Budidaya Ikan Guppy : Panduan Cara Mudah untuk Pemula

2 min read

Budidaya Ikan Guppy : Panduan Cara Mudah untuk Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Ikan Guppy. Yang mana menjelaskan cara budidaya ikan guppy dengan mudah mulai dari persiapan tempat sampai panen dengan singkat dan jelas. Untuk lebih detailnya silahkan simak artikel berikut ini.

Budidaya Ikan Guppy : Panduan Cara Mudah untuk Pemula

Ikan jenis guppy merupakan jenis ikan hias yang mungil, lucu dengan corak yang bervariasi, sehingga banyak disukai dengan digemari oleh para pecinta ikan.

Dengan tubuh yang mungil serta warna yang  mencolok, dengan perpaduan warna yang indah dan sangat menarik. Ikan ini juga dapat dengan mudah dikembangkan dan dibudidayakan karena perawatannya yang sangat mudah.

Sekarang banyak yang sudah mulai membudidyakan ikan guppy ini, baik dirumah dan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Tak hanya itu saja, dalam membudidyakannya tidak harus mempunyai lahan yang luas. Karena potensi dari ikan hias ini masih memiliki nilai ekonomi yang tinggi serta makin banyak yang senang pada ikan guppy ini.

Persiapkan Alat

Sama seperti dalam membudidayakan, tentu langkah awal yaitu Anda dapat mempersiapkan bahan dan alat sebagai berikut:

  1. Bila Anda mempunyai tempat yang tidak begitu luas, buatlah kolam yang tidak permanen, dapat dibuat dengan terpal atau beli kotak sterofom.
  2. Setidaknya untuk kolam bukan pendederan ketinggian kolam sekitar 30 cm, bila digunakan unutk pendederan maka buat kolam dengan tinggi 50 cm.
  3. Selain itu Anda juga membutuhkan tanaman air dan aerator, dimana tanaman ini bertujuan sebagai sarang untuk anakannya.
Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Dahlia Dengan Benar

Memilih Indukan Ikan Guppy

Pilihlah indukan dengan kualitas yang baik bisa dengan melihat dari jenis, kesehatan, fisik dan usianya. Hal ini penting karena dapat menjadi tolak ukur dalam pembudidayaan ikan guppy sendiri.

  1. Membedakan ikan kelamin

Cukup mudah untuk membedakan antara jantan dan betina, Anda dapat melihat pada jantan bagian warna yang terlihat mencolok dibandingkan betina. Serta bentuk tubuh betina pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan yang jantan.

  1. Usia Ikan Guppy

Pastikan umur atau usia ikan guppy ini, karena apabila terlalu muda maka kurang maksial dalam menghasilkan telur. Umur yang ideal yaitu antara 4-5 bulan dengan melihat pada bagian ekornya sudah mulai ada warna yang mencolok.

  1. Kesehatan

Bila melihat ada yang kurang dalam kesehatan ikan tentu pilihlah yang masih terlihat sehat, lincah dan tidak cacat. Bukan hanya ikan guppy saja dalam memilih indukan yang baik bahkan semua aspek dari pemilihan harus diperhatikan. Bila mana memilih indukan yang kurang baik maka perkembangan dari budidaya ikan guppy akan kurang optimal.

  1. Fisik Ikan

Melihat fisik ikan tentu menjadi hal yang perlu diperhatikan dalam memilih indukan. Pilih indukan guppy yang tidak cacat, sehat, bentuk tubuh yang ideal serta jenis yang ingin dibudidayakan.

Proses Pemijahan

Dalam proses pemijahan sebaiknya indukan agar dipisah pada lain wadah, kemudian siapkan kolam dengan air yang sudah didiamkan selama 1 hari. Lalu masukkan indukan didalam kolam atau tempat pemijahan dan biarkan selama 16 hari.

Dalam pemijahan Anda dapat memasukkan indukan dengan perbandingan 1 jantan dan 3 betina. Selama proses pemijahan berilah pakan yang baik dan berkualitas agar kesehatan dan kondisi ikan menjadi baik.

Proses Penetasan dan Pemisahan dari Indukan

Biasanya terdapat bercak pada sirip bagian belakan yang menandakan bahwa indukan mulai ada tanda kehamilan.

Baca Juga:  Memaksimalkan Anakan Padi

Pada sekitaran perut dan anusnya akan menggembung, bila itu terlihat maka pindahkan atau pisahkan kekolam penetasan. Kemudian tunggu kisaran 3 minggu dan anak indukan mulai menetas.

Setelah semua sudah mulai menetas segera pindahkan kekolam khusus pendederan dengan ukuran 1 meter persegi. Isi air dengan ketinggian 35 cm dan gantilah air 3 hari sekali.

Pembibitan

Setelah telur-telur sudah mulai menetas atau biasa disebut burayak, taruh di tempat yang terkena sinar matahari. hal ini bertujuan agar ikan dapat memilki corak warna yang bagus, serta taruh tanaman agar digunakan sebagai persembunyian.

Berilah pakan yang tepat sesuai ukuran dari ikan, ganti air setiap 1 minggu sekali dan jaga kondisi kolam agar tidak kotor.

Jenis Ikan Guppy

Dibawah ini adalah beberapa dari berbagai jenis ikan guppy, antara lain yaitu:

Jenis Ikan Guppy Metalik

Kami merekomendasikan jenis ikan ini, yang mana sangat cocok bagi Anda yang mempunyai aquascape. Karena dengan adanya ikan guppy jenis ini maka akan terlihat indah dan hidup pada aquascape Anda.

Jenis Ikan Guppy Japan Blue

Ikan jenis ini juga sangat banyak diminati, dengan tampilan yang menawan dan indah banyak yang encari untuk di taruh didalam aquarium sebagai ikan hias.

Jenis Ikan Guppy Tuxedo

Ikan Guppy Tuxedo

Jenis ikan ini sangat bagus dengan corak metalik dengan paduan hitam sehingga memiliki kilauan dalam setiap melihatnya.

Jenis Ikan Guppy Grass

Jenis Ikan Guppy Leopard

Ikan Guppy Leopard

Jenis Ikan Guppy Cobra

Ikan jenis ini sangat diminati penggemar ikan hias, karena corak dan warnanya yang sangat mencolok serta mudah dalam pemeliharaaanya.

Jenis Ikan Guppy Mozaik

Ikan Guppy Mozaic

Ada juga jenis yang cukup terkenal bagi penggemar ikan guppy antara lain jenis guppy cobra, metalik, leopard, japan blue, tuxedo, grass dan mozaic.

Demikian ulasan singkat tentang Budidaya Ikan Guppy : Panduan Cara Mudah untuk Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.