Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan

Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan

Posted on

Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Strawberry. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara budidaya buah strawberry dengan tanpa tanah (Soilless) yang ramah lingkungan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan

Strawberry adalah buah tumbuhan herbal, rata-rata tiap buah memiliki 200 biji kecil. Ada lebih dari 700 jenis strawberry, salah satunya disebut Fragaria chiloensis (Fragaria chiloensis L). Jenis ini telah menyebar ke berbagai negara di Amerika Serikat, Eropa dan Asia.. Sedangkan tipe lainnya yaitu F. Vesca merupakan salah satu tipe yang menyebar hingga ke Indonesia.

Rasa manis dan sedikit asam menjadikan buah ini sangat nikmat saat disantap, sehingga buah ini sangat digemari masyarakat. Selain dikonsumsi langsung, strawberry sering dijadikan topping atau hiasan untuk makanan tertentu, seperti kue, salad, dan lainnya.

Pada dasarnya buah ini hanya bisa tumbuh di daerah tertentu saja. Stroberi berasal dari daerah subtropis. Artinya strawberry akan tumbuh dan berkembang dengan baik di daerah yang bersuhu lebih sejuk, seperti di dataran tinggi. Meski begitu, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, kini stroberi dapat ditanam di dataran rendah atau daerah dengan suhu yang lebih hangat.

Klasifikasi Ilmiah Buah Strawberry

  • Kerajaan: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Rosales
  •  Famili: Rosaceae
  • Upafamili: Rosoideae
  • Genus: Fragaria

Ciri Buah Strawberry

Strawberry memiliki warna buah hijau keputihan jika masih muda dan akan berwarna merah saat matang. Warna merah karena buah ini kaya pigmen warna antosianin dan mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan Gizi Buah Strawberry

Strawberry memiliki banyak nutrisi yang luar biasa. Selain menagandung antioksidan buah stroberi juga kaya akan seratnya, rendah dari kalori, dan mengandung vitamin C, asam folat, kalium, dan asam ellagic.

Baca Juga:  Cara Ternak Kroto Mudah Hasil Maksimal

20 Manfaat Buah Strawberry

Berikut ini adalah 20 manfaat yang terdapat pada buah strswberry:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh
  2. Dapat penyakit mencegah kanker
  3. Dapat mencegah alergi dan radang
  4. Mengatasi tekanan darah tinggi
  5. Mencegah penyakit jantung
  6.  Menjaga kesehatan otak
  7. Menjaga kesehatan mata
  8. Mengobati jerawat
  9. Dapat memutihkan gigi
  10. Memperhalus mulit
  11. Membantu meningkatkan memori
  12. Mencegah stroke
  13. Mengobati diabetes
  14. Melancarkan buang air besar
  15. Melancarkan buang air besar
  16. Menjadikan rambut menjadi sehat dan berkilau
  17. Menghilangkan kerutan di wajah
  18. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
  19. Membersihkan kulit
  20. Menyerap minyak berlebih

Cara Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless)

Apabila Anda ingin menanam buah strawberry dengan nilai gizi yang tinggi maka baik untuk kesehatan dan tidak berbahaya bagi lingkungan. Sehingga bisa diterapkan penanaman tanpa tanah (soilless), cara ini bisa meminimalisir penggunaan pupuk dan pestisida.

Persiapan Alat dan Bahan

Hal Pertama yang perlu disiapkan yaitu alat dan bahan untuk menanam strawberry tanpa tanah diantaranya :

  • Serbuk cocopeat (sabut kelapa)
  • Arang sekam
  • Dolomit
  • Benih strawberry
  • Pupuk kandang
  • Pot plastik/polybag
  • Tempat perendam cocopeat
  • Timba
  • Pengaduk pupuk

Persiapan Media Tanam Strawberry

Siapkan cocopeat sesuai kebutuhan, kemudian rendam cocopeat dalam air bersih selama beberapa hari, lalu aduk hingga airnya berbusa. Selanjutnya, buang airnya dan ganti dengan air bersih. Ulangi perendaman beberapa kali hingga buihnya tidak lagi hilang, lalu biarkan cocopeat mengering.

Langkah berikutnya yaitu buat media tanam dengan mencampurkan cocopeat dan arang sekam dengan perbandingan 60:40%, lalu cuci media tersebut secara merata dengan 1 liter dolomit (1-2 sendok dolomit / liter air), dan biarkan kurang lebih 5 hari.

Persiapan Benih Strawberry

Bibit strawberry bisa Anda beli secara langsung atau online di toko bibit. Selain itu, Anda juga bisa membuat anakan atau stolon sendiri. Benih yang digunakan untuk perbanyakan benih harus sehat, baik, berbuah dengan hasil dan mutu yang baik serta berumur sekitar 6 sampai 10 bulan.

Cara menyiapkan benih dari anakan

Benih dari sub-anakan dibuat dengan membagi sub-anakan pada tanaman induk menjadi beberapa bagian. Kemudian tempatkan setiap anakan langsung pada media tanam di dalam pot bunga atau kantong plastik.

Baca Juga:  Cara Membuat Bonsai Kedondong

Cara menyiapkan benih dari stolon (geragih)

Stolon yang sudah memiliki tebal 1-2 cm dipotong dari tanaman induk. Kemudian tanam dalam satu nampan atau lebih, kemudian isi media kultur tanaman dengan perbandingan 1: 1: 1: 1 berupa pasir halus, sekam padi, pupuk atau kompos.Untuk pertumbuhan yang cepat silahkan pasang naungan pada Bahan nampan atau penutup plastik. Semprotkan air untuk menjaga tanah dan ruang di tutupnya tetap lembab.

Penanaman Strawberry

Pertama, buat lubang sedalam 3-2 cm atau sejajarkan dengan akar bibit strawberry. Ambil benih dengan hati-hati lalu masukkan benih ke dalam lubang tanam. Atur agar akarnya menyebar ke segala arah lalu timbun akar benih dengan media tanam. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya agar media tanam tetap lembab.

Pemupukan Tanaman Strawberry

Lakukan pemupukan dengan menggunakan teh pupuk kandang. Cara pembuatan teh pupuk kandang adalah dengan menambahkan 1/3 feses matang dari isi tong. Kemudian tambahkan air ke dalam ember hingga permukaan ember sekitar 5 cm. Masukkan bumbunya ke dalam 3-4 hati dan aduk pada pagi dan sore hari. Selanjutnya, saring pupuk teh dengan kain katun tipis atau kain berpori kecil.

Untuk mengaplikasikan pupuk, encerkan dengan air dengan perbandingan 1 disaring dengan 5-10 air untuk teh. Tuang sekitar 200-250 ml pupuk teh ke dalam akar seminggu sekali.

Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan

Perawatan Tanaman Strawberry

Semprot tanaman dengan takaran 1-2 ml sitokin / liter kurun waktu seminggu sekali. Pada tahap pemekaran dan pematangan buah dilakukan penyemprotan pupuk KNO3 untuk memperbesar ukuran buah dan menambah rasa manis, kemudian dilakukan penyemprotan pupuk Kiserit.

Selain itu juga dilakukan pemangkasan, penjarangan buah dan penyiangan gulma yang tumbuh disekitar tanaman strawberry.

Demikian penjelasan tentang Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.