Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia

2 min read

Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia

Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cabe Domba Adalah.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cabe Domba Adalah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cabe Domba Adalah berikut ini.


Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia


Berbicara mengenau kuliner, paling utama masakan-masakan Indonesia tentu tidak akan jauh dari pemakaian bumbu di dalamnya.

Tidak cuma kaya akan bumbu, banyak jenis kuliner Indonesia yang pula memakai tambahan cabai dalam pembuatannya buat menaikkan cita rasa pedas.

Pada biasanya terdapat beberapa jenis cabai yang kerap dipakai dalam makanan-makanan khas Indonesia.

Mulai dari cabai rawit, cabai hijau, cabai merah, cabai keriting sampai cabai gendot. Masing-Masing dari cabai tersebut memberikan sensasi pedas yang berbeda.

Walaupun sama-sama termasuk cabai akan namun terdapat beberapa jenis cabai yang rasanya malah tidak begitu pedas.

Kepedasan cabai sendiri bisa dihitung dengan Skala Scoville yang ialah suatu ukuran mengenai tingkatan kepedasan cabai. Cabai rawit sendiri mempunyai tingkatan kepedasan mulai dari 50.000-100.000 Skala Scoville.

Jika kalian merasa cabai rawit ialah cabai dengan rasa yang sangat pedas, nyatanya sensasi pedasnya belum seberapa dibandingkan dengan jenis-jenis cabai terpedas di dunia.


Beberapa Jenis cabai terpedas di dunia

  • Cabai gendot

Berbeda dari tampilan cabai yang kerap kita jumpai, cabai gendot mempunyai tampilan yang gendut, menyamai paprika tetapi berukuran lebih kecil.

Baca Juga:  Budidaya Seledri Hidroponik

Walaupun tampilannya mirip dengan paprika, tetapi jangan salah, cabai yang sangat terkenal di Dieng, Jawa Tengah, ini disebut-sebut lebih pedas dibanding cabai rawit, lho.

Apalagi, tingkat kepedasan cabai gendot tersebut mencapai 100.000-350.000 SHU (skala Scoville). Tidak heran, satu buah cabai gendot sudah dapat membuat sajian jadi lebih pedas menggigit.

Tidak hanya diolah sebagai peningkat rasa pedas, cabai gendot pula jadi salah satu oleh-oleh khas Dieng sebab daya tahannya yang lumayan lama.

  • Cabai Domba

Umumnya cabai domba mempunyai tingkat kepedasan mulai dari 50.000-100.000 SHU, sehingga rasa pedasnya lebih dapat diterima oleh lidah.

Cabai domba sangat sesuai digunakan sebagai bahan utama buat membuat sambal, peningkat pedas pada tumisan ataupun sayuran kuah, serta dimakan fresh bersama gorengan.

  • Cabai Rocoto.

Cabai rocoto ialah salah satu jenis cabai yang wujudnya unik semacam buah ceri serta terdapat pula yang wujudnya semacam paprika.

Ukurannya kecil dengan daging cabai yang lumayan tebal. Biji cabai rocoto yang berwarna gelap bisa memberikan sensasi pedas sampai mencapai tingkatan 330.000 Skala Scoville.

Cabai jenis ini kerap digunakan sebagai aksesoris masakan daging sapi. Cabai ini terdiri dari 2 warna, ialah merah serta orange.

Cabe Domba Adalah : Jenis Cabe Terpedas Di Dunia


  • Cabai Setan (Naga Bhut Jolokia).

Cabai setan ataupun yang dikenal dengan istilah ghost chili ialah salah satu jenis terpedas di dunia dengan tingkatan kepedasan mulai dari 330.000-1.000.000 Skala Scoville.

Cabai yang telah bisa ditemui dipasar-pasar tradisional Indonesia ini berasal dari daerah Bangladesh serta sekitarnya.

Ukurannya kecil dengan wujud fisiknya yang berkeriput. Cabai jenis ini pula telah mulai dibudidayakan oleh para petani cabai di Indonesia.

  • Cabai hiyung

Ini dia cabai dari Kalimantan yang disebut-sebut sebagai cabai terpedas di Indonesia. Tidak cuma itu, cabai yang banyak dibudidayakan di desa Hiyung, kecamatan Tapin, Kalimantan Selatan ini sudah masuk ke dalam catatan 10 cabai terpedas di dunia.

Baca Juga:  Eceng Gondok : Mengenal, Ciri, Habitat, Dampak Negatif Dan Manfaat untuk Kesehatan

Cabai hiyung mempunyai tampilan menyamai cabai rawit merah tetapi lebih besar dengan permukaan yang lembut serta mengkilap dikala terserang sinar matahari.

Tetapi di balik tampilannya yang nampak menggoda, jangan pernah menyepelehkan kepedasan cabai ini ya. Alasannya, rasa pedas yang dihasilkan cabai hiyung bisa mencapai 17 kali rasa pedas dari cabai rawit.

Tidak hanya rasa pedasnya, keistimewaan cabai hiyung terletak pada masa simpannya yang lumayan lama, ialah mencapai 10 hari di dalam temperatur ruang.

Demikian penjelasan kami tentang Cabe Domba Adalah dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.