Budidaya Kacang Panjang Hasil Maksimal

Posted on

Budidaya Kacang Panjang Hasil Maksimal – Disini Kebun.Co.Id akan membahas tentang membudidayakan atau cara menanam salah satu sayuran. Kita akan membudidayakan kacang panjang, dimana kacang panjang ini adalah salah satu makanan favorit Nusantara untuk menu santap sehari-hari.

Kita memang sangat mudah mendapatkan kacang panjang dipasar bahkan diwarung-warung kecil sekalipun. Selalu ada saja yang membuatnya menjadi masakan untuk santap keluarga tercintanya dirumah. Nah disini kita akan memberikan cara bagaimana untuk anda yang ingin menanamnya atau bahkan yang ingin membuatnya menjadi sebuah usaha yaitu petani kacang panjang.

Budidaya Kacang Panjang Hasil Maksimal

Sebelum kita mulai cara menanam atau membudidayakan kacang panjang, sebaiknya kita persiapkan dulu lahan yang akan kita gunakan. Lahan yang akan kita pakai untuk menanam kacang panjang perlu memenuhi beberapa kriteria agar hasil yang didapat bisa maksimal.

Manfaat Kacang Panjang

Sebelum memulai proses penanaman kacang panjang ada baiknya mengetahui manfaat kacang panjang. Berikut ini adalah manfaat kacang panjang.

1. Memelihara Kesehatan Mata

Kacang panjang mengandung vitamin A yang sudah lama dikenal akan kemampuannya menjaga fungsi penglihatan. Oleh karena itu, rutinlah konsumsi kacang panjang atau sayuran lain yang juga mengandung vitamin A, seperti wortel agar kesehatan mata Anda bisa membaik, meski belum sepenuhnya sempurna seperti semula.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Hal ini dikarenakan kacang panjang mengandung asam folat, fungsinya untuk mengurangi kandungan asam amino homosistein dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Selain itu, kacang panjang juga dapat meningkatkan sistem peredaran darah di dalam tubuh.

3. Mencegah Penyakit Kanker

Kandungan asam folat yang terdapat pada kacang panjang juga dapat mencegah perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa beberapa jenis kanker yang dapat dicegah antara lain kanker usus besar, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker otak.

4. Mengatasi Nyeri Haid

Kacang panjang juga mengandung mineral seperti mangan yang dipercaya dapat meredakan rasa nyeri. Tak hanya itu, dengan racikan kacang panjang ini mood kamu pun akan semakin terangkat.

5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C pada kacang panjang juga efektif mencegah kulit kering dan keriput. Sebab, kacang panjang niscaya bisa membuat kulit lebih sehat dan memperlambat proses penuaan. Selain itu, manfaat kacang panjang juga bisa mencerahkan kulit.

Baca Juga:  Ternak Kambing : Petunjuk, Persiapan, Pakan, Merawat Serta Panen

Syarat Tumbuh Kacang Panjang

Berikut ini adalah beberapa syarat untuk pertumbuhan kacang panjang yang optimal.

  • Pertama adalah lahan yang mempunyai latosol atau lempung berpasirsubur, gembur, memiliki oksigen yang cukup dan kaya akan unsur hara. Usahakan juga lahan yang dipakaii memiliki sistem drainase yang cukup baik.
  • Untuk PH tanahnya sendiri usahakan ada di angka 5 sampai 6, jika tanah terlalu asam atau dibawah 5 berarti anda harus melakukan pengapuran dengan dolomite. Namun jika tanah terlalu basah atau PH diatas 9 maka harus dicampur belerang sebelum ditaburkan benih.
  • Suhu yang diperlukan adalah 25 sampai 30°C dgn curah hujan yang cukup yaitu 700 sampai 1200mm/th.
  • Usahakan lahan berada di dataran rendah yaitu sekitar 700 sampai 800m diatas permukaan laut dan beriklim kering.

Apabila lahan memenuhi kondisi di atas, maka kita bisa menyiapkan persemaian untuk menanam kacang panjang.

Cara Menanam Kacang Panjang

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus diperhatikan dalam menanam kacang panjang.

Pemilihan Bibit Kacang Panjang

Benih kacang panjang yang kita butuhkan disini adalah benih yang bermutu tinggi, berikut ciri-ciri benih kacang panjang yang bermutu tinggi.

  • Secara fisik tampilan bibit kacang panjang ini kusam atau bernas.
  • Bibit kacang panjang harus memiliki perkecambahan diatas 90%.
  • Tidak adanya cacat dalam bibit.
  • Bebas hama atau penyakit.

Menanam benih kacang panjang tidak perlu disemai, karena benih bisa langsung ditanam di tanah yang sudah kita siapkan. Ini contoh bibit kacang panjang atau bisa digunakan untuk menanam bibit kacang panjang.

Biji Kacang Panjang

Persiapan Lahan

  • Bajaklah atau cangkul terlebih dahulu tanah yang akan kita pakai agar menjadi gembur, bersihkanlah dari gulma maupun sisa dari tanaman sebelumnya.
  • Berikanlah pupuk kandang agar unsur hara yang ada pada tanah tercukupi. Biarkanlah kira-kira 1 minggu agar pupuk dan tanah tercampur dengan rata.
  • Kemudian buat bedeng yang panjangnya menyesuaikan dengan lahan yang anda miliki, lebar 80cm dan tinggi 25-30cm.
  • Jarak antar bedeng akan menjadi drainase nantinya, buatlah kira-kira 40-50cm.
  • Kemudian buatlah lubang diatas bedeng td dengan jarak tanak kira-kira 30-40cm. Jangan terlalu rapat juga jangan terlalu renggang.

Kurang lebih seperti ini gambarannya.

Lahan Kacang Panjang

Proses Penanaman Kacang Panjang

Jika memungkinkan, sebaiknya mulai menanam kacang panjang di awal musim hujan, agar benih mendapat cukup air dari curah hujan saat musim hujan. Untuk menebarkan benihnya cukup masukkan biji kacang panjang td kedalam lubang yg sudah dipersiapkan masing-masing lubah 2 butir. Setelah itu silahkan tutup dengan tanah tipis atau dengan pupuk yang sudah ada.

Baca Juga:  Cara Menanam Buncis : Tahapan, Pengolahan, Perawatan Dan Memanen

Penyulaman Tanaman

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menanam tanaman, hal ini dilakukan agar bibit dapat tumbuh secara bersamaan. Sulaman ini merupakan teknik untuk mengganti benih yang tumbuh tidak sempurna atau rusak seperti penyakit atau kematian.

Agar hasil yang didapat bisa maksimal dan tumbuh secara bersamaan, penyulaman ini dilakukan pada saat umur tanaman mencapai 5 sampai 7 hari, jika sudah lewat maka penyulaman tidak perlu dilakukan lagi.

Penyulaman Tanaman Kacang Panjang

Penyiangan Lahan

Hal ini sebenarnya sangat umum dilakukan pada tanaman apapun yaitu membersihkan lahan dari tanaman pengganggu seperti rumput liar yang tumbuh disekitar tanaman kacang panjang. Jika dibiarkan maka unsur hara di dalam tanah akan diserap oleh tanaman liar, dan kacang panjang akan kehilangan unsur hara di dalam tanah.

Pengairan dan Penyiraman

Untuk masalah penyiraman sendiri, kacang panjang ini sebenarnya tidak membutuhkan banyak air, cukup sesekali pastikan tanahnya tidak cukup kering. Jika tidak turun hujan, sirami tanaman kacang panjang setiap pagi.

Pupuk Susulan

Penerapan pupuk ini untuk memastikan bahwa unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman terpenuhi. Pemberian pupuk ini sendiri bisa diberikan pada usia 45 hari dari bibit pertama kali dimasukkan kedalam tanah dgn dosis pupuk ZA 20gr, SP36 sebanyak 10gr, KCL 10gr dan dolomit 50gr per tanaman.

Pengendalian Hama

Agar tanaman sehat dan terbebas dari hama, rajin-rajinlah mengontrol tanaman, buanglah jika ada tanaman yang rusak atau layu karena hama. Hama utama dari tanaman kacang panjang ini adalah ulat penggerek polong, pastikanlah hama tersebut tidak ada pada tanaman kita.

Pemanenan Kacang Panjang

Nah ditahap inilah yang kita tunggu-tunggu, PANEN. Untuk pemanenan sendiri biasanya usia tanaman sudah 3 sampai 4 bulan sejak bibit dimasukkan kedalam tanah. Untuk ukuran yang optimal dan siap panen biasanya terlihat ukurang polong dan biji yang tidak terlalu menonjol, mudah dipatahkan dan tidak lentur.

Panen kacang panjang

Untuk mendapatkan kacang panjang yang segar, petiklah kacang panjang dipagi hari sebelum matahari menyengat. Anda bisa memotong tangkai menggunakan pisau atau bisa langsung menggunakan tangan dengan memetiknya.

Demikianlah pembahasan kita kali ini Budidaya Kacang Panjang Hasil Maksimal. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menanam kacang panjang untuk kebutuhan anda. Terimakasih.