Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Posted on

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Ikan Molly. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara budidaya ikan hias molly serta cara pemeliharaannya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Molly (Poecilia sphenops) yaitu salah satu jenis ikan hias kecil yang asalnya dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan molly sendiri termasuk dalam jenis hewan omnivora (pemakan segala) . Ikan molly ini mempunyai ukuran tubuh yang relatif cukup besar dengan ukuran maksimal berkisar antara 12 cm. Di habitat aslinya, ikan molly ini hidup pada perairan yang suhunya mencapai 25 – 28° C dengan pH yaitu beriksar 8.

Ikan molly sendiri banyak digemari oleh banyak kalangan, sehingga jika kita ingin membudidayakan ikan molly ini pasti akan memperoleh keuntungan yang cukup menggiurkan.

Jenis-Jenis Ikan Molly

Berikut adalah jenis-jeni dari ikan molly diantaranya yaitu:

Molly Balon

Ikan molly balon adalah jenis molly yang sangat popular dari dikalangan pecinta ikan hias. Seperti dengan namanya, molly balon mempunyai perut yang besar dan buncit layaknya seperti balon. Pada saat ikan ini hamil maka perutnya akan memebesae lebih dari biasanya atau seakan-akan terlihat seperti balon. Warna dari ikan molly balon ini juga bervariasi, ada yang warnanya belang – belang, ada juga yang merah, kuning, jingga, dan lain-lain.

Baca Juga:  18 Macam Pakan Ikan Nila Organik dan Buatan

Black Molly

Jenis Black molly juga populer dan sering menjadi primadona pada kalangan pecinta ikan hias. Ciri dari ikan ini biasanya memiliki warna hitam yang  pekat. Warna itulah yang menjadi ciri khas dari ikan ini dan berbeda dengan jenis ikan molly yang lainnya.

Golden Molly

Golden molly merupakan jenis ikan molly yang bisa dibilang cukup langka saat ini. Hal ini sebab dari seluruh tubuhnya memiliki warna keemasan yang sangat indah.

Molly Golden Black

Ikan jenis ini juga mempunyai keunikan tersenditi yang terdapat pada tubuhnya. Jenis molly golden black biasanya berwarna keemasan dan terdapat bintik-bintik hitam yang sangat cantik.

Silver Molly

Seperti dengan namanya, ikan silver molly mempunyai warna silver yang membalut pada tubuhnya. Warnanya yang indah dan cantik ini untuk seekor ikan hias ini.

Berikut ini merupakan cara budidaya Ikan Molly, diantaranya yaitu :

Teknik Beternak Ikan Molly

Apabila anda ingi berternak ikan molly sebaiknya anda harus membuat kolam ikannya terlebih dahulu. Untuk pembuatan kolam sendir bisa anda buat dari semen ataupun dengan menyediakan akuarium dengan  ukuran biasanya yaitu 100 cm x 40 cm x 50 cm. Setidaknya anda perlu menyiapkan 2 kolam, dengan rincian kolam pertama digunakan untuk pembesaran sedangkan yang satu lagi digunakan untuk kolam pemijahan.

Teknik Pemijahan Ikan Molly

Untuk pemijahan sendiri anda perlu memilih indukan yang sudah memiliki ukuran yang relatif besar. Dengan bentuk tubuh yang menggelembung pada perutnya dan memiliki warna yang indah. Selanjutnya beberapa pasang Indukan yang sudah anda pilih di letakkan kedalam kolam pemijahan.

Pada kolam pemijahan ini Anda perlu melakukan pengontrolan setiap hari. Yang mana setelah induk melahirkan, anak-anak ikan tersebut harus segera dipisahkan dengan induknya supaya anak ika inin tidak dimakan oleh induk.

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Budidaya Ikan Patin

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Perawatan Benih

Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan. Sebab anak ikan tersebut masih mengandung kuning telur (yolk egg). Apabila sudah 4 – 5 hari maka anak ikan ini sudah bisa diberi makanan berupa kutu air atau kuning telur yang sudah direbus dan juga dihancurkan.

Setelah anakan ikan tersebut ukurannya telah mencapai medium yakni berkisar antara 2 sampai 3 cm, maka anak ikan bisa diberi makan cacing. Ketika anakan ikan tersebut mencapai ukuran yang dewasa yakni berkisar antara 5 sampai 7 cm maka Anda bisa memberi makanan cuk.

Tak hanya pemberian pakan alami ikan molly juga bisa Anda beri pakan tambahan berupa agar-agar, cacing kering atau jenis pakan yang lainnya. Untuk pemberian pakan ini bisa anda kukanlah sebanyak 2 kali dan jangan terlalu berlebihan.

Anda juga perlu memperhatikan dalam pergantian air pada kolam, bak atau akuarium dari ikan molly harus dilakukan secara rutin. Usahakan ketika sedang melakukan pergantian air pada waktu air yang sudah terlalu kotor sebab hal ini bisa menyebabkan kematian pada anak ikan. Kotoran ini bisa Anda bersihkan setiap 2 hingga 3 hari sekali dengan cara disifon.

Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.