√ Cara Budidaya Ayam Cemani Mudah dan Praktis (Lengkap)

2 min read

Panduan Cara Beternak Ayam Cemani Bagi Pemula Lengkap

Cara Budidaya Ayam Cemani Mudah dan Praktis (Lengkap) – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Beternak Ayam Cemani. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara beternak ayam cemani bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Cara Budidaya Ayam Cemani Mudah dan Praktis (Lengkap)

Ayam Cemani termasuk kedalam jenis ayam lokal atau kampung. Ayam yang satu ini dibudidayakan di daerah Ds. Kedu. Serta ayam cemani juga dibudidayakan didaerah lain seperti Ds. Kalikuto.

Ayam ras lokal yang satu ini terkenal karena terdapat warna hitam yang pekat. Tetapi ada type lainnya ayam cemani dengan warnanya bulu putih. Jenis Ayam cemani atau ayam selasih ini tengah budidayakan dan termasuk tergolong sebagai ayam yang berkelas. Yang mana ayam cemani yang sudah ada terkenal menjadi syarat ritual adat.

Bila Anda melihat secara gen dari cemanni sama halnya seperti ayam yang di pelihara di Indonesia masih termasuk kedalam ayem berkisar.

Ciri Ayam Cemani

Berikut ini adalah ciri ayam cemani, antara lain yaitu:

  • Ukuran beratnya yaitu Betina sekitar 2,5 kilogram per ekor sedangkan jantan 3,5 kilogram per ekor.
  • Ayam Cemani dapat hidup sekitar 7 tahun.
  • Dengan bulu  yang cukup keras.
  • Bentuk tubuh berukuran yaitu sedang dengan bulu pada ekornya naik, ukuran jengger yang besar.
  • Keseluruhan cemani yaitu berwarna sangat hitam.
  • Dengan warna mata yang coklat gelap.
  • Dengan memiliki tabiat yang suka dengan berkelana.
  • Ayam betina cemani sangat melindungi anaknya.
  • Telur berwarna coklat.
  • Ayam cemani dapat bertelur 150 – 160 butir setiap tahunnya, dan mulai bertelur kisaran umur 6 bln.
Baca Juga:  Bonsai Sancang : Cara Membuat dan Perawatannya Bagi Pemula

Harga Ayam Cemani

Untuk harga ayama cemani relatif, mulai dari ukuran, bibit, sampai siap di potong. berikut rinciannya:

  • Harga untuk telur cemani yaitu sekitar 80.000 – 150.000 ribu per butir.
  • Harga untuk anak cemani yang asli yaitu sekitar 150.000 – 550.000 ribu per ekor.
  • Harga unutk cemani dewasa yang asli yaitu sekitar Rp. 25.000.000 -50.000.000 Juta per ekor.

Jenis Ayam Cemani

Ada beberapa jenis tipe pada ayam cemani, antara lain yaitu:

  • Ayam kedu hitam; yaitu memiliki tubuh serta bulu yang berwarna hitam, sedangkan jenggernya serta kloakanya masih agak merah.
  • Ayam cemani; yaitu memiliki tubuh serta bulu yang hitam semua, hingga daging beserta tulangnya juga agak kehitaman.
  • Ayam cemani putih; yaitu memiliki bulu warnanya putih dan lain tubuhnya hitam.
  • Ayam kedu merah; yaitu memiliki hitam bulunya serta jenggernya merah dengan tubuh tetap hitam.

Pembuatan Kandang Ayam

Ada dapat menyiapkan kandang serta peralatan pendukung. Terlebih kandang dibuat yaitu tidak besar dengan ukuran memuat kisaran kapasitas lima ekor ayam saja. Tujuannya agar dalam proses pertumbuhan serta pertumbuhan dapat berjalan baik dan juga termasuk pada saat proses perkawinan.

Memilih Induk Ayam

Dalam memilih indukan, Anda harus memilih beberapa ciri indukan dengan yaitu warna dengan hitam keseluruhan serta hal yang telah disebutkan diatas. Karena harganya yang relatif tinggi membuat ayam cemani banyak  yang di buat palsu. Sebaiknya Anda hindari dalam memilih induknya ayam dari hasil 1 perteluran yang sama.

Panduan Cara Beternak Ayam Cemani Bagi Pemula Lengkap

Mengkawinkan Ayam

Anda dapat memilih induk sehat, sifat yang agresiif, serta siap untuk kawinkan secara usianya. Anda dapat meletakkan ayam dalam kandang. Selanjutnya akan ada proses perkawinan ayam cemani. Dimana dalam proses perkawinan secara alami ini yang dipilih. Dapat Anda gunakan melalui metode perkawinannya yang alami. Bukan dengan cara teknik buatan yang dilakukan kebanyakan dalam ternak ayam.

Baca Juga:  Marigold : Kandungan, Manfaat dan Cara Menanamnya

Pada perkawinan yang alami tersebut dapat menghasilkan anak menjadi lebih asli serta memiliki kualitas yang baik. Dengan perkawinan alami dapat dilakukan yaitu membiarkan jantan dan induk betina bertempat 1 kandang kapasitas bandingnya jantan 1 ekor dan betina 4-5 ekor.

Penetasan Telur Ayam

Pada saat proses penetasan telur, biasanya dierami oleh induknya. Biarkan proses penetasan dilakukan oleh induknya. Karena ayam cemani termasuk memiliki sifat yang senang mengasuh anaknya. Setelah menetas dari telur usahakan dalam proses pembesaran menggunakan perawatan day old chicken atau disebut DOC.

Pembesaran Anak Ayam

Pada anak ayam, hal ini akan anak ayam relatif rentan dalam menghadapi berbagai kondisi yang berbahaya. Sehingga dalam proses pembesaran menggunakan perawatan DOC. Di mana anak ayam ini bisa ditempatkan menggunakan box dan penyinaran cahaya panas dari lampu.

Setelah anak ayam berumur sekitar empat hari. Langkah selanjutnya anak ayam perlu di lakukan imuunisasi yang menyesuaikan dengan ketentuan lanjutan. Setelah itu anak ayam ini dapat segera Anda besarkan sampai besar.

Demikian penjelasan tentang Cara Budidaya Ayam Cemani Mudah dan Praktis (Lengkap). Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.