√ Cara Menanam Bunga Geranium, Klasifikasi dan Merawatnya

1 min read

Cara Menanam Bunga Geranium Klasifikasi dan Merawatnya

Cara Menanam Bunga Geranium, Klasifikasi dan Merawatnya – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Bunga Geranium. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam dan merawat bunga geranium serta klasifikasinya dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Menanam Bunga Geranium, Klasifikasi dan Merawatnya

Geranium atau Tapak Dara merupakan salah satu dari tumbuhan bunga abadi atau semak yang masuk dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli tanaman Afrika Selatan. Bunga geranium memiliki bunga ganda. Dimana bunga geranium memiliki warna yang beragam ada yang putih, merah muda, merah dan ungu.

Tanaman bunga geranium dapat tumbuh sekitar 6 inci – 4 meter tergantung dari jenis varietas. Tanaman bunga geranium dapat di perbanyak dengan cara stek dan biji. Bunga geranium biasanya digunakan untuk membuat minyak baik itu parfum, sabun atau salep.

Selain dimanfaatkan untuk parfum, sabun atau salep dapat juga sebagai penghias ruangan dan yang sering Kita gunakan yaitu sebagai pengusir nyamuk. Karena nyamuk atau serangga lain tidak menyukai aroma dari bunga geranium.

Klasifikasi ilmiah Bunga Geranium

  • Kerajaan: Plantae
  • (tidak termasuk): Angiospermae
  • (tidak termasuk): Eudikotils
  • (tidak termasuk): Rosidae
  • Ordo: Geraniales
  • Famili: Geraniaceae
  • Genus: Geranium

Cara Menanam Bunga Geranium

Bunga geranium dapat ditanam pada tanah langsung atau juga di pot. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan. Bunga geranium tidak memerlukan penyiraman yang terus menerus. Karena apabila penyiraman terlalu sering dan akar terlalu basah maka bunga geranium akan layu atau juga bisa mati.

Baca Juga:  Budidaya Oyong : Kandungan, Teknik, Pemupukan, Pemeliharaan Dan Panen

Berikut adalah langkah-langkah dalam menanam bunga geranium, yaitu sebagai berikut:

Pemilihan Bibit

Memilih bibit yang tepat dan sempurna adalah hal yang perlu Anda perhatikan. Untuk mendapatkan bibit yang sempurna dapat dengan cara pembibitan tunas yang tumbuh pada tanaman induk bunga geranium.

Media Tanam

Media tanah yang telah disiapkan lalu di campur dengan pupuk kompos lalu tanam bibit bunga pada media tersebut. Lalu siram bunga secara teratur tapi jangan terlalu sering karena dapat membuat akar tanaman basah lalu tanaman layu dan mati.

Cara Menanam Bunga Geranium Klasifikasi dan Merawatnya

Perawatan Tanaman Bunga

Berikut ini adalah beberapa perawatan dalam menanam bunga geranium, antara lain sebagai berikut:

Penyiraman

Penyiraman dilakukan setidaknya sekitar 3 hingga 4 hari sekali. Usahakan jangan terlalu banyak dalam pemberian air.

Pemupukan

Pemupukan dilakukan secara berkala atau sekitar 1 sampai 2 bulan sekali. Hal ini berguna agar dalam pertumbuhannya dapat sesuai dengan yang diharapakan.

Hama dan Penyakit

Hama dan penyakit yang menyerang bunga geranium harus di atasi dengan tepat. Dengan mengetahui beberapa hama dan penyakit yang akan menyerang agar dapat diatasi terlebih dahulu.

Penyiangan

Penyiangan perlu dilakukan agar unsur hara yang diperlukan bunga geranium tidak terambil oleh tanaman pengganggu atau gulma.

Pemangkasan

Tanaman yang sudah layu atau mati sebaiknya di buang atau di pangkas agar penyakit tidak menyebar pada tanaman bunga yang lain.

Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Bunga Geranium, Klasifikasi dan Merawatnya. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.