Budidaya Lebah Madu : Persiapan, Perawatan, Pengembalaan Dan Pemanenan

2 min read

Budidaya Lebah Madu : Persiapan, Perawatan, Pengembalaan Dan Pemanenan

Budidaya Lebah Madu : Persiapan, Perawatan, Pengembalaan Dan Pemanenan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Lebah Madu.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Budidaya Lebah Madu bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Budidaya Lebah Madu berikut ini.


Budidaya Lebah Madu : Persiapan, Perawatan, Pengembalaan Dan Pemanenan


Ternak lebah (ataupun apikultur, dari bahasa Latin apis, lebah) merupakan perawatan koloni lebah madu yang menetap di sarangnya oleh manusia.

Seseorang peternak lebah (ataupun apiaris) beternak lebah buat mengumpulkan madu serta bahan – bahan lain dari sarangnya (termasuk parafin lebah, propolis, pollen, serta royal jelly), memolinasi ladang, ataupun menciptakan lebah buat dijual ke peternak yang lain. Tempat lebah diternakkan disebut apiari ataupun “ladang lebah”.

Untuk yang mau mengawali usaha ternak lebah madu, terdapat bermacam – macam jenis lebah madu yang layak dibudidayakan.

Di antaranya, lebah dari jenis lebah hutan (Apis dorsata), lebah lokal (Apis cerana), serta lebah unggul (Apis mellifera).

Lebah unggul, sesuai namanya, yang sangat disenangi pasar. Jenis ini lebih produktif dibanding lebah lokal, pula lebih jinak.

Toksin pada sengatnya sangat sesuai buat penyembuhan bermacam penyakit. Lebah yang dibudidayakan oleh mayoritas peternak di dunia ini, awal mulanya, berasal dari daratan Eropa

Modal yang dibutuhkan dalam beternak lebah madu ialah pengetahuan dasar dalam beternak lebah madu.

Ada pula investasi modal selalu yang dibutuhkan dalam aktivitas budidaya lebah madu selama beberapa periode pemanenan ialah alat – alat produksi serta koloni lebah madu minimun 40 kotak idealnya ialah 100 kotak koloni lebah madu.

Baca Juga:  Jenis Kelinci Hias Peliharaan dan Pedaging

Cara Budidaya Ternak Lebah Madu

Persiapan Perlengkapan

Pertama – tama, siapkan rumah lebah yang berbentuk kotak kayu. Di dalam kotak kayu tersebut, nantinya terdapat bingkai – bingkai kayu sebagai tempat menyimpan sarang madu.

Sepenuhnya, kalian butuh mempersiapkan hal – hal berikut ini:

  • Kotak dari papan kayu mahoni ataupun kayu suren setebal 3 centimeter.
  • Perlengkapan pengasap buat menjinakkan lebah madu yang kasar saat proses panen.
  • Baju pelindung yang tebal dilengkapi masker pelindung wajah serta kepala.
  • Sarung tangan, penyekat buat memisahkan ratu lebah, sapu gosok, tempat makan di dalam kotak kayu rumah lebah.
  • Bingkai kayu sebagai tempat sarang madu nantinya. Pastikan lebah ratu tidak dapat keluar dari kotak kayu tersebut.
  • Menanam beberpa bunga di zona dekat budidaya ternak lebah madu. Perihal ini berarti sebagai sumber makananan lebah, ialah nektar bunga.

Membuat Rumah Lebah

Rumah lebah dibangun kotak seperti peti kayu dengan lebar 25 centimeter serta panjang dekat 30 centimeter sampai 40 centimeter.

Isi kotak tersebut dengan beberapa bingkai kayu. Kotak rumah lebah ini pula dapat dibentuk memakai kayu jati yang dikenal kokoh.

Memilih Bibit Lebah

Bibit lebah dapat kalian miliki di petani lebah yang berpengalaman menyediakan bibit lebah unggulan. Bibit lebah yang kalian perlukan ialah meliputi lebah ratu, lebah pekerja, serta lebah jantan.

Bibit yang telah didapat setelah itu dipindahkan ke sarang kotak kayu ataupun rumah lebah.

Di dalam rumah lebah, telah disediakan olesan royal jelly sebagai santapan awal. Setelah itu dapat pula kalian sajikan air gula di salah satu sisi rumah lebah.

Budidaya Lebah Madu : Persiapan, Perawatan, Pengembalaan Dan Pemanenan


Perawatan Rumah Lebah

Perawatan rumah lebah wajib kita perhatikan, umumnya hama yang menggangu rumah lebah merupakan semut.

Penjaannya ialah mengusahkan tempat kita menyimpan lebah bersih dari semut, bila terdapat semut yang mengusik biasa terdapat sarang disekitarnya.

Baca Juga:  Penyakit Ikan

Seperti semut rangrang yang pula tinggal dipohon, kita dapat membersihkannya. Bila kita memakai rumah modern semacam model kenya, pada kaki rumah lebah dapat kita beri air supaya semut tidak naik ke rumah lebah.

Bila kita mau memindahkan lebah, lakukan pada malam hari sebab pasaat malam lebah tidak cukup aktif serta tidak agresif.

Bila menemui lebah yang sakit, nampak tidak dapat terbang, diserbu oleh koloni yang lain serta nampak cacat. Pisahkan dari koloni lebah sebab bila lebah tersebut sakit dapat meluas ke lebah yang yang lain.

Buat pemberian makan tambahan, bagikan gula bercampur air didekat sarang lebah. taruh di tempat semacam mangkuk kecil buat pasokan santapan tambahan buat para lebah.

Pengembalaan Lebah Madu

Lebah madu perlu kita lakukan pengembalaan, pengembalaan dicoba dengan cara kita mempersiapkan halaman berbunga disekitar penangkaran lebah.

Tanaman – tanaman bunga yang dapat kita tanam seperti bunga mawar, bunga matahari serta bunga sepatu.

Semakin banyak tumbuhan bunga hendak terus menjadi baik, perihal ini akan pengaruhi banyaknya hasil madu yang kita peroleh.


Cara Pemanenan Lebah Madu

Saat sebelum melakukan pemanenan yang wajib kita persiapkan merupakan baju anti lebah yang tebal dilengkapi masker pelingdung wajah serta kepala, sarung tangun, catut mengambil bingkai sarang lebah.

Masa panen sarang lebah dapat kita lakukan sehabis 40 hari semenjak awal kali ratu lebah diletakkan didalam rumah.

Tidak hanya itu pakai perlengkapan pengasapan buat mengusir lebah secara sedangkan, kita dapat mengambil bingkai/sisiran yang telah dipadati sarang lebah madu.

Jangan lupa amankan ratu lebah di tempat bingkai yang baru buat budidaya lebah madu sehabis panen.

Demikian penjelasan kami tentang Budidaya Lebah Madu dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read

Bonsai Pucuk Merah

Farming
4 min read

Manfaat Labu Putih

Farming
3 min read