√ Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

2 min read

Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Tanaman Hias. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara budidaya tanaman hias bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang budidaya tanaman hias berikut ini.

Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Memiliki halaman dengan suasana yang indah merupakan kesenangan tersendiri bagi pemilik rumah dengan suasana yang sejuk dan nyaman. Bukan hanya dari segi bermacam jenis tanaman yang bisa di tanam pada kebun, bisa juga dinikmati keindahan tanaman hias didalam ruangan.

Dalam membudidayakan tanaman hias biasanya digunakan sebagai hiasan serta untuk menikmati kendahan dari bunga, buah, daun dan batangnya. Agar dapat memperoleh tanaman hias yang baik perlu mengetahui cara mengelola yang baik dan benar.

Budidaya Tanaman Hias

Tanaman hias bisa tumbuh berkembang dengan baik dan bagus perlu ada perawatan yang benar. Dengan penanaman yang salah dapat mengakibatkan penampilan dari tanaman hias menjadi tidak indah bahkan dapat tidak tumbuh atau mati.

Tanaman hias tidak hanya dapat menyejukkan disekitar rumah Anda, dapat juga menjadi salah satu bisnis yang cukup menghasilkan keuntungan bila ditekuni. Bagi pecinta tanaman hias yang ingin membudidayakannya sebagai ladang rupiah. Perlu diketahui cara menanam tanaman yang benar dan baik agar dalam menjalankan bisnis berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itu perlu dilakukan beberapa langkah yang tepat dalam mengelola tanaman hias. Berikut ini adalah cara Budidaya Tanaman Hias, antara lain yaitu:

Baca Juga:  Bertanam Hidroponik : Cara Bertaman Dan Keuntungan

Persiapan Dalam Pembudidayaan Tanaman Hias

Dalam mengawali membudidayakan tanaman hias perlu dilakukan penyiapan kebutuhan yang diperlukan dalam budidaya. Adapun kebutuhan dalam budidaya tanaman hias seperti alat untuk menanam, media tanam yang digunakan, tanaman yang akan ditanam atau dibudidayakan, dan cara pemeliharaan tanaman hias sendiri.

Pemilihan Jenis Tanaman Hias

Dalam penentuan atau pemilihan jenis tanaman hias yang akan dibudidayakan itu sangatlah penting. Sebab pada dasarnya setiap jenis tanaman memiliki atau membutuhkan perawatan dan kebutuhan masing-masing.

Hal ini bergantung pada jenis atau spesies tanaman hias yang akan dibudidayakan. Serta penting dalam menentukan potensi bisnis dipasaran dalam budidaya tanaman hias. Seperti tanaman krisan, anggrek atau banyak lainnya.

Penentuan dan pemilihan tanaman akan menyesuaikan keinginan dan dorongan media tanam agar dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perawatan pada tanaman hias sendiri.

Persiapan Media Tanam

Selanjutnya persiapan media tanam, hal yang diperlukan dalam mengelola tanaman hias yaitu tempat media dapat berupa pot atau semacamnya, semprotan air, sekop kecil, media tanam atau tanah dan pupuk kompos. Disamping itu pastikan Anda mempunyai cukup air untuk menyirami tanaman hias Anda.

Proses Penanaman Tanaman Hias

Dalam proses penanaman tanaman hias tidak boleh sembarangan. Perlu memperhatikan jenis tanaman sebab ada beberapa jenis tanaman yang perlu dilakukan dengan cara tanam sendiri. Pada umumnya tanaman yang digunakan sebagai tanaman hias diruangan bisa ditentukan.

Anda dapat menyiapkan pot bersama dengan media tanam yang sudah disediakan. Dalam menanam tanaman menggunakan media tanah perlu dilakukan pencampuran mengunakan kompos dan sekam. Hal ini bertujuan agar terdapat kandungan mineral dan nutrisi yang baik dalam tanah sebagai asupan untuk pertumbuhan tanaman hias.

Baca Juga:  Kandungan Bayam

Pengisian media tanam sebaiknya dilakukan sebalum menanam tanaman hias agar kandungan nutrisi pada kompos dapat terserap sepenuhnya didalam tanah.

Media yang telah siap dapat ditanam dengan tanaman hias sesuai dengan jenis tanaman apa yang Anda tanam. Ada jenis tanaman hias yang ditanam menggunakan biji, bibit atau lainnya.

Benih tanaman hias yang telah siap ditanam dapat segera ditaruh pada media tanaman dalam pot atau lainnya dan disiram hingga lembab.

Pastikan kebutuhan air pada tanaman tercukupi sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula

Perawatan dan Pemeliharaan

Selanjutnya benih tanaman yang telah ditanamn bisa hidup dengan baik dan selanjutnya dapat Anda lakukan perawatan secara intensif. Adapun perawatannya dapat melakukan sebagai berikut:

Penyiraman

Siram tanaman dengan secara teratur pada pagi dan sore hari sesuai kebutuhan tanaman hias. Intentsitas air yang diberikan harus sesuai dengan jenis tanaman yang ditanam agar tidak terlalu banyak memberikan air yang mengakibatkan terjadinya pembusukkan.

Pemupukan

Berilah tanaman hias asupan nutrisi dengan pupuk agar dapat meningkatkan pertumbuhan pada tanaman hias. Pemupukan dapan diberikan dengan menggunakan pupuk kandang atau kompos sesuai kebutuhan.

Pemberian Pestisida dan Insektisida

Agar tanaman terhidar dari hama dan penyakir, dapat Anda beri pestisida dan insektisida pada tanaman sesuai dengan anjuran yang diberikan.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Budidaya Tanaman Hias Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.