Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya

Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya

Posted on

Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Daun Janggelan. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara budidya daun janggelan serta manfaatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang budidaya daun janggelan dibawah ini.

Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya

Mungkin dari Anda sekalian ini masih belum begitu familiar menganai apa tanaman yang bernama janggelan. Akan tetapi jika Anda disini mengetahui bahwa tanaman daun janggelan dikenal dengan sebutan cincau hitam yang mana mungkin banyak orang yang tahu mengenai makanan itu. Daun janggelan ini sendiri yaitu bahan utama yang terdapat pada pembuatan cincau hitam.

Banyak seklai manfaat yang terdapat dari tanaman janggelan ini yang mana memiliki serat yang banyak serta dapat mengobati dari berbagai macam penyakit seperti diare, demam sakit perut, tekanan darah tinggi serta gangguan pada pencernaan. Tak hanya itu khasiat maupun manfaat yang terdapat pada daun janggelan ini dikenal pada negara Taiwan Korea, Filipina dan Cina.

Terdapat pula cara untuk Budidaya Daun Janggelan, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Persiapan Lahan Tanam

Langkah awal yang perlu dilakukan dalam melakukan penanaman yakni persiapan lahan tanam yang mana bisa Anda lakukan pembersihan dari tanaman pengganggu yakni seperti gulma dan rumput liar. Selanjutnya anda disni bisa membuat lubang tanam dengan jarak tanam yaitu 50×50 cm dengan di setiap lubang bisa anda beri pupuk dasar terlebih dahulu. Yang mana memerlukan 6 ton pupuk kandang pada setiap hektarnya.

Persiapan Bibit Daun Janggelan

Pemilihan pada saat persiapan pada bibit daun janggelan bisa berasa dari rumpun cincau hitam tua serta pasti memiliki air yakni dengan ketinggian sekitar 20 cm. Selanjutnya disini anda perlu menyiapkan 2 – 3 ton stek cincau hitam di setiap hektarnya.

Penanaman Daun Janggelan

Dalam penanaman cintau hitam ini memerlukan kondisi tanah serta air yang cukup untuk pertumbuhannya. Penanaman disini bisa anda lakukan yaitu pada awal musim penghujan, dengan menanam 2-3 biji stek cincau hitam yakni di setiap lubangnya yang sebelumnya disiapkan. Setelah 5-20 hari nantinya akan tumbuh daun yang berwarna hijau baru.

Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya

Perawatan Daun Janggelan

Untuk melakukan perawatan serta pemeliharaannya sendiri yang mana bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Pemupukan Awal

Pada saat tanaman ini sudah berumur sekitar satu bulan, tanaman ini nantinya harus diberi pupuk dengan pupuk N dan P dengan perbandingan yaitu 2: 1. Secara umum, 1 hektar lahan disini memerlukan 132 kg pupuk untuk pupuk N dan 68 kg untuk pupuk P. Setiap tanaman nantinya akan menerima 0,5 sampai 1 sendok makan pupuk pada lubang 10 sampai 15 cm dari tanaman.

  • Pemupukan II

Apabila tanaman disini sudah berumur 2 bulan, maka anda disini perlu melakukan pemupukan tahap kedua. Sebagai aturan, pupuk ini bisa anda terapkan secara langsung pada tanaman cincau hitam yakni dengan sejumlah tanaman dengan jarak 20 hingga 25 meter dari tanaman cincau hitam.

  • Penyiangan

Penyiangan sendiri bisa anda lakukan pada tanaman yang mana dapat mengganggu misalnya seperti gulma atau tanaman liar yang tumbuh di sekitar tanaman cincau hitam, sehingga pertumbuhan tanaman cincau disini tidak akan terganggu.

Hama dan penyakit

Hama yang sering menyerang pada tanaman cincau ini yaitu ulat daun, uret, ulat Jengkal serta sayap putih. Apabila kondisinya disini masih tidak parah, ulat bisa anda hilangkan secara manual. Akan tetapi, pada saat kondisinya yang sudah parah, disini anda cukup hanya dengan memakai pestisida dengan cara menyemprotkannya.

Sedangkan penyakit biasa yang dapat menimpa tanaman cincau ini yaitu penyakit bubuk batang. Penyakit ini juga dapat mempengaruhi umur pada tanaman hingga 10-20 hari, pada saat serangan penyakit yang satu bisa anda atasi secara langsung dengan menggunakan fungisida.

Waktu Panen Daun Janggelan

Daun janggelan pada umumnya akan menumbuhkan bunga yakni sekitar 4 bulan setelah masa tanam. Ketika sedang panen, tanaman tua ini dipotong dengan sabit atau dengan alat lain lalu anda keringkan dengan cara dijemur. Bibit tanaman cincau muda disini bisa anda sendiri sampai mereka bisa tumbuh seperti tanaman induk. Pada umumnya untuk 1 hektar cincau hitam nantinya akan menghasilkan sekitar 7,5-9 ton cincau basah atau 1,5 ton cincau kering.

Manfaat Daun Janggelan Untuk Kesehatan

Setelah anda disini memahami mengenai proses penanamannnya, selanjutnya ini merupakan beberapa manfaat yang terdapat pada daun janggelan diantaranya sebagai berikut.

  • Dapat Mengobati batuk
  • Dapat Mencegah hipertensi
  • Dapat Mengatasi perut kembung
  • Pengobatan panas dalam
  • Dapat Mengurangi risiko diabetes
  • Dapat Mengatasi masalah pencernaan
  • Baik untuk diet
  • Dapat Melawan tumor dan kanker
  • Dapat Mengatasi asam lambung

Demikian penjelasan tentang Panduan Budidaya Daun Janggelan Serta Manfaatnya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.