√ Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses

2 min read

Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses

Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Ikan Betok. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah budidaya ikan betok yang baik dan benar bagi pemula agar sukses dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang budidaya ikan betok di bawah ini.

Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses

Jenis ikan betok merupakan jenis ikan air tawar yang banyak di jumpai pada danau, sungai atau waduk. Ikan jenis ini termasuk kedalam jenis ikan pemangsa atau karnivora. Dengan memiliki nama latin Anabas Testudineus, ada juga yang menamakan ikan betok sebagai ikan puyu (Melayu), ikan papuyu (Banjar), Climbing Gouramy (Inggris) dan ikan betik (Jawa).

Pada jenis ikan ini sudah mulai banyak dibudidayakan terutama didaerah Kalimantan, hal ini disebabkan ikan jenis ini memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Disamping itu rasa yang terdapat pada dagingnya yang gurih dan lezat. Adapun jenis ikan betok yang sering dibudidyakana yakni ikan betok hijau yang dapat mencapai bobot 200 gr dibandingkan pada jenis lainnya.

Persiapan Kolam Budidaya Ikan Betok

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni persiapan kolam. Anda dapat menggunakan jenis kolam manapun dalam budidya ikan betok baik jenis kolam tanah, kolam semen atau kolam terpal. Namun agar lebih optimal dalam budidaya ikan betok sangat dianjurkan untuk memilik kolam tanah dengan sistem sirkulasi air. Menggunkan kolam tanah termasuk ada kelebihannya yakni dapat menumbuhkan pakan alami ikan betok seperti cacing, ganggang, plankton atau lainnya.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Cocor Bebek Dengan Mudah dan Praktis

Anda dapat membuat kolam dengan ukuran yang besar, yang mana usahakan bisa sedekat mungkin dengan sumber air baik di tepi sunga, atau di tepi sawah.

Agar dapat membuat air kaya akan unsur renik dapat Anda taruh pupuk kandang kedam karung yang kemudian direndam didalam kolam selama 1 minggu. Supaya dapat mempercepat proses tumbuhnya plankton, Anda dapat menambahkan probiotik khusus pada kolam. Keadaan air yang sudah berdegradasi berwarna hijau maka kolam tersebut sudah siap ditebarkan bibit ikan.

Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses

Persiapan Bibit Ikan Betok

Untuk persiapan bibit Anda dapat mendapatkannya dari tangkapan di alam bebas, namun bila tidak ingin repot dapat membeli pada pembudidaya ikan betok lainnya.

Adapun cara dalam melakukan pemijahan yakni dengan mencampur ikan betok jantan dewasa dan betina pada 1 tempat dengan perbandingan 1:3. Setelah beberapa hari ikan betina dipindahkan pada tempat sendiri sampai terlihat adanya anakan ikan betok.

Metode pemijahan atau tangkapan di alam bebas, kedua hal itu bisa dilakukan walaupun berbeda ukuran tetap tidak akan terjadinya kanibalisme.

Penebaran Bibit Ikan Betok

Penebaran bibit ikan betok dapat dilakukan apabila bibit ikan betok sudah cukup umur. Hal ini agar bibit dapat lebih mampu bertahan dalam kondisi tempat yang baru, serta usahakan keadaan sirkulasi air lancar. Bila memungkinkan tambahkan aerator udara untuk menambahkan kadar oksigen dalam air.

Perlu diperhatikan kedalaman air pada kolam agar tetap diatur sesuai dengan ukuran bibit ikan betok dan lokasi yang menadapatkan terik matahari. Bisa juga Anda menambahkan tanaman air semisal ganggang, enceng gondok atau lainnya pada saat penebaran benih berukuran kecil.

Pemberian Pakan Ikan Betok

Dalam pemberian pakan ikan betok dapat dilakukan sebanyak 2 sampai 3 kali dalam 1 hari. Pemberian pakan setidaknya diberikan dengan 4-5 % dari berat tubuhnya. Pemberian pakan bilamana lokasi jauh dapat diberikan 2 kali dalam sehari yakni pada pukul 9 pagi dan 4 sore. Apabila lokasi cukup dekan maka dapat memberikan pakan 3 kali sehari pada jam 9 pagi, jam 2 siang dan jam 8 malam.

Baca Juga:  Budidaya Ikan Air Tawar Peluang Potensi

Usahakan hindari dalam pemberian pakan pada pagi hari, sebab nafsu makan disaat pagi hari masih belum cukup kuat. Berilah pakan yang memiliki kandungan kadar protein yang tinggi. Anda juga dapat memberi pakan alami yang memiliki kadar protein tinggi seperti cacing tanah, manggot, keong emas, nasi sisa, jangkrik, bekatul, ampas kelapa, sisa sayuran, ampas tahu atau lainnya.

Masa Panen Ikan Betok

Masa panen ikan betok sekirat 3 sampai 4 bulan dengan kisaran bobot antara 100 sampai 200 gr per ekornya. Pemanenan dapat dilakukan dengan cara keseluruhan atau panen selktif dengan mengginakan jaring. Bila penebaran awal menggunakan bibit dari alam bebas maka akan tidak seragam ukurannya.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Budidaya Ikan Betok Bagi Pemula Agar Sukses, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.