Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot Bagi Pemula

Bunga Krokot : Cara Menanam dan Merawat Bagi Pemula

Posted on

Bunga Krokot : Cara Menanam dan Merawat Bagi Pemula – Pada Kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Krokot. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam dan merawat bunga krokot dengan mudah agar cepat berbunga. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Bunga Krokot : Cara Menanam dan Merawat Bagi Pemula

Bunga krokot adalah genus tanaman hias bunga yang berasal dari suku Portulacaceae. Nama lain bunga krokot diantaranya yaitu bunga portulaca, moss rose atau bunga pukul sembilan. Disebut dengan bunga pukul sembilan, karena bunga krokot biasanya akan mekar pada pukul sembilan pagi dan pada saat menjelang siang bunga krokokt akan berangsur layu. Bunga portulaca mempunyai warna yang begitu beragam yaitu putih, pink, kuning, perpaduan warna dan masih banyak lagi.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Krokot

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Caryophyllales
  •  Famili: Portulacaceae
  • Genus: Portulaca

Persiapan Bibit Bunga Krokot

Anda bia mendapatkan bibit bunga krokot melalui biji benih maupun melalui stek batang. Untuk ukuran jenis benih bunga krokot sangat kecil, jadi ketika sedang melakukan penyemaian sebaiknya agar secara berhati-hati.

Untuk penyemaian benih krokot pada media tanam caranya yaitu dengan menaburkannya, tanpa ditutup kembali dengan media tanam. Lakukan penyiraman dengan menggunakan alat sprayer sebab dengan demikian benih tidak terbawa air. Anda juga perlu menjaga kelembaban pada media tanam, maka untuk beberapa hari ini benih krokot akan tumbuh.

Apabila Anda melakukan pembibitan melalui stek batang, maka Anda tinggal memotong batang bunga krokot. Kemudian bunga krokor ditanam langsung ke media tanam dan setelah beberapa hari maka bibit stek akan berakar.

Baca Juga:  Cara Pemijahan Belut : Metode, Pemeliharaan Dan Panen

Penanaman Bunga Krokot

Ketikan bibit dirasa sudah siap, langkah selanjutnya yaitu melakukan penanaman bunga krokot. Bunga krokot bisa Anda tanam langsung di tanah atau di tanam di pot.

Berikut ini adalah cara menanam bung krokot:

  • Buatlah lubang tanam kurang lebih sekitar 2 cm.
  • Selanjutnya, tanam bibit bunga krokot ke dalam lubang tanam dan selanjutnya timbun kembali.

Cara Merawat Bunga Krokot

Karena bunga krokot termasuk dalam jenis tanaman sekulen atau tanaman yang mengandung air. Pada bagian tubuhnya baik itu di daun, batang atau akarnya. Maka Anda perli melakukan penyiraman seperlunya saja jangan dan terlalu sering, sebab hal ini dapat menyebabkan tanaman membusuk.

Tak hanya itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik ataupun dapat juga menggunakan pupuk kimia. Pemupukan tersebut juga dapat menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sdm pupuk dilarutkan dalam 1 liter air untuk 5 pot. Lalu siramkan pupuk tersebut namun jangan terlalu dekat dengan batang tanaman. Anda dapat melakukan pemupukan ini setiap 1-2 minggu sekali.

Tak hanya perawatan itu saja, agar tanaman krokot menjadi lebih rajin untuk berbunga Anda perli melakukan pemangkasan. Pemangkasan ini juga bisa dilakukan untuk mereplant bunga krokot ini.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot Bagi Pemula

Manfaat Daun Crocot

Tak hanya memiliki bunga yang indah, ternyata pada bagian yang terdapat bunga krokot juga memiliki khasiat, yaitu pada bagian daunnya. Daun krokot telah diklasifikasikan sebagai daun yang memiliki khasiat untuk kesehatan sebab kandungan yang terdapat pada daunnya cocok untuk mengatasi masalah kesehatan. Tak hanya bisa untuk melindungi kesehatan tubuh, daun krokot juga bisa untuk memperkuat tubuh terhadap berbagai penyakit yang menginfeksi tubuh.

Daun krokot sendiri terdiri atas kandungan tanin, fosfat, saponin, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin A, magnesium, vitamin C, maangan, natrium dan lain sebagainya. Berikut adalah manfaat yang terkandung pada daun krokot.

  1. Sebagai Obat Diare
  2. Dapat Mengatasi Disentri
  3. Dapat Mencegah Wasir
  4. Sebagai Obat Ambeien
  5. Sebagai Anti Hipertensi
  6. Dapat Melancarkan Sirkulasi Darah
  7. Dapat Menenangkan Pikiran
  8. Dapat Mencegah Infeksi Saluran Kemih
  9. Dapat Meringankan Gejala Asma
  10. Dapat Mengatasi Cacingan
  11. Dapat Mengobati Usus Buntu
  12. Dapat Mengobati Keputihan
  13. Dapat Mengobati Hepatitis
  14. Dapat Mengobati Maag
Baca Juga:  Ternak Bebek Petelur : Langkah, Proses, Panen Dan Pengelolaan

Demikian penjelasan tentang Bunga Krokot : Cara Menanam dan Merawat Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.