Manfaat Tanaman Hias Bambu Air

Selain memiliki keindahan untuk dipandang mata, tanaman hias bambu air pun memiliki manfaat lainnya. Tidak hanya keindahan saja yang akan kamu dapatkan jika kamu menanam tanaman hias bambu air. Namun kamu akan dapat banyak manfaat darinya. Beberapa manfaat tanaman hias bambu air yaitu :

  • Sebagai Pembersih Kolam

Jika kamu suka konsep kolam  rumah minimalis. Bambu air sangat cocok untuk dijadikan tanaman di kolam. Selain dapat menambah keindahan kolam. Tanaman bambu air pun bisa menjadi sebagai pembersih. Tentunya hal ini akan menjaga keindahan kolam kita.

  • Sebagai Pembawa Hoki

Konon katanya tanaman bambu air bisa menarik kemakmuran dan kebahagiaan. Dan juga dapat membawa keberuntungan serta melindungi penghuni rumah dari energi yang negatif. Sehingga untuk sebagian etnis percaya tanaman ini adalah pembawa hoki. Tapi untuk kamu yang tidak percaya mitos ini, semua itu tergantung keyakinan diri kita masing-masing

  • Sebagai Penenang Jiwa

Bagi kamu yang sering merasakan penat dalam pekerjaan atau kehidupan yang cenderung monoton. Mungkin kamu bisa menanam tanaman bambu air. Karena biasanya tanaman ini diletakan dalam pot yang berisi air sehingga dapat mengurangi energi stress dan kesepian serta meningkatkan pertumbuhan spiritual.

Baca Juga:  Budidaya Gaharu : Metode, Persiapan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Penanganan

Bambu Air : Pengertian, Habitat, Manfaat, Tips Dan Cara Perawatan


Tips Menanam Bunga Bambu Air

  • Menanam di Media Tanah

Pilihlah batang indukan yang sehat.Umur indukan jengan terlalu tua atau terlalu muda sekitar 1-2 tahun.Potong indukan sekitar 30 cm.Idealnya dilakukan saat musim hujan dimana kadar air dalam bambu tinggi.Celupkan potongan pada ZPT atau hormon tumbuhan.Tutup bagian atas dengan lilin.Biarkan selama 24 jam.

Siapkan Polybag yang berisi media tanah berupa tanah dan kompos.Tanam potongan bambu tersebut.Letakan polybag yang berisi potongan bambu air tersebut di bawah paranet (jaring untuk tanaman)..Siramlah secukupnya setiap hari sampai tunas tumbuh.Jangan pindahkan dari polybag walau tunas sudah tumbuh

Pohon bambu air baru harus tetap berada di polybag sampai kurang lebih 1 tahun, sampai akar sudah benar-benar tumbuh sempurna baru kemudian dipindahkan

  • Menanam di Media Air

Siapkan pot yang tidak berlubang agar air yang diberikan tidak hilang. Pada bagian dasar pot tambahkan beberapa batu kecil atau kerikil.Disela-sela bagian batu kecil atau kerikil tersebut tancapkan batang tanaman bambu air yang sudah dipilih.


Cara Perawatan

  • Jika medianya tanah,siram air secara rutin frekuensinya, karena habitat aslinya hidup di kondisi lumpur berair maka harus dijaga kelembaban tanahnya.
  • Jika medianya air,Jaga kebersihan kondisi air dan jangan biarkan tercemar kotoran, karena dapat mengakibatkan bambu air membusuk.Ganti air seminggu sekali agar terjaga kebersihannya. Sangat dianjurkan untuk meletakkan tanaman bunga bambu air terkena sinar matahari yang cukup.
  • Segera pangkas batang yang mulai mengering. Karena akan mengganggu keindahan serta menghambat tumbuhnya tunas-tunas muda tanaman bambu air.
  • Jaga kesehatan tanaman dengan melakukan pencegahan hama dan penyakit.
  • Tingkatkan kesuburan dan pertumbuhan tanaman dengan memberikan pupuk pada media tanam.
  • Jaga kebersihan media tanam dengan mencabut tanaman penganggu atau gulma.
Baca Juga:  Beberapa Jenis Tanaman Hias Daun yang Cocok Dirumah

Demikian penjelasan kami tentang Bambu Air dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.