√ Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula

1 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula

Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Bunga Zaphyranthes. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara menanam bungan zaphyranthe dengan mudah agar cepat berbunga. Untuk lebih jelasnya simak Artikel berikut ini.

Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula

Bunga Zephyranthes atau Bunga Rain Lily merupakan genus dari sekitar 70 spesies tumbuhan bawang-bawangan. Tanaman bunga ini juga dikenal dengan bunga lili peri, bunga lili hujan, bunga hujan/bunga zephyr. Tanaman bunga Zephyranthes ini berasal dari bagian tropis Amerika Selatan dan Amerika Utara.

Bentuk dari Bunga Zephyranthes yaitu berbentuk terompet, memiliki 6 lembar daun bunga. Bunga Zephyranthes biasanya muncul setelah musim hujan datang atau hujan deras. Maka bunga ini dijuluki dengan nama bunga lili hujan.

Warna dari Bunga lili hujan memiliki beragam warna diantaranya merah jambu, kuning, putih dan masih banyak warna lainnya. Beberapa jenis bunga Zephyranthes memiliki bau harum yang manis dan lembut. Daun tanaman bunga Zephyranthes memiliki bentuk panjang seperti pita dengan warna hijau tua mengkilap.

Klasifikasi ilmiah

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Liliopsida
  • Ordo: Asparagales
  • Famili: Amaryllidaceae
  • Genus: Zephranthes

Persiapan Biji Bunga Zephyranthes

Adapun biji bunga zephyranthes dapat diperoleh dari tanaman induk atau membeli di toko pertanian. Perlu diperhatikan pangkal bunga Zephyranthes, bila sudah terlihat ada yang mengembang, berarti penyerbukan telah terjadi dengan sukses.

Biarkan hingga kulit pangkalnya semakin membesar dan biji di dalamnya mendorong untuk keluar. Membutuhkan perhatian lebih, jangan sampai biji jatuh dan berserakan di tanah atau terbang bersama angin. Kumpulkan bijinya dan pilih yang berisi dan keras, jika ada yang kopong berarti biji tersebut tidak layak tanam. Biji yang baik akan berwarna hitam pekat dan memiliki permukaan yang licin.

Baca Juga:  Cara Menanam Kencur : Bibit, Waktu, Tempat, Pemberian Pupuk Dan Perawatan

Persiapan Media Tanam Bunga Zephyranthes

Siapkan media tanam yaitu berupa campuran tanah yang gembur dengan pupuk kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 1:1. Usahakan ketika akan menaman, kondisi media tanam dalam keadaan lembab.

Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula

Penanaman Bunga Zephyranthes

Biji bunga zephyranthes harus segera ditanam agar tidak kehilangan viabilitynya atau sudah kadaluwarsa. Sehingga ketika ditanam tidak akan tumbuh, atau jika tumbuh sekalipun akan menjadi tanaman yang mandul dan tidak berbunga. Berikut cara menanam biji bunga zephyranthes dengan baik dan benar:

  • Buatlah lubang dengan kedalaman 0,5 cm.
  • Letakkan biji zephyranthes di dalamnya dan tutup kembali dengan media tanam.
  • Lakukan penyiraman secukupnya dengan air tanpa membuat media tanamnya tergenang.
  • Letakkan di tempat yang teduh dan terhindar dari sengatan sinar matahari secara langsung.
  • Pertumbuhan biji akan berlangsung cepat, hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk berkecambah.

Perawatan Bunga Zephyranthes

Lakukan penyiraman secara teratur setidaknya sekali sehari, secukupnya saja jangan berlebihan. Selain itu, agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman bunga zephyranthes dapat terpenuhi maka lakukan pemupukan secara rutin setiap 2 bulan sekali. Biasanya, bunga zephyrantes yang ditanan melalui biji akan mulai berbunga ketika memasuki usia 3-4 tahun.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Menanam Bunga Zephyranthes Bagi Pemula. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.