Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

√ Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

Diposting pada

Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Beternak Hamster Panda. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara beternak hamster panda mudah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang cara beternak hamster di bawah ini.

Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

Hewan hamster merupakan salah satu jenis hewan pengerat yang tergolong kedalam sub familia Cricetinae. Hewan ini mempunyai bentuk ukuran tubuh yang tergolong mini dengan badan yang  gemuk, ekor pendek serta memiliki berbagai macam warna bergantung dari spesiesnya.

Warna tersebut dapat berupa abu-abu, coklat, putih, hitam, kuning bahkan merah. Umumnya hewan pengerat yang satu ini hidup di kaki gunung, perbatasan padang pasir, bukit pasir yang di vegetasi sungai lembah, padang rumput dan lain sebagainya.

Hamster tergolong kedalam hewan noktunal atau dapat disebut dengan hewan krepustular yakni aktif pada pagi hari sampai petang. Hewan ini tergolong juga sebagai hewan penggali terbaik. Dalam proses pembuahan hamster bergantung pada jenis spesiesnya, ada yang dapat berreproduksi di usia 1-3 bulan.

Perlu diketahui bagi para pembudidaya bahwa hamster betina tidak bisa di buahi setiap hari sebab adanya fase estrus selama 3 hari. Sedangkan bagi pejantan bisa melakukan pembuahan setiap hari. Rentan usia hamster dapat hiduk kisaran 3 tahun bergantung dari jenis spesiesnya.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Jenis Hamster

Ada beberapa jenis hamster yang diketahui antara lain yaitu

  • hamster syrian
  • hamster panda
  • hamster Roborovski
  • hamster campbell
  • hamster winter white
  • hamster tiongkok
  • hamster hybrid dan lain sebagainya.

Cara Beternak Hamster Panda

Dalam pembahasan ini mengenai hamster panda, dikatakan dengan hamster panda sebab pada jenis ini memiliki warna bulu seperti halnya panda yakni putih dan hitam. Adapun cara beternak hamster panda sebagai berikut:

Pemilihan Jenis Hamster Panda

Hal yang utama dalam beternak yakni memilih jenis hamster, maka bagi pemula disarankan agar memilih jenis hamster panda camble sebab pada proses perawatan dan beternaknya cukup mudah dan tidak terlalu sulit.

Pemilihan Indukan Hamster Panda

Usahakan untuk memilih indukan hamster panda yang terlihat baik, sehat dan tidak ada cacat pada tubuhnya. Pastikan dengan teliti indukan hamster bejenis kelamin jantan dan betinah yang berusia kisaran 4 sampai 11 bulan dan dalam kondisi tubuh sehat, postur tubuh baik, dan nafsu makan yang baik pula.

Untuk membedakan antara hemster panda yang jantan dan betina dapat di lihat pada bentuk testis dan skrotum yang cukup terlihat pada jantan sedangkan pada betina tidak ada.

Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

Persiapan Kandang Ternak Hamster

Belilah kandang atau buat kandang yang mempunyai dua pintu yang berbeda dengan pada bagian tenyanya diberikan penyekat. Pada saat hamster betina akan membesarkan anaknya, siapkan beberapa sekat sebagai pengganti sarang hamster tersebut atau dapat dipisahkan pada kandang lainnya.

Perkawinan Hamster Panda

Bila persiapan sudah selesai dapat taruh hamster jantan dan betina didalam satu kandang serta tetap diberikan sekat pemisah terlebih dahulu agar terhindarnya dari pertengkaran. Dengan hamster yang memiliki usia cukup dalam bereproduksi maka akan memiliki birahi secara alami dalam perkawinannya. Anda dapat membiarkan dalam beberapa hari agar jantan dan betina dapat melakukan proses perkawinan.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Bunga Bird of Paradise Agar Cepat Berbunga

Masa Gestasi atau Hamster Panda Hamil

Masa gestasi atau keadaan hamster panda hamil dapat dilihat pada selama 16 dampai 18 hari dimana betina mengalami proses pembuahan. Bila sudah mendekati proses melahirkan akan tampak keadaan perut hamster panda membasar dan muncul puting susu disisi perutnya.

Sebagai peternak tentu harus mempersiapkan kebutuhan dalam proses melahirkan dengan menyiapkan jerami atau serbuk kayu serta kain yang akan dijadikan sarang untuk melahirkan dan membesarkan anaknya.

Pembesaran Anakan Hamster Panda

Seusai masa kehamilan dan hamster telah melahirkan anaknya, biasanya akan melahirkan lebih dari satu bergantung dari jenis spesiesnya. Pada saat melakukan proses melahirkan, hamster jantan agar dipisah. Pada saat  anakan hamster telah lahir, jangan dipegang dan biarkan induknya merawat sehingga sampai cukup umur untuk dipisahkan. Lakukan perawatan dengan benar dan teliti agar anak hamster tidak mudah mati.

Demikian penjelasan tentang Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.