Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Matahari Velvet Queen. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara menanam bunga matahari velvet queen. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula

Bunga matahari (Helianthus annuus) merupakan tumbuhan bunga musiman dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran. Bunga matahari berasal dari Meksiko. Bunga matahari memiliki ukuran yang besar, berwarna kuning cerah, dan diameternya bisa mencapai hingga 30 cm.

Batangnya ditutupi bulu-bulu kasar, jarang bercabang, berdiri tegak, dan tingginya antara 3-5 meter, tergantung varietas bunga matahari. Bunga matahari memiliki sifat yang unik, yaitu heliotropisme atau bunga selalu miring ke arah matahari.

Klasifikasi ilmiah bunga matahari

  • Kingdom: Plantae
  • Ordo: Asterales
  • Famili: Asteraceae
  • Subfamili: Helianthoideae
  • Bangsa: Heliantheae
  • Genus: Helianthus

Jenis bunga matahari ada banyak sekali, salah satunya adalah bunga matahari ratu beludru. Bunga matahari ratu beludru memiliki bentuk dan warna yang begitu indah sehingga menarik banyak perhatian.

Selain memiliki bunganya yang sangat indah, akar bunga matahari juga mampu menyembuhkan infeksi saluran pernafasan dan saluran kencing. Kelopak bunganya juga efektif meredakan sakit kepala, nyeri saat haid, dan masih banyak lagi lainnya.

Pemilihan Benih Bunga Matahari Velvet Queen

Pilih benih bunga matahari velvet queen yang berkualitas. Karena ini akan sangat menentukan tanaman bunga yang akan tumbuh nantinya. Belilah biji bunga matahari velvet queen yang kualitas dan persentase pertumbuhannya tinggi.

Baca Juga:  Cara Menanam Pohon Jarak

Persiapan Media Tanam Bunga Matahari Velvet Queen

  • Siapkan media tanam untuk menanam bunga matahari.
  • Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dan kompos dengan perbandingan 2: 1.
  • Media tanam harus disiapkan sebelum penyemaian bunga matahari. Tujuannya agar unsur hara dalam kompos dapat terserap seluruhnya ke dalam tanah. Menjadikan media tanam lebih subur dan kaya nutrisi.

Penyemaian Benih Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah menyiapkan benih dan media tanam, lanjutkan ke proses penaburan. Pembibitan dilakukan dalam wadah polybag, atau bisa juga menggunakan nampan semai. Media yang digunakan dalam proses pembibitan adalah campuran tanah, kompos dan arang sekam padi, dengan perbandingan 1: 1: 1.

Sirami media semai dengan air secukupnya, lalu taburi biji bunga matahari. Setelah itu letakkan di bawah sinar matahari langsung tapi jangan langsung terkena hujan.

Untuk menjaga kelembapan media semai, siram secara teratur setiap pagi atau sore hari. Kondisi pembibitan yang lembab dapat membantu biji bunga matahari tumbuh lebih cepat. Biasanya 30 hari setelah tanam, biji bunga matahari sudah bisa dipindahkan ke media penyemaian sebenarnya.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah bibit siap tanam, pindahkan bibit bunga matahari ke pot atau langsung di media tanam sebenarnya di bawah tanah. Pemindahan tanaman juga akan mempercepat proses pertumbuhan karena bunga matahari akan tumbuh terpisah dari bibit lainnya.

Keluarkan bbibit bunga matahari dari polybag, Berhati-hatilah saat membuangnya agar tidak merusak akar atau membiarkannya di polybag. Jika media semai sudah kering, sirami terlebih dahulu agar lembut dan mudah dilepas. Selanjutnya, tabur benih pada media tanam dengan kedalaman tanam sekitar 10 cm, atau hingga akar benar-benar tertimbun di dalam tanah.

Perawatan dan Pemeliharaan Bunga Matahari Velvet Queen

Setelah bibit dipindahkan ke media tanam, bibit bunga matahari akan beradaptasi dengan lingkungan baru. Bunga matahari merupakan tanaman yang boros air, sehingga harus disiram secara rutin setiap pagi dan sore hari, terutama pada musim kemarau. Selain itu, pasokan sinar matahari yang cukup juga dapat mempercepat pertumbuhan dan perkembangan bunga matahari.Selain itu, berikan pupuk t

Baca Juga:  Cara Beternak Kutu Air : Pengertian, Tentang Dan Cara Pembudidayaan

ambahan untuk menjaga unsur hara dan unsur hara yang terdapat pada media tanam. Pupuk tambahan diberikan saat tanaman berumur 2 bulan kemudian diberikan secara rutin. Jika bunga matahari terserang hama atau penyakit yang cukup parah, segera aplikasikan pestisida atau insektisida khusus bunga matahari.

Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula

Manfaat biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau yang sering disebut dengan kuaci merupakan sumber nutrisi yang baik, yaitu mengandung vitamin E yang disebut juga gamma-tocopherol. Vitamin E adalah antioksidan kuat yang ditemukan di banyak kacang-kacangan dan biji-bijian, salah satunya kurcaci. Banyak antioksidan yang dikenal berfungsi melawan kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Membantu memerangi osteoporosis dan kram otot

Kandungan magnesium dalam buah semangka sangat tinggi yang dapat menyeimbangkan kandungan kalsium dan kalium tubuh. Kemudian, kandungan magnesium dapat mencegah pengeroposan tulang dan membantu mengurangi sakit kepala kronis, sembelit, dan kram otot.

Membantu menjaga kesehatan kulit

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan vitamin E sangat berguna untuk menjaga kulit tetap lembut dan sehat. Selain itu, kandungan lemak asam lemak esensial pada buah semangka juga dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari dan polusi.

Mencegah diabetes

Nutrisi dalam semangka dapat membantu mencegah lonjakan dan penurunan gula darah yang dialami banyak orang akibat terlalu banyak makan gula, biji-bijian olahan, minuman manis, dan makanan olahan. Misalnya, manfaat magnesium diketahui memiliki efek perlindungan terhadap risiko diabetes tipe 2.

Demikian penjelasan tentang Cara Menanam Bunga Matahari Velvet Queen Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.