√ Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis

2 min read

Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis

Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Bawang Putih. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam bawang putih dengan mudah dan praktis secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelas dan mudah dipahaminya lihat artikel berikut ini.

Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis

Bawang putih atau Allium Sativum termasuk kedalam famili liiliaceae yang mana merupakan bahan penting yang dapat mempengaruhi cita rasa. Bawang putih termasuk juga bumbu rempah yang mengubah masakan menjadi gurih dan sedap.

Bawang putih juga banyak akan manfaat yang mana dapat menurunkan berat badan, membantu mengencerkan darah, zat anti kanker, antioksi bakteri dan mencegah hipertentsi. Hal lain juga dapat digunakan sebagai reumatik, influenza, sakit gigi, tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

  • Mendapatkan Bibit Bawang Putih

Anda bisa mendapatkan bibit bawang putih di toko pertanian atau pada penjual bibit lokal di daerah Anda. Pilihlah jenis bibit yang baik dan tahan akan hama dan penyakit serta yang paling penting bibit bawang putih cocok pada kondisi lahan daerah Anda.

  • Waktu tanam

Dalam hal ini penting mengetahui waktu tanam yang baik pada saat melakukan budidaya bawang putih yaitu di musim semi atau musim gugur. Bila menanam pada musim ini pertumbuhan dari bawang putih dengan siung  yang besar dan memiliki rasa yang kuat.

Bila Anda berada pada negara yang mempunyai 4 musim maka tanan pada musim gugur, mulailah tanam 7 minggu sebelum datang musim salju. Bila Anda menanam pada musim semi, tanam pada bulan februai – maret.

  • Menyiapkan Lahan

Siapkan lokasi yang mendapat sinar matahari penuh, karena dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya bawang putih.

Baca Juga:  Cara Menanam Padi Yang Bagus

Tambahkan pupuk kompos atau pupuk organik sebagai tambahan nutrisi yang dibutuhkan bawang putih.

Cari tipe tanah yang memilki tekstur berpasir dan gembur dengan pH 6 tanah.

Buat bedengan dengan lebar 1 meter dan ketinggian 30 cm.

  • Menanam Bawang Putih

Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis

Dalam menanam bawang putih upayakan pilih ukuran yang seragam, umbi ditanam dengan kedalam 3 cm.

Ambil siung tunggal dari bawang putih dan jaga agar lapisan kulit tetap dalam kondisi utuh.

Tanam dengan kedalaman 4 cm dengan jarak tanam 20 cm.

Taruh bibit dengan bagian akar dibawah dan yang runcing ke atas agar tidak salah pada pertumbuhannya.

Tutup dengan pupuk kompos atau tanah yang dicampur dengan kompos.

  • Penyiraman

Untuk menyirami  tanaman bawang putih dilakukan dengan cara menggenangi parit di antara bedengan. Frekuensinya tergantung dari umur tanaman. Pada  awal pertumbuhan misalnya, pemberian air dilakukan 2-3 hari sekali, sedang pada periode pembentukan tunas sampai pembentukan umbi pengairan dilakukan 7-15 hari sekali. Pengairan dihentikan pada saat pembentukan umbi maksimal atau 10 hari menjelang panen.

  • Pemberian Pupuk

Dalam pemberian pupuk dapat menggunakan oeganik atau anorganik. Bila memakai pupuk organik dapat menggunakan pupuk kandang sebanyak 10-20 ton per hektarnya.

Apabila menggunakan pupuk anorganik Anda dapat menambahkan P2O5 180 kg, S 142 kg, N 200 kg, dan K2O 60 kg per hektar.

Adapun kualitas dari hasil umbi pada bawang putih dapat ditingkatkan dengan menambahkan pupuk cair dan dapat juga di semprotkan kedaun bawang putih.

Bersihkan hama dan tambahkan pupuk sesuai kebutuhan, bila akar nampak menguning agar memberi pupuk supaya tetap terjaga kondisi bawang putih. Membersihkan rumput liar yang tumbuh disekitaran tanaman agar dapat memperoleh nutrisi dan air penuh.

Baca Juga:  Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

Perhatikan juga Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) yang dapat menyerang pada bawang putih. Terdapat 19 organisme yang dapat mengganggu tumbuh kembang bawang putih antara lain Spodoptera exigua, Fusarium sp, Onion Yellow Dwarf Virus (OYDV), Alternaria porii, Thrips tabaci dan lain sebagainya.

Adapun cara menanganinya yaitu dapat melakukan siste PHT yaitu musuh alami, pengendalian kultur teknis, lewat penggunaan benih sehat, pestisida sesuai ambang pengendalian, sanitasi, dan penggunaan perangkap.

  • Cara Panen Bawang Putih

Pemanenan bawang putih dengan pertanda perubahan pada tanaman yang mana menjadi kuning dan akan mati. Hal ini pada umumnya terjadi pada kisaran bulan juli – agustus. Usahakan jangan terlambat dalam pemanenan, karena dapat menyebabkan umbi menjadi mengkerut dan rasa yang dihasilkan menjadi tidak enak.

Masa panen tanaman bawang putih tergantung pada jenis varietasnya, namun pada umumnya dapat dipanen kisaran 3 – 4 bulan.

  • Mengawetkan Bawang Putih

Bila sudah panen maka Anda harus diamkaan selama 14 hari sampai kering sebelum digunakan. Bila sudah mengering kulitnya dan umbi menjadi mengeras, Anda dapat menyimpan ditempat suhu yang kering dan dingin.

Cara lainnya yaitu dengan memotong batang dan mengawetkan serta menjaga keadaan bawang putih menggunakan sirkulasi udara yang baik.

Di jemur saat terik matahari, namun tutup umbi dengan daunnya supaya umbi bawang putih tidak terkena terik matahari secara langsung.

Buat rak berlapis dan taruh dengan caranya di gantung.

panen bawang putih

Pengasapan dengan menempatkan bawang putih diatas dan pembakaran menggunakan asap dibawahnya.

Bila umbi sudah mulai mengeras pada saat disentuh, pisahkan bawang putih dan siap unutk digunakan. Sisihkan beberapa siung bawang putih yang bagus yang mana akan digunakan pada tanam berikutnya.

Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya Bawang Putih Dengan Mudah dan Praktis, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.