Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

4 min read

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur berikut ini.


Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur


Lovebird ialah salah satu tipe burung yang lumayan popular di Indonesia. Diucap lovebird ataupun burung cinta, sebab konon burung ini hidup berpasangan.

Burung ini pula diketahui dengan sifat setianya dengan pendamping, di mana mereka cuma hendak mempunyai satu pendamping seumur buat seumur hidup sampai salah satu di antara lain mati.

Burung lovebird ini ada bermacam macam corak. Mulai dari corak hijau, kuning, biru, sampai abu-abu.

Perihal yang jadi karakteristik khas dari burung berparuh bengkok ini merupakan corak bulu tubuh serta kepalanya yang senantiasa berbeda.

Perbandingan inilah yang membuat burung ini menarik buat dilihat sebab terdiri dari perpaduan beberapa corak yang terang.

Sebab rupanya yang menarik, serta biayanya yang lumayan mahal membuat banyak orang Indonesia mulai tertarik beternak lovebird.

Apalagi buat penuhi permintaan yang lumayan besar, tipe burung ini mulai dikembangbiakkan secara masal ataupun koloni.

Ternak lovebird dengan metode ini pula memberikan keuntungan tertentu, ialah hasil ternak yang didapat hendak lebih banyak dibanding budidaya per ekor.

Untuk Kamu yang tertarik buat mengawali ternak lovebird, berikut kami merangkum dari bermacam sumber metode ternak lovebird koloni yang benar serta cepat bertelur.


Metode ternak lovebird yang baik serta benar

Siapkan kandang lovebird

Kamu perlu mempersiapkan kandang lebih dahulu saat sebelum mengawali ternak lovebird.

Apabila Kamu mau berternak lovebird lebih dari sepasang, maka persiapkan kandang yang mempunyai dimensi lebih besar serta dipasang sekat.

Apabila Kamu mau mengawalinya dengan cuma ternak sepasang lovebird saja, sekaligus siapkan tempat bertelur lovebird yang dibuat dari kayu keras dengan dimensi 20 centimeter x 20 centimeter x 25 centimeter.

Tempat bertelur ini diucap glodok. Siapkan: ranting kecil, serut kayu, pula dedaunan kering di dekat glodok. Nanti Lovebird hendak menghiasi sarang mereka sendiri.

Beli sepasang lovebird yang sehat serta berkualitas

Sehabis kandang buat ternak lovebird telah ada, Kamu wajib membeli indukan lovebird. Saat sebelum Kamu membeli indukan, tentukan lebih dulu apa tipe lovebird yang mau Kamu ternak.

Baca Juga:  Cara Menanam Bunga Camelia Paling Mudah dan Praktis

Tipe yang bersuara bagus ataupun yang memiliki bulu bagus serta menarik. Bila telah memastikan pilihan, maka belilah indukan lovebird yang cocok dengan yang Kamu mau.

Memilih lovebird yang sehat, sebab indukan yang sehat serta bermutu nantinya hendak menciptakan anakan lovebird yang bermutu pula.

Hendaknya memilih lovebird yang umur sang jantan lebih tua daripada umur betinanya.

Perihal ini supaya nanti dikala terbentuknya proses pernikahan, lovebird jantanlah yang hendak mendominasi. Hendaknya Kamu menanyakan perihal tersebut pada penjual burung.

Yakinkan Lovebird Telah Dalam Umur Kawin

Berikutnya, kamu wajib membenarkan apakah lovebird telah siap kawin ataupun belum. Umur kawin yang sempurna buat lovebird dekat 1 tahun.

Pastikan umur pejantan lebih tua dibandingkan betina supaya lebih mendominasi pada dikala proses kawin.

Membuat Tempat Bertelur/Glodok

Dimensi glodog yang sempurna buat lovebird merupakan 20 x 20 x 25 centimeter. Glodog dibuat dengan wujud persegi serta kayu yang keras.

Nah perkenankan lovebird membuat tempat bertelurnya lebih gampang kita dapat membantunya dengan meletakan kayu yang telah diserut, ranting kecil, ataupun dedaunan di dalam glodok.

Pastikan Lovebird Yang Dijodohkan Mempunyai Kelamin Yang Berbeda

Kamu wajib mengenali jenis kelamin lovebird serta membenarkan lovebird yang kamu kawinkan mempunyai kelamin yang berbeda.

Alasannya, lovebird yang nampak berpasangan belum pasti memiliki kelamin yang berbeda. Terkadang, lovebird jantan dapat berpasangan dengan pejantan yang lain. Begitu pula kebalikannya.

Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur


Pemberian Santapan Supaya Lovebird Kilat Bertelur

Supaya lovebird cepat bertelur, coba tingkatkan gizi pada santapan setiap hari lovebird, semacam pemberian milet, biji sawi, kenari seed, jewawut, jagung muda, kangkung, tauge, kwaci, tulang sotong, serta lain-lain.

Pengkawinan

Pengkawinan butuh dicoba sehabis masa penjodohan sukses. Bila Kamu mengalami calon indukan lovebird kepunyaan Kamu menampilkan identitas semacam yang diatas, hingga saat ini saatnya buat mengawinkannya.

Berikut ini metode buat mengawinkan lovebird:

  • Buat glodok/kandang terletak dalam keadaan senyaman mungkin. Triknya dengan mempersiapkan tumpukan kecil jerami kering didekat gelodok buat membagikan kesan aman serta hangat.
  • Berikan pakan yang segar serta bergizi, semacam tauge/toge, biji kuaci, kacang tanah serta jagung muda buat pasangan millet.
  • Berikan tulang sotong/grit buat menolong penuhi kebutuhan kalsium serta mineral yang diperlukan dalam jumlah banyak buat pembuatan telur nantinya.
  • Berikan Suplemen Organik Cair Spesialis Ternak buat menolong penuhi kebutuhan nutrisinya, tingkatkan sistem imun badannya, tingkatkan nafsu makan, penuhi kebutuhan mineral essensial serta non essensial, penuhi kebutuhan asam lemak, dan melindungi birahi lovebird senantiasa normal.
  • Sehabis seluruh perihal itu dipadati, masukkan lovebird yang telah berjodoh kedalam satu kandang yang sama buat melakukan proses pernikahan.
  • Jalani perawatan secara teratur supaya proses pernikahan bisa berjalan mudah.
Baca Juga:  Budidaya Cacing Darah : Proses, Bibit, Media, Perawatan Dan Pemanenan

Perawatan Serta Metode Memelihara Lovebird Bertelur Sampai Penetasan

Sehabis melewati masa pernikahan serta saat ini bertelur, maka kamu butuh melaksanakan perawatan serta memelihara lovebird yang bertelur supaya bisa senantiasa sehat serta sanggup mengerami telurnya.

Berikut ini metode perawatan lovebird yang bertelur sampai masa pengeraman serta penetasan:

  • Berikan santapan pokok berbentuk millet putih serta biji kenari saja, tanpa terdapatnya bonus pakan segar. Takaran yang diajarkan merupakan 2:1.
  • Jangan lupa buat meningkatkan Suplemen Organik Cair Spesialis Ternak buat melindungi keadaan badan indukannya senantiasa sehat.
  • Perkenankan indukan lovebird mengerami telurnya dengan tenang. Oleh karena itu, pastikan kandangnya aman serta sedikit kendala, supaya proses pengeraman sukses.
  • Proses pengeraman telur berlangsung lumayan lama, ialah hampir 21-30 hari.
  • Apabila masa pengeraman telah berakhir, Kamu dapat menengok buat membenarkan kalau proses pengeraman sukses ataupun tidak.

Penanganan Dan Perawatan Anakan

Bukan cuma perawatan lovebird bertelur yang ketat, bila Kamu mau usaha budidaya lovebird Kamu sukses, maka butuh dicermati pula metode memelihara lovebird anakan ataupun trotolan yang baru menetas.

Utamanya tentang pemberian pakan. Berikan pakan yang cocok buat masa perkembangannya.

Berikut ini metode penindakan serta perawatan anakan/trotolan lovebird yang baik serta wajib dicermati, utamanya untuk para ternak lovebird pendatang baru:

  • Sehabis telur menetas, perkenankan dulu anakan lovebird bersama induknya, paling tidak 2 jam.
  • Sehabis 2 jam, ambil anakan tersebut, setelah itu suapi/lolohi anakan tersebut dengan pakan khusus lovebird anakan/lolohan lovebird.
  • Metode melolohi anakan lovebird merupakan dengan memilah pakan lolohan yang sangat halus, setelah itu gabungkan dengan air hangat sembari diaduk-aduk.
  • Sehabis pakan yang disiapkan telah dingin, saat ini saatnya buat melolohkan pakan tersebut.
  • Suapi/lolohkan pakan tersebut kedalam mulut lovebird anakan/trotolan dengan memakai suntikan kecil (tanpa duri) kedalam paruhnya.
  • Apabila bagian tembolok telah nampak lumayan besar, hentikan penyuapan.
  • Lolohkan pula sedikit air yang telah dicampurkan dengan Suplemen Organik Cair Spesialis Ternak supaya anakan tidak kehilangan cairan tubuh serta memperoleh konsumsi nutrisi lebih yang bisa memesatkan proses pertumbuhannya.
  • Jalani perawatan yang sama, paling tidak tiap 3 jam sekali, sepanjang 1 bulan.
  • Hentikan proses pelolohan tersebut sampai jam 9 malam. Bila telah melewati jam 9 malam, maka Kamu dapat menghentikannya. Sebab lovebird anakan tidak mau makan lagi kala malam hari.
  • Sehabis anakan berusia 1bulan, maka Kamu dapat kurangi frekuensi pemberian lolohannya jadi 4-5 jam sekali.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Agar Lovebird Cepat Bertelur dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Cara Menanam Blimbing Wuluh

Farming
2 min read

Cara Menanam Daun Bidara

Farming
3 min read

Cara Menanam Bambu

Farming
2 min read