Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen

8 min read

Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen

Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bisnis Ayam Potong. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Bisnis Ayam Potong bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Bisnis Ayam Potong berikut ini.


Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen

 

Bisnis Ayam Potong

Beternak ayam potong atau ayam pedaging merupakan peluang bisnis atau usaha ternak yang tidak mengenal waku dan musim. Sejarah ayam potong mulai dikenal di Indonesia pada tahun 1953-1960. Perkembangan usaha cukup pesat karena telah banyak  pengusaha yang sukses setelah menggeluti bisnis ini.


Bagaimana Mengawali Bisnis Ayam Potong?

Jika saat ini pembaca sedang memiliki ambisi untuk menjadi pengusaha ternak ayam potong ini, maka anda akan menjadi bagian dari ribuan pengusaha sukses lain, Namun begitu kita juga mesti realistis karena dibalik banyaknya pengusaha sukses ternyata tidak sedikit mereka yang  jatuh bangkrut.

Kita perlu mencari semua informasi penting dari berbagai sumber seperti dari buku,intenet bahkan menanyakan langsung kepada para peternak yang telah sukses. Akan lebih baik jika mengkaji bagaimana cara yang efektif menjadi peternak ayam potong yang berhasil.

Kenali dari hal-hal sepele hingga hal-hal yang rumit sebelum menjalankan sebuah usaha apalagi jika kita adalah pemain baru. Bagaimana Cara Ternak Ayam Potong yang Baik dan Benar?

Apa saja yang perlu kita ketahui sebelum benar-benar terjun menjadi peternak ayam potong? Mari, kita sama – sama belajar.

  • Menentukan Modal

Modal merupakan hal pertama yang kebanyakan di permasalahkan ketika seseorang ingin membangun sebuah usaha. Terutama pada usaha ternak ayam yang membutuhkan banyak modal maka sebagai pemula harus mau mencari info akurat. Informasi dari berbagai nara sumber terutama mencari tahu dari para peternak yang telah dulu sukses.

Modal yang jauh dari jangkauan merupakan penyebab banyak calan pengusaha hanya memiliki ide namun tidak pernah mewujudkanya. Menyesuaikan modal keuangan kita dengan rencana anggaran yang rasional akan lebih baik daripada terlalu bermimpi membuat usaha yang besar namun hanya wacana saja.

Memilki lahan sendiri dan membuat kandang permanen akan sangat menguras dana segar, banyak yang keliru menerapkan hal seperti ini. Banyak juga calon pengusaha akhirnya mengurungkan niatnya lantaran modalnya habis terkuras tak tersisa pada pembangunan kandang beserta lahanya.

Belajar dari hal itu maka ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pemanfaatan modal agar usaha tetap bisa dijalankan dengan budget yang ada. Berikut beberapa hal yang bisa diterapkan guna penghematan biaya :

    • Lahan

Untuk usaha baru membeli lahan untuk membangun kandang pasti sangat memberatkan.Maka alangkah baiknya jika diawal-awal usaha lahan cukup menyewa dari sauadara,orang tua atau orang terdekat terlebih dahulu.

    • Kandang

Membangun kandang semi permanen atau jika dana tipis buatlah kandang dari bambu tentu akan lebih menghemat dana.

Kita juga bisa menyewa kandang ayam tidak terpakai dari para peternak yang gagal atau para peternak yang kelebihan stok kandangnya,cara ini bahkan jauh lebih hemat tanpa menyewa lahan dan pembuatan kandang namun usaha tetap bisa berjalan.

  • Jumlah Ayam

Sesuaikan jumlah ayam yang akan dipelihara dengan keadaan keuangan,tidak menjadi masalah beternak kecil – kecilan di awal usahanya. Namun jika kita menginginkan jumlah yang lebih banyak dengan dana yang minim kita bisa juga menjadi pengusaha ternak sistim kemitraan dengan penyedia bibit atau DOC.

Jika upaya perampingan sudah di buat semaksimal mungkin akan tetapi masih kekurangan modal, ada beberapa cara aman yang bisa diambil. Menjual aset pribadi yang tidak produktif seperti kendaraan angkutan yang tidak digunakan atau bisa juga membuat perencanaan pengumpulan modal dari gaji atau pendapatan kita.

Bisa juga dengan meminta kerjasama saudara untuk membangun usaha ternak ayam modal gabungan.Modal gabungan pada suatu usaha memang sangat meringankan beban karena modal ditangg ung bersama namun harus diperhatikan mengingat banyakanya kasus kesalahpahaman di kemudian hari membuat banyak usaha modal gabungan berantakan. Buatlah perjanjian tertulis ketika merancanakan modal gabungan yang juga ditanda tangani saksi.

Buat perjanjian mengenai sistim bagi keuntungan atau kerugian,tulis juga hak dan tanggung jawabnya serta berbagai hal penting lain termasuk jika suatu saat salah satu partner mengundurkan diri. Dengan begitu akan lebih aman dalam perjalanan jangka panjang.

Bisnis Ayam Potong : Bagaimana, Cara Pemilihan Bibit, Cara Pemeliharaan Dan Masa Panen

  • Menentukan Lokasi

Cara ternak ayam potong yang baik harus memilih lokasi yang tepat demi kelangsungan usaha jangka panjang. Lokasi usaha dalam bidang peternakan ayam berbeda dengan usaha lain yang kebanyakan justru harus dekat dengan keramaian penduduk.

Baca Juga:  √ Budidaya Ikan Lele Bagi Pemula Mudah

Di usaha ternak ayam pilihlah lokasi yang jauh dari pemukiman dan keramaian penduduk guna menghindari polusi dan bau kotoran hewan serta banyaknya lalat yang akan mendapat komplain warga. Bahkan jika usaha tersebut telah mencapai ribuan hingga puluhan ribu ekor sebaiknya mengajukan izin usaha dari pemerintah desa dan dari departemen kesehatan.

Perhatikan juga dengan lingkungan sekitar jika ternyata usaha ayam ini masih memiliki kemungkinan mengganggu warga. Pemberian izin secara tertulis dan ditandatangani warga merupakan langkah bijak untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Meski pada teorinya terlihat mudah namun ternyata mendapatkan izin dari warga ini merupakan hal yang rumit. Tidak semua orang mau menerima kehadiran ternak ayam di lingkunganya meskipun secara persyaratan lokasi kandang telah memiliki jarak aman dari pemukiman.

Menyikapi sikap warga sekitar yang kurang setuju dengan kehadiran usaha seperti ini cobalah langkah – langkah berikut: Libatkan warga sekitar untuk menjadi karyawan atau pekerja dari ketika membangun kandang hingga proses usaha berhasil di wujudkan.

Beri kompensasi kepada warga yang paling mungkin terpengaruh dengan kehadiran ternak ayam kita ketika masa panen tiba, bisa berupa satu ekor ayam atau diganti dengan uang atau barang yang senilai. Bersikap baik dan ramah terhadap warga sekitar merupakan cara yang murah bahkan gratis namun bisa memberi efek yang jauh lebih efektif.

Yakinkan kepada warga jika kehadiran ternak ayam kita itu aman dengan berdialog dan memberikan bukti seperti telah mendapatkan izin aman dari departemen kesehatan atau setidaknya telah mendapatkan izin resmi dari pemerintah desa, dan beri jaminan jika ternak ayam kita akan dijaga kebersihanya.

Selain memperhatikan faktor keamanan dan kenyamanan terhadap lingkungan, lokasi ternak ayam juga harus dekat dengan sumber air dan penerangan serta jalan yang baik untuk memudahkan pengangkutan pakan dan masa panen.

  • Pembuatan Kandang Ternak Ayam Potong

Kandang juga merupakan faktor penting terhadap keberhasilan pemeliharaan ayam pedaging.

Lokasi yang baik,suhu yang hangat dan tidak berubah secara ekstrim serta ukuran kandang yang tepat akan menentukan keberhasilan.

Ada dua jenis kandang ayam potong yaitu :

    • Kandang ayam panggung
    • Kandang ayam lantai dengan alas serbuk kayu atau sekam kulit padi

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat kandang ayam broiler :

    • Bahan atap bisa terbuat dari genteng,seng,atau bisa juga dari ijuk untuk menghemat biaya.
    • Atap yang tinggi serta bentuk tertentu memiliki perlindungan dan sirkulasi udara yang lebih baik.
    • Desain atap harus dibuat sedemikian rupa agar ketika hujan mudah mengalir dan tidak tergenang pada atap kandang.
    • Ada beberapa model atap kandang ayam seperti: atap bentuk jongkok,atap bentuk A, atap bentuk monitor,dan atap bentuk semimonitor serta atap variasi atau gabungan dari atap bentuk A dan jongkok.
    • Dinding kandang ayam harus dibuat sedemikian rupa agar memiliki sirkulasi udara yang baik.
    • Sesuaikan model kandang dengan usia ayam, ketika bibit ayam pada masa minggu pertama maka perlu menutup bagian bawah kandang karena memerlukan kandang yang hangat terutama pada malam hari.

Bisa juga dengan menyekat kandang dan memberi penutup pada sekatan kandang untuk anakan ayam/DOC agar ayam usia minggu pertama lebih hangat selain itu pada malam hari bisa digunakan pemanas bisa dari lampu listrik atau kompor. Sementara pada usia dewasa ayam sebaiknya menggunakan kandang terbuka atau kandang dengan model seperti jeruji untuk ventilasi yang baik.

Pada kandang model panggung umumnya menggunakan lantai yang renggang bisa terbuat dari kayu ataupun bambu dengan jarak sekitar 2,5 cm pada masing-masing kerenggangan dan penutup kayu/bambu menggunakan ukuran yang sama.

Tujuan lantai renggang adalah agar kotoran ayam akan jatuh ke kolong dan mudah dibersihkan serta menghindari bertumpuknya kotoran yang bisa membawa penyakit terhadap ayam broiler tersebut. Sementara pada model ayam lantai bisa digunakan alas dari serbuk gergajian atau serbuk (kulit) padi sebagai alas dan menutupnya dengan lapisan setiap hari dan membersihkan kandang secara berkala.

Jika memungkinkan kandan ayam senantiasa terkena sinar matahari dengan membuat kandang ayam membujur arah utara – selatan. Namun jika tidak memungkinkan usahakan sedekekat mungkin dengan arah tersebut tujuanya agar ayam selalu terkena sinar matahari terutama pada pagi hari agar ayam-ayam lebih sehat.

Lebar kandang bisa dibuat maksimal 8 meter sementara panjangnya bisa menyesuaikan dengan kapasitas yang akan direncanakan. Hindari juga kapasitas ayam yang terlalu padat (biasanya terjadi ketika ayam menginjak usia dewasa atau mendekati panen). Namun juga jangan terlalu longgar karena karena biaya kandang yang mahal akan sia-sia jika diisi dengan jumlah ayam yang sedikit.

Berikut  kepadatan ayam berdaskan usianya dalam (m²) ;

    • 1 hari-1 minggu→40-50 ekor
    • 2 minggu→20-25 ekor
    • >2 minggu→8-12 ekor

Setelah memahami pembuatan kandang yang baik (anda bisa langsung meninjau pembuatan kandang secara langsung ke peternak terdekat untuk lebih detail), selanjutnya adalah mempelajari peralatan pendukung yang diperlukan.

Peralatan pada ayam pedaging diantaranya :

    • Tempat minum
    • Tempat Makan
    • Penerangan
    • Mesin penghangat dan sebagainya.

Tanyakan ke toko penyedia peralatan peternakan alat apa saja yang dibutuhkan dan jumlah serta harganya. kita bisa juga memanfaatkan peralatan bekas dengan harga yang lebih murah untuk menghemat anggaran.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Kerapu Dengan Keramba Jaring Apung

Cara Pemilihan Bibit Ayam Potong atau DOC (Day Old Chicks)

Pemilihan bibit ayam atau DOC broiler yang bagus akan berpengaruh terhadap hasil atau pertambahan bobot ayam ternak, semakin bagus kualitas bibit maka kemungkinan kenerhasilan lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. Namun begitu bibit yang berkualitas bagus juga harus diikuti dengan pemeliharaan yang baik, untuk hasil maksimal. Setidaknya ada 3 grade DOC dari yang terbaik hingga terbawah.

  • Grade A atau 1

DOC Broiler grade A lebih sering dikenal sebagai bibit kualitas 1 atau KW1, ini biasanya bibit yang dihasilkan oleh perusahaan ternama dengan memilih produk DOC nya yang paling baik dan dijual dengan harga paling mahal. Bobot DOC ini tidak kurang dari 40 gram, sehat dan tidak cacat.

  • Grade B atau 2

Dibawah grade A ada grade B merupakan bibit ayam kualitas 2/KW2 yang dipilih dengan bobot antara 30-40 gram. Grade B masih tergolong berkualitas karena umumnya semua DOC tidak memiliki cacat fisik dan sehat hanya saja berat badan lebih rendah.

  • Grade C atau 3

Grade C merupakan bibit ayam broiler paling bawah pada grade C atau sering juga dikenal sebagai grade polos, sering dijumpai anakan ini terdapat cacat fisik baik kaki, sayap ataupaun pada mata dan bagian lain.Sementara bobotnya juga umumnya lebih ringan dan harganya juga paling murah.

Grade ini sering di beli oleh pedagang ayam broiler keliling sebagai ayam mainan yang sebelumnya telah diwarnai bulunya dengan bebagai warna menarik. Setelah mengetahui tingkatan Grade DOC selanjutnya memilih satu persatu box DOC yang akan dibeli.Jangan mudah percaya dengan klaim grade A atau B tanpa mengecek langsung kondisi ayam tersebut.

Berikut cara memilih bibit ayam potong atau broiler dengan mengecek langsung :

    • Jika memungkinkan pilih DOC dari induk yang berkualitas bagus
    • Tampak sehat dengan bulu halus
    • Nafsu makan baik
    • Gerakan agresif dan tidak lemas
    • Anus bersih dan tidak berair.

Cara Pemeliharaan Ternak Ayam Potong yang Benar

 Siapkanlah pakan dan minuman sebelum DOC dimasukan dalam sekatan  brooder.Lebih baik jika air minum di campur gula merah dengan takaran 20-30 gram/liter. Bibit ayam yang cacat atau sakit segera dikeluarkan sementara yang lemah diberi perhatian khusus seperti di bantu dalam minum,dengan cara menekan kepala ke tempat minum.

Perhatikan pola makan dan minum secara keseluruhan, dan periksa berkala keseh atan bibit ayam tersebut. Jaga suhu dalam sekatan brooder hangat dan stabil.

Lakukan setiap tindakan dengan hati – hati pada masa DOC baru datang, jangan buat bibit ayam terkejut ataupun kedinginan dan hal – hal lain yang membahayakan dan bisa membuat stress.

Faktor – Faktor Penting Yang Harus Diketahui dan Diperhatikan Selama Pemeliharaan Ternak Ayam Potong :

  • Air Minum dan Pakan

Bersihkan dengan  cara dicuci bersih dari kotoran/tahi ayam  tempat pakan dan air minum saat hendak mengganti pakan.Atau akan lebih baik siapkan 2 set pakan dan tempat sehingga lebih efisien. Pakan baru menggantikan tempat pakan dan minum yang hendak diganti,begitu seterusnya.

  • Perluasan Sekatan

Seiring berjalanya usia ayam sekatan perlu diperluas untuk menghindari sumpek dan beresakan, jadi intinya perluasan sekatan harus dilakuakan sesuai dengan keadaan dan pertumbuhan besar badan ayam.

  • Pemanasan

Untuk menjamin suhu pada kandang tetap hangat disarankan agar pemanasan tetap dilakukan hingga usia setengah bulan dan jika suasana terlalu dingin terutama dimalam hari bisa ditambah dan jika suhu ruangan panas pada siang hari maka pemanas bisa dimatikan.

  • Pembersihan Kandang Selama Pemeliharaan

Untuk menjaga agar ayam – ayam tidak terserang berbagai penyakit maka kebersihan kandang harus selalu dijaga.

  • Pencahayaan

Berbeda dengan ayam kampung,ayam broiler memerlukan pencahayaan terus menerus karenanya jika siang hari namun keadaanya cukup gelap maka nyalakan lampu agar ayam tetap mau makan dan minum seperti biasa.

  • Pemberian Vaksin

Pemberian vaksin yang tepat sangat berperan dalam upaya mencegah berbagai penyait yang mengancam. Biasanya pihak penjual DOC/Bibit ayam telah memiliki daftar vaksin yang harus diberikan pada masing – masing usia ayam.Penggunakan vaksin harus sesuai dengan dosis yang tepat,serta jangan memberi vaksin pada ayam yang sakit.


Masa Panen Ayam Potong

Usia panen relatif singkat yaitu antara 25 sampai dengan 35 hari, jika kita menerapkan cara – cara yang benar dan mau belajar dengan sungguh – sunguh maka keberhasilan panen yang menguntungkan dengan mudah dapat diraih.

Sebelum ayam diambil maka sebaiknya angkat tempat pakan namun biarkan tempat minum bahkan jika diperlukan tambahkan gula merah pada air minum terutama jika ayam-ayam tersebut akan menempuh perjalanan jauh. Tangkap pada bagian kaki dengan hati – hati, dan pegang erat pada persendian untuk menghindari kaki ayam patah.

Pastikan materi – materi penting untuk dikuasai sebelum terjun bisnis ini. Namun begitu jangan juga terlalu takut sehingga selalu menunda tanpa kerja nyata. Semoga dapat memberi sedikit gambaran bagaimana beternak ayam pedaging dan terhindar dari kegagalan.

Demikian penjelasan kami tentang Bisnis Ayam Potong dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.