Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah

Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah

Posted on

Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Apel. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara budidaya apel serta panduan cara panen agar berbuah lebat dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelas dan agar dapat mudah memahaminya lihat artikel dibawah ini.

Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah

Buah apel dalam ilmiahnya yaitu Malus Domestica yang mana dapat berkembang dan hidup di daerah yang memilki suhu temperatur dingin atau daerah pegunungan.

Tanaman apel ini memilki kulit buah bermacam warna baik kuning, merah dan hijau. Pada kulitnya memiliki tekstur halus dan lembek serta daging pada buahnya cukup keras.

Buah ini banyak dikonsumsi baik secara langsung maupun di olah menjadi makanan seperti kue, saus, selai, bahkan dibuat menjadi minuman.

Budidaya Pohon Apel

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan dan membudidyakan pohon apel antara lain yaitu:

Syarat Tumbuh

Syarat tumbuh ubtuk budidaya apel adalah sebagai berikut:

  1. Ada baiknya jika ditanam apel yang memiliki suhu 15 hingga 27 derajat Celcius.
  2. Tanaman apel membutuhkan sekitar 50-60% sinar matahari setiap hari.
  3. Curah hujan ideal dan sedang adalah 1.000-2.600 mm / tahun.
  4. Apel tumbuh baik di dataran tinggi pada ketinggian 1000-1200 m dpl.

Pemilihan Benih Apel

Pemilihan benih tanaman apel yang mempunyai kondisi dan kualitas bagus. Disamping itu pilih pohon apel dengan secara berpasangan sebab jenis pohon ini tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri. Anda dapat memperoleh benih bibit di toko tanaman, caranya pun hampir sama dengan tanaman lainnya.

Penyemaian Benih Apel

Tanaman apel adalah tanaman yang cocok dengan lingkungan dan suhu yang cukup dingin biasanya ditanam pada daerah daratan tinggi dengan suhu kisaran 4 – 10 derajat Celcius. Bila daerah Anda pada lingkungan yang cukup panas, bisa lakukan dengan memanipulasi supaya biji dapat berkecambah.

Baca Juga:  Cara Menanam Padi Yang Bagus

Dengan cara menaruh biji apel pada kain yang dibungkus dengan tisu dan dimasukkan ke wadah tertutup rapat. Selanjutnya masukkan wadah tersebut kedalam kulas agar mendapatkan suhu yang cukup dingin hingga tumbuh kecambah pada biji tersebut. Dalam proses ini memakan waktu kisaran 8 minggu.

Persiapan Media Tanam

Penyiapan lahan dilakukan melalui budidaya lahan dan pelaksanaan lahan. Tujuannya untuk mengetahui tingkat kesuburan, kesuburan dan juga keadaan tanah. Ini dilakukan dengan cara membersihkan lahan dengan cara membajak atau membajak dan menghilangkan gulma atau tanaman pengganggu lainnya.

Tidak perlu membuat tempat tidur yang ditinggikan untuk menanam apel, tetapi hanya alur yang terangkat di tanaman. Lakukan pegapuran pada tanah dan lahan untuk menormalkan pH tanah menjadi normal 6. Kemudian pemupukan tanah dengan pupuk kandang atau kompos pada lubang tanam dan biarkan selama 2-3 minggu.

Penanaman Benih Apel

Pada saat menanam biji apel sebaiknya dilakukan pada media tanah yang memiliki pH netral. Bila sudah tumbuh kecambah buat lubang pada media tanah baik polybag atau put dengan ukuran dua kali dari luas biji. Pada media tanam sebaiknya tidak ditambahkan pupuk terlebih dahulu. Masukkan benih tersebut kedalam lubang dan tutup dengan tanah lalu siram secukupnya.

Pot atau polybag apel sebaiknya ditaruh di suhu kamar yang tentu mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup. Penyiraman dalat dilakukan setiap hari namun tidak terlalu lembab sebab pehon apel kurang menyukainya.

Bila benih sudah mulai tumbuh, Anda dapat melakukan perawatan pada pohon apel dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos agar merangsang pertumbuhannya. Setelah bibit sudah mulai tumbuh sekitar tinggi 30 cm dapat dilakukan pemindahan pada media tanam yang lebih luas.

Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah

Perawatan Tanaman Apel

Cara perawatan tanaman apel diantaranya sebagi berikut:

Penjarangan dan Penyulaman

Penipisan tanaman tidak dilakukan. Sedangkan penyulaman dilakukan pada tanaman yang mati atau tumbuh tidak normal dengan menanam tanaman baru pengganti tanaman lama. Menyulam sebaiknya dilakukan pada musim hujan.

Penyiangan

Penyiangan hanya terjadi di sekitar tanaman induk bila terdapat banyak gulma yang dapat mengganggu tanaman. Di kebun dengan jarak dekat apel sehingga rumput tidak bisa tumbuh.

Baca Juga:  Budidaya Oyong : Kandungan, Teknik, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen

Pembubuhan

Setelah dilakukan penyiangan biasanya dilanjutkan dengan pembubuhan tanah yang bertujuan untuk meninggikan tanah dan menyuburkan tanah. Pemububuhan biasanya dilakukan setelah panen atau bersamaan dengan pemupukan.

Perempalan dan pemangkasan

Bagian yang perlu dipangkas adalah bibit yang baru ditanam setinggi 80 cm, pucuk yang tumbuh di bawah 60 cm, pucuk di ujung beberapa pucuk, 4-6 mata dan bekas tangkai buah, ranting sakit dan tidak produktif. Cabang yang sulit, Pemangkasan untuk mendapatkan bentuk yang diinginkan 4-5 tahun.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman apel adalah kutu hijau, tungau, belang, cacing daun, serangga penghisap daun, ulat daun hitam, dan lalat buah. Pengendalian hama ini biasanya melakukan tindakan kebersihan atau penyemprotan insektisida.

Sedangkan penyakit yang sering menyerang tanaman apel adalah penyakit embun tepung, penyakit bercak daun, penyakit jamur, kanker, busuk buah dan busuk akar. Pengendalian penyakit ini biasanya dilakukan dengan semprotan fungisida.

Cara Panen Buah Apel

Dalam melakukan pemanenan supaya dapat berhasi dan sukses, perlu melakukan langkah berikut ini:

Umumnya buah apel dapat dipanen sekitar 4 – 5 bulan setelah bunganya mekar. Dalam hal ini umur buah apel akan lebih panjang disaat musim hujan atau di daerah dataran tinggi.Pemanenan ape

l yang baik dilakukan pada saar buah sudah mencapai tinkat masak sepenuhnya secara fisiologis yakni buah matang secara normal setelah dipanen. Adapun ciri dari buah apal yang sudah bisa dipanen yaitu memiliki ukuran mendekati ukuran apel normal, tercium aroma buah apel, warna buah terlihat segar dan bila ditekan terasa keras.

Pada pemanenan dapat dilakukan dengan secara langsung yaitu memetik buahnya. Sebaiknya dalam pemanenan dilakukan secara serentak pada setiap kebunnya. Umumnya pohon apel dapar dipanen sebanyak 2 kali dalam 1 tahun, dalam hal ini 1 pohon dapat menghasilkan 10 kg buah apel.

Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya Apel Agar Berbuah Baik dan Hasil Melimpah, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.