Cara Membuat Pupuk organikMudah Bagi Pemula

2 min read

Wadah uCara Membuat Pupuk Organik Mudah Bagi Pemulantuk Proses Pengomposan

Cara Membuat Pupuk Organik Mudah Bagi Pemula – Pada pembahasan kali ini Kebun akan membahas mengenai Cara membuat pupuk Organik. Yang mana dalam pembahasan ini menjelaskan cara membuat pupuk organik yang mudah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel mengenai cara membuat pupuk organik berikut ini.

Cara Membuat Pupuk Organik Mudah Bagi Pemula

Anda menginginkan tanah sekitar hunian menjadi subur? Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan agar dapat menyuburkan tanah dan membuat tanaman dapat tumbuh dengan sempurna. Salah satunya yaitu dengan menerapakan berbagai cara membuat kompos yang digunakan untuk dijadikan pupuk.

Tidak perlu untuk menghabiskan uang untuk membelinya, Anda dapat mengikuti metode membuat kompos organik dari sampah rumah tangga. Untuk cara membuat kompos ini tidak hanya mudah dilakukan, namun sangat ekonomis dan dapat memaksimalkan pertumbuhan pada tanaman dihunian Anda.

Selain sangat bermanfaat untuk perkembangan pertumbuhan tanaman, pupuk kompos kaya akan unsur hara dan nutrisi yang diperlukan bagi tanaman. Pupuk kompos juga ramah lingkungan yang membuat tanaman menjadi tumbuh dengan baik dan optimal.

Lebih jelasnya yuk simak cara membuat kompos organik dibawah ini.

Kumpulkan Sampah Organik Rumah Tangga

Sampah Organik Rumah Tangga

Pertama cara untuk membuat kompos yaitu mengumpulkan sampah dapur yang berasal dari bahan organik semisal buah dan sayur. Kedua bahan itu sangat mudah terurai yang sangat ideal menjadi bahan utama dalam membuat kompos organik. Namun Anda pastikan sampah itu masih dalam keadaan baik atau belum membusuk.

Baca Juga:  Panduan Cara Merawat Bibit Jeruk Dekopon Pasca Penanaman

Agar lebih mudahm Anda dapat memisahkan pada penampungan sampah rumah tangga dengan memisahkan sampah sayur dan buah. Juga sampah rumah tangga lainnya menggunakan wadah tempat sampah berbeda.

selanjutnya cara membuat kompot tersebut dengan memotong sampah organik itu sekitar ukuran 1 sampai 2 cm agar selama proses penguraian dapat terjadi lebih cepat. Selain itu dengan memotong ukuran yang kecil akan mempercepat penguraian yang dapat mempersingkat waktu mikrorganisme memprosesnya.

Siapkan Wadah Khusus untuk Proses Pengomposan

 

Wadah uCara Membuat Pupuk Organik Mudah Bagi Pemulantuk Proses Pengomposan

Kedua Anda dapat mempersiapkan waha khusus untuk malakukan proses pengomposan sampah organik. Pada proses ini, Anda dapat memanfaatkan ember, tong atau baskom yang telah dilubangin pada bagian bawahnya. Kemudian letakkan diatas susunan batu agar tidak menyentuh tanah secara langsung dan meminimalisir supaya tak terkena air.

Selanjutnya masukan sampah organik yang telah Anda potong kedalam wadah tadi, kemudian tutup pada bagian atas wadah menggunakan aluminium foil atau plastik agar proses penguraian menjadi lebih cepat.

Anda juga dapat menggunakan wadah lain yang Anda miliki dirumah, hal yang paling penting agar wadah tersebut dibuat khusus digunakan dalam proses pengomposan. Hal ini bertujuan agar tidak merusak dalam proses pengomposan nantinya.

Proses Penguraian Kompos Organik

Tahap ketiga yaitu proses penguraian bahan yang telah Anda simpan pada wadah. Bila Anda baru pertama kali membuat pupuk kompos, Anda dapat mencampurkan sampah organik dengan memakai bahan EM4, pupuk kandang serbuk gergaji atau ragi kompos untuk mempercepat proses pembusukan sampah. Kemudian Anda aduk seluruh bahan minimal seminggu sekali.

Untuk membuat pupuk kompos ini, Anda dapat mencampur sampah organik baru dengan sampah organik lama yang telah mengalami pembusukan. Karena sampah organik yang Anda simpan dalam wadah periode waktu yang lebih lama telah mempunyai banyak kandungan mikroarganisme yang dapat mempercepat proses penguraian sampah organik baru.

Baca Juga:  Budidaya Gaharu : Metode, Persiapan, Penanaman, Pemeliharaan Dan Penanganan

Bisa juga Anda memakai bahan selain EM4 yang mana bisa Anda dapatkan pada toko pertanian yang menyediakan mikrorganisme dalam penguraian.

Proses Pematangan Kompos

Tahap selanjutnya dalam membuat kompos, Anda dapat menunggu proses pematangan yang ada pada wadah. Namun perlu dipehatikan, semakin lama kompos organik di simpan pada wadah, maka suhu pada wadah tersebut akan semakin meningkat. Berkaitan dengan cara membuat kompos ini, Anda hanya menunggu proses pematangan sekitar 6 minggu samapai samapah organik tidak mengeluarkan bau busuk menyengat dan hanya mengeluarkan bau tanah.

Disamping itum Anda juga pastikan bahwa warna kompos telah berubah menjadi cokelat kehitaman dengan suhu kisaran 30C. Bila kriteria diatas telah Anda lihat, maka proses pembuatan pupuk kompos telah  berhasil dilakukan dan pupuk kompos tentunya siap untuk digunakan.

Kemas Kompos Agar Tahan Lama

Selanjutnya dalam cara membuat pupuk kompos yang terakhir yaitu pengemasan yang memakai wadah plastik agar awet dan tahan lama. Namun perlu diperhatikan dalam meremas kompos organik yang menggumapal samapai menjadi butiran halus dan mengayaknya agar lebih optimal.

Untuk penggunaan pupuk kompos, Anda dapt langsung mencampurkan kompos dengan media tanam berupa tanah.

Demikian penjelasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Mudah Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.