Cara Membuat Bonsai Kedondong

2 min read

Cara Membuat Bonsai Kedondong

Cara Membuat Bonsai Kedondong – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Membuat Bonsai Kedondong bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong berikut ini.


Cara Membuat Bonsai Kedondong


Gimana metode membuat bonsai kedondong? Kedondong (Spondias dulcis) ialah tumbuhan buah yang terkategori di dalam famili Anacardiaceae.

Buah kedondong mempunyai rasa yang masam serta fresh sehingga kerap diolah jadi rujak serta manisan.

Sebaliknya daunnya yang beraroma semerbak sering dipakai bagaikan penyedap masakan, paling utama pepes ikan.

Tumbuhan kedondong bisa berkembang sampai mencapai ketinggian 2-3 m. Buah yang masih muda bercorak hijau, bertekstur keras, serta memiliki getah.

Buah yang sudah matang berikutnya hendak berganti corak jadi hijau kekuningan dan mempunyai tekstur yang agak empuk.

Biji kedondong berupa menyamai serabut pangkal yang tertanam di dalam daging buah Sebagian pencinta bonsai sering menjadikan kedondong bagaikan tumbuhan bonsai.

Keelokan dari bonsai kedondong tidak cuma terletak pada wujud dahannya yang berlekuk-lekuk, namun pula buahnya sanggup memunculkan kesan yang unik.

Bila tertarik, Kamu dapat membuat bonsai tumbuhan kedondong sendiri dengan langkah-langkah bagaikan berikut!


Langkah – Langkah Membuat Bonsai Kedondong

Pengadaan Bibit

Tipe kedondong yang sangat bagus buat dijadikan bonsai yakni kedondong hutan. Setelah itu tumbuhan tersebut diperbanyak dengan metode sambung pucuk bersama kedondong bangkok bagaikan entres.

Seleksi bonggol kedondong hutan yang mempunyai dahan yang berdiameter 6-8 centimeter serta wujudnya berlekuk-lekuk. Setelah itu pangkas bagian-bagian tumbuhan yang tidak perlu.

Baca Juga:  Cara Menanam Nanas : Budidaya, Mempersiapkan, Perawatan Dan Proses Panen

Sehabis itu, siapkan pula entres yang berasal dari kedondong bangkok. Sama semacam bonggol, pemilihan entres pula hendaknya yang memiliki banyak alur serta umurnya telah lumayan tua.

Sehabis dipotong dengan pangkal yang berupa lancip, Kamu dapat menyambungkannya dengan bonggol di atas. Panduan sambung pucuk tumbuhan dapat Kamu pelajari disini.

Penyiapan Pot

Kami menganjurkan pemakaian pot tanah liat bagaikan wadah penanaman sebab pot ini sanggup melindungi kelembaban tanah dengan baik.

Hendaknya pakai pot yang wujudnya melebar sehingga bonsai nampak balance serta keindahannya dapat dinikmati mulai dari bagian pangkal tumbuhan.

Pemilihan pot yang dihiasi dengan ornamen hendak tingkatkan nilai dari bonsai yang ditanam di atasnya.

Media tanam yang hendak digunakan buat memelihara kedondong yakni kombinasi tanah, pasir, serta pupuk kompos dengan perbandingan 2:1:1.

Bagian dasar pot diberi hamparan kerikil terlebih dulu buat menahan media tanam supaya tidak gampang hanyut terbawa air.

Sebaliknya di bagian atasnya dapat ditanam moss bagaikan mulsa buat melindungi kelembaban udara.

Cara Membuat Bonsai Kedondong


Penanaman Bibit

Bibit bonsai kedondong yang telah jadi lalu dipindah tanamkan ke dalam pot. Sebelumnya, Kamu wajib menyemai bibit tersebut terlebih dulu selama 1 bulan supaya dia sanggup menyesuaikan diri dengan baik.

Proses penyemaian ini dicoba dengan memakai media berbentuk kombinasi pasir serta pupuk kompos yang dimasukkan ke dalam polybag. Siramlah tumbuhan tiap hari supaya berkembang produktif.

Tumbuhan kedondong ditanam ke pot pada waktu pagi ataupun sore hari. Kamu dapat menyiram polybag hingga basah supaya lebih gampang dalam membebaskan tumbuhan.

Sehabis itu, pangkas sebagian bagian pangkal yang bisa mengganggu keelokan tumbuhan tersebut. Tanamkan bibit kedondong ini dengan posisi miring dekat 60 derajat supaya tampilannya lebih menarik.

Baca Juga:  Cara Merawat Kelinci yang Baik Bagi Pemula

Perawatan Tanaman

Sepanjang masa perkembangan awal mulanya, perkenankan tumbuhan kedondong berkembang secara natural.

Kamu dapat menyiramnya tiap 2 kali satu hari dan memberikan pupuk kandang seperlunya tiap sebulan sekali.

Sehabis tumbuhan ini nampak telah lumayan produktif, Kamu dapat mulai memangkas sebagian cabang serta daun secara berkala.

Tujuan yang utama yakni mengerdilkan wujud tumbuhan tersebut. Secara tidak langsung, pemangkasan juga berperan buat memicu perkembangan buah kedondong.

Seperti tumbuhan mangga, kedondong sangat menggemari sinar matahari. Namun curah hujan yang intensitasnya sangat besar bisa mengganggu tumbuhan tersebut.

Pindahkan tumbuhan kedondong ke pot yang lebih besar tiap 2-3 tahun sekali supaya dia senantiasa dapat berkembang dengan baik.

Jika dapat, jauhi memetik buah kedondong yang berkembang dari tumbuhan bonsai Kamu sebab daya tarik utama dari bonsai kedondong terletak di buahnya.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Membuat Bonsai Kedondong dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.