Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya

2 min read

Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya

Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya – Pada kesempatan ini Kebun akan membahas mengenai Budidaya Daun Sirih. Yang mana dalam pembahasan kali ini akan menjelaskan cara budidaya daun sirih di rumah dan teknik perawatan daun sirih. Untuk lebih jelasnya yuk simak artikel Kebun mengenai budidaya daun sirih berikut ini.

Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya

Daun sirih dengan nama ilmiah Piper betle L. Termasuk kedalam genus Piper, famili Piperaceae dan ordo Piperales. Daun sirih adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh dengan sifat merambat pada batang pohon lain.

Daun siri juga sering dimanfaatkan sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat dalam pengobatan dengan cara tradisional. Semisal penyakit diabetes, asam urat, menurunkan kolesterol, maag, prostat, batu ginjal, keputihan, kelelaham dan dapat memperhalus kulit.

Menyiapkan Media Tanam

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk menanam daun sirih yakni menyiapkan media tanam. Tanaman daun sirih biasanya dapat tumbuh pada lingkungan dingin atau sekitar 300 meter diatas permukaan laut. Tanaman ini juga tidak terlalu membutuhkan paparan sinar matahari, yakni kisaran 60 sampai 20 persen.

Tanah yang dibutuhkan yakni tanah lumpung liat berpasir atau hanya tanah lempung yang berpasir. Tanah yang cocok dipakai pada tanaman obat pada umumnya. Adapun pH tanah yang dibutuhkan tanaman daun sirih yakni kisaran 6 sampai 7.

Memilih Benih Daun Sirih

Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya

Memilih benih tanaman daun sirih yang baik, unggul dan bagus merupakan hal yang sangat krusial dalam membudidayakan tanaman ini. Apalagi hal ini akan berefek pada pertumbuhan dan perkembangan tanaman daun sirih. Umumnya indikator yang menentukan bibit tanaman daun sirih yaitu:

  • Memilih tanaman sirih yang pertumbuhannya cepat
  • Tidak ada penyakit yang ada pada tanaman
  • Memiliki daun yang bagus, besar dan lebar
  • Tidak ada kelainan, cacat atau abnormal pada tanaman.
  • Terdapat tunas akar yang sangat banyak
  • Mempunyai batang yang bagus
  • Tidak terdapat hama yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman
Baca Juga:  Panduan Cara Mudah Menanam Rumput Gajah Mini

Setelha Anda menentukan bibit yang berkualitas dan tergolong pada kategori unggulan. Hal yang perlu diperhatikan kemudian yaitu bagaimana melakukan pengolahan terhadap media tanam yang akan dipakai baik memakai media polybag atau pot.

Oleh sebab itulah, agar Anda memiliki media tanam yang baik, subur dan gembur dengan cara:

  • Memberikan pupuk organik dengan tanah yang akan dipakai untuk menanam dengan perbandingan 1:1;
  • Diamkan tanah yang telah dicampur dengan pupuk organik selama beberapa sebelum anda menanam tanaman sirih.

Menanam Dan Sirih

Bila Anda ingin melakukan budidaya, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan cara memakai ujung dari tanaman sirih dengan memakai bagian ujungnya sekitar 40 smpai 50 cm. Agar dapat memiliki pertumbuhan yang baik dalam budidayanya. Sebaiknya tanaman ini diberikan sandaran, hal yang paling umum yntuk dipakai yaitu pohon. Misalnya seperti pohon kapuk, gamal, dadap dan kelor.

Menyiapkan Sandaran untuk Tanaman Sirih

Untuk pohon yang dipakai sebagai sandara pada tanaman daun sirih, sebaiknya pohon yang digunakan tanam pasa saat musim hujan. Jarak antara pohon yakni sekitar 1,5 m per pohonnya.

Setelah itu pada tiap dua baris pohon yang dipakai sebagai sandaran agar dibuat parit akan dipakai untuk mangalirkan air agar tanah yang berada disekitaran tanaman sirih itu tidak basah. Sebab sirih cukup rentan dan tidak tahan untuke bertahan hidup dengan memakai kondisi tanah yang terlalu basah.

Perawatan Tanaman Sirih

Tanamn sirih merupakan tanaman yang cukup mudah terangsang oleh adanya sinar matahari. untuk perawatan tanaman ini, gunakan tanaman pada sinar matahari dengan banyak cahaya matahari yang terkena sebanyak 60-70 %.

Perlu juga memperhatikan banyaknya paparan sinar matahari yang terkena pada daun sirih agar tidak membuat cepat layu. Karena, apabila tanaman sirih terlalu banyak terkena sinar matahari, maka daun akan berwarna kuning dan memiliki rasa yang pedas.

Baca Juga:  Cara Menanam Eceng Gondok Dengan Mudah Bagi Pemula

Memberantas Hama Tanaman Sirih

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan hama yang ada pada tanaman daun sirih. Sebaiknya Anda perlu melakukan penyiraman sebanyak seminggu tiga kali agar tananam dapat hidup. Namun perlu juga diperhatikan apakah media tanam basah atau tidak, bila media tanam basah sebaiknya tidak perlu untuk melakukan penyiraman.

Waktu Panen Daun Sirih

Unutk melakukan pemanenan daun sirih dapat dilakukan seletah satu tahun lamanya agar dapat menghasilkan daun sirih yang siap untuk dipetik. Pemilihan daun yang baik yaitu daun yang berasal dari sulur yang memiliki 3 – 4 ruas. Anda juga sebaiknya melakukan pemanenan pada saat pagi hari agar tanaman yang dihasilkan lebih segar. Selain itu juga daun yang terdapat pada sulur bisa kita panen juga.

Cara Memetik Daun Sirih yang Sudah Panen

Untuk memilih daun yang siap untuk di panen yaitu dengan cara melihat apakah daun sirih telah cukup tua, bersih dan memiliki warna yang mengkilap. Sebab bila daun sirih memiliki kategori itu berarti daun sirih sudah mempunyai zat yang tinggi.

Cara memetuk daun sirih dengan memetiknya dari daun bagian bawah sampai daun bagian atas. Namun bila mengembangkan daun sirih untuk produksi skala besar, sebaiknya melakukan pengemasan yang akan membuat daun sirih tetap dalam kondisi segar walau dalam waktu yang tertentu.

Demikian penjelasan mengenai Cara Budidaya Daun Sirih di Rumah dan Teknik Perawatannya, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Blimbing Wuluh

Farming
2 min read

Cara Menanam Daun Bidara

Farming
3 min read

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read