√ Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

2 min read

Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Memilih Bibit Durian. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan cara memilih bibit durian unggul dan berkualitas dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Pada dasarnya memilih buah durian tidak lah sulit, apabila mengetahui beberapa ciri dan cara yang tepat. Karena dengan memiliki bibit durian yang unggul serta berkualitas dapat menadi invest atau tabungan yang menjanjikan dimasa depan.

Bagi Anda yang memiliki beberapa lahan yang kosong, duarian menjadi pilihan sebagai tanaman yang perlu direkomendasikan. Sebagaimana pohon durian lainnya, pohon ini bila memiliki kualitas yang bagus maka dalam 3 tahun setelah penanaman dapat berbuah idealnya kisaran per batang pohon 9 buah dengan berbagai ukuran.

Semua itu bisa Anda dapat apabila memiliki bibit durian yang unggul serta berkualitas baik. Sehingga pada proses pertumbuhannya akan baik dan cepat berbuah. Di Indonesia termasuk banyak yang menggemari berbagai jenis buah durian. Yang mana buah ini menjadi salah satu kegemaran disebagian lapisan masyarakat.

Bagi mereka yang gemar memakan buah durian dapat membeli durian ini dengan haraga yang relatif cukup mahal. Meskipun bagi sebagaian yang senang juga memakan durian yang di bawah standard. Namun hal ini dapat Anda minimalisir bila dapat membudidayakan sendiri. Dengan memilih beberapa bibit jenis durian yang unggul maka hal diatas tidak lah sulit.

Baca Juga:  √ Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Memilih Bibit Durian

Melihat sampai sekarang ini, di Indonesia kebanyakan tersebar berbagai jenis bibit durian dari berbagai negara. Contohnya saja durian dari Thailand serta Malaysia. Dimana Kita juga memilki berbagai jenis bibit unggul lokal lainnya, hal ini mungkin belum diketahui bagi kebanyakan masyarakat.

Anda dapat menilai dari berbagai aspek yang ada seperti melihat dari ukuran, rasa, tekstur daging, biji, serta ketahanan buah ini dalam menghadapi berbagai penyakit seperti hama dan lain sebagainya.

Jenis dan Varietas Durian

Kami dapat merekomendasikan berbagai macam jenis dari verietas buah durian sepeti durian montong, musangking, durian merah, dan lain sebagainya. Sehingga sebelum Anda membudidayakannya dapat memilih jenis apa yang hendak Anda tanam terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya dapat Anda lihar beberapa ciri memilih bibit durian.

Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Ciri Bibit Durian Unggul dan Berkualitas

Pilih bibit dengan kondisi batang dan cabang yang terlihat kokoh dan kuat. Serta batang utama tampak lurus, batang tumbuh dengan tegak dan tidak melengkung, dan memiliki banyak cabang disegala arah.

Pilihlah bibit durian yang sudah berumur setidaknya 6 bulan.

Anda dapat memilih duarian dengan kualitas yang unggul yaitu memiliki batang pohon yang sehat, ukuran pohon yaitu kisaran antara 50 – 65 cm.

Pilihlah ukuran diameter batang setidaknya telah mencapai 1cm sampai 1,5cm.

Pilihlah bibit yang tidak memliki bubuk putih yang terdapat pada batangnya. Hal ini menandakan bahwa adanya bubuk putih di batang makan terdapat larva lalat daun didalamnya sehingga dapat menimbulkan masalah pada tanaman.

Pilihlah tinggi pada penempelannya kisaran 8 cm mulai pangkal leher sampai batang.

Pilihlah bibit dengan banyak daun, sekurang-kurangnya 8-10 helai daun.

Anda dapat memilih bibit kaki tunggal atau ganda. Pada bibit kaki ganda bisa membuat pertumbuhan menjadi optimal. Jika salah satu batang terserang kanker batang, maka masih ada batang lain sebagai cadangan.

Baca Juga:  Cara Menanam Durian : Menyemai, Proses, Perawatan, Masa Panen Dan Kesimpulan

Dengan mengetahui berbagai ciri dari memilih bibit yang baik, Anda juga harus mengetahui berbagai macam teknik dalam menanam buah durian. Karena dengan menanam buah durian yang baik makan akan mempercepat dalam proses pertumbuhannya. Serta Anda juga harus mengetahui beberapa teknik pembuahan di beberapa luar musim terutama musim panen.

Senlanjutnya metode pemangkasan pohon durian, perlu juga Anda mengetahuinya karena metode ini merupakan cara yang klasik yang hanya dimiliki sebagian orang saja. Karena dalam metode pemangkasan seorang petani harus mengetahui berbagai cara dalam memotong berbagai batang yang perlu saja. Sehingga dapat mempercepat dan menjadikan proses pertumbuhan menjadi lebih baik dan berkualitas.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Memilih Bibit Durian Unggul dan Berkualitas. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.