√ Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

1 min read

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Ikan Molly. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara budidaya ikan hias molly serta cara pemeliharaannya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Molly (Poecilia sphenops) merupakan jenis ikan hias kecil yang berasal dari Meksiko, Florida, Virginia. Ikan jenis ini termasuk dalam jenis hewan omnivora. Memiliki ukuran tubuh yang relatif cukup besar dengan ukuran maksimal sekitar 12 cm. Di habitat aslinya, molly hidup pada suhu perairan 25 – 28° C dengan pH yaitu sekitar 8.

Molly banyak digemari oleh banyak orang, sehingga apabila kita membudidayakannya pasti akan mendapatkan keuntungan yang cukup menggiurkan. Berikut adalah cara budidaya Ikan Molly, antara lain sebagai berikut :

Teknik Beternak Ikan Molly

Untuk ikan molly sebaiknya kita harus membuat kolam ikan terlebih dahulu. Pembuatan kolam dapat dari semen maupun menyediakan akuarium dengan memiliki ukuran biasanya yaitu 100 cm x 40 cm x 50 cm. Setidaknya siapkan 2 kolam, dengan rincian kolam pertama untuk pembesaran dan yang satu lagi untuk kolam pemijahan.

Teknik Pemijahan Ikan Molly

Untuk pemijahan pilih indukan yang berukuran relatif besar. Dengan bentuk tubuh yang menggelembung pada bagian perut serta mempunyai warna yang indah. Kemudian beberapa pasang Indukan yang telah dipilih letakkan dalam kolam pemijahan.

Pada kolam pemijahan tersebut harus dilakukan pengontrolan setiap hari. Di mana setelah induk melahirkan, anak-anak ikan harus segera dipisahkan dengan induknya agar anak ikan tidak dimakan oleh induk.

Baca Juga:  Cara Merawat Larva Lele Di Kolam Terpal

Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah

Perawatan Benih

Anak-anak ikan yang baru lahir belum membutuhkan makanan. Karena mereka masih mengandung kuning telur (yolk egg). Baru setelah 4 – 5 hari anak ikan dapat diberi makanan berupa kutu air atau kuning telur yang telah direbus dan dihancurkan.

Setelah anakan ikan sudah mencapai ukuran medium yaitu sekitar 2 hingga 3 cm dapat diberi makan cacing. Pada saat anakan ikan mencapai ukuran dewasa yaitu sekitar 5 hingga 7 cm dapat diberi makanan cuk.

Selain pemberian pakan alami ikan molly juga dapat diberi pakan tambahan berupa agar-agar, cacing kering atau lain sebagainya. Lakukanlah pemberian pakan sebanyak 2 kali jangan terlalu berlebihan.

Perlu diperhatikan dalam pergantian air pada kolam, bak atau akuarium harus dilakukan dengan rutin. Usahakan saat melakukan pergantian air pada waktu air sudah terlalu kotor karena dapat menyebabkan kematian anak ikan. Kotoran dapat dibersihkan setiap 2 hingga 3 hari sekali dengan cara disifon.

Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya dan Pemeliharaan Ikan Hias Molly Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.