Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah

√ Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah

Diposting pada

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Anggur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam anggur dengan mudah dan singkat mulai dari pembibitan sampai panen. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut ini.

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah

Anggur adalah salah satu tanaman buah yang hidup dengan cara merambat berbentuk semak. Adapun cara menanam tanaman anggur biasanya di lahan tertutup dan diberikan tiang. Buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat lezat dan memiliki banyak manfaat. Ada banyak jenis anggur, di antaranya yaitu anggur hijau, merah, hitam, kuning, dan merah muda.

Anggur bisa/dapat dinikmati dengan cara dibuat jus, jelly atau dapat dimakan secara langsung. Manfaat Buah anggur memiliki kandungan senyawa yang dikenal dengan resveratrol dan polifenol aktif dalam metabolisme tubuh yang mampu untuk mencegah pembentukan sel kanker.

Cara Menanam Anggur

Banyaknya peminat yang membuat anggur dijual dengan harga yang cukup mahal. Oleh karena itu banyak dari petani yang tertarik untuk membudidayakan anggur karena mempunyai peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Banyak petani yang mencoba untuk menanam tanaman anggur, akan tetapi hanya sebagian kecil saja yang sukses. Hal tersebut itu disebabkan minimnya pengetahuan tentang budidaya anggur. Oleh karena itu pada artikel ini akan diulas bagaimana cara menanam anggur yang baik, agar dapat/bisa menghasilkan buah yang berkualitas.

Syarat Tumbuh Tanaman Anggur

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi agar anggur bisa tumbuh dengan baik. Sebenarnya tanaman anggur dapat/bisa tumbuh asalkan dirawat dengan baik. Tetapi untuk menghasilkan tanaman anggur yang produktif dan berkualitas maka harus memenuhi syarat-syarat berikut ini.

Iklim di Daerah Tanam Anggur

  • Tanaman anggur dapat/bisa tumbuh dengan baik, apabila ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki musim kemarau panjang sekitar 4 sampai 7 bulan
  • Hindari menanam anggur di daerah yang memiliki angin kencang. Karena hal tersebut tidak baik untuk pertumbuhan tanaman anggur.
  • Daerah yang baik untuk ditanami anggur setidaknya memiliki curah hujan 800 mm/tahun. Keadaan hujan terus menerus akan merusak bakal bunga serta menimbulkan bibit penyakit dan hama pada tanaman anggur
  • Tanaman anggur akan tumbuh dengan baik bila mendapat sinar matahari kering. Sehingga bisa memaksimalkan pertumbuhan vegetatif dan proses pembuahan.
  • Suhu yang bagus untuk tanaman ini berkisar 31 C pada siang hari dan 23 C pada malam hari serta kondisi kelembaban udara 75% sampai 80%

Kondisi Lahan Tanam Anggur

  • Usahakan untuk menyiapkan lahan yang subur dan mudah menyerap air, karena tanaman ini tidak tahan dengan genangan air.
  • Tinggi tanah tidak boleh kurang dari satu meter dari permukaan tanah.
  • Tanah yang baik untuk menanam anggur adalah jenis tanah lempung yang berpasir.
  • Kondisi kemasaman tanah (pH) berkisar 6,5 sampai 7,0.
  • Bila kamu telah menemukan daerah yang pas untuk budidaya tanaman anggur maka langkah selanjutnya adalah memulai tahap demi tahap menanam anggur.
Baca Juga:  √ Cara Beternak Hamster Panda Mudah Bagi Pemula

Memilih Bibit Tanaman Anggur

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari budidaya anggur langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan memilih bibit anggur yang berkualitas super. Seperti yang diketahui dari bibit yang baik, dapat/bisa memperbesar prosentase keberhasilan dalam menanam anggur.

Biasanya untuk mendapatkan bibit tanaman anggur dilakukan dengan cara men-stek tanaman indukan yang sudah teruji kualitasnya. Bibit anggur yang baik biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut antara lain :

  • Panjang stek tidak lebih dari 25 sampai 30 cm dengan 2 sampai 3 ruas
  • Batang stek berbentuk bulat dengan diameter 1 cm
  • Pada kulit batang berwarna coklat dan bagian bawah kulit berwarna hijau, tidak ada bercak hitam dan memiliki kandungan air (berembun)
  • Tunas yang tumbuh dari stek terlihat padat dan besar

Menyemai Bibit Anggur

Ketika telah mendapatkan batang anggur yang akan distek langkah selanjutnya adalah menyemaikan bibit anggur tersebut. Agar bibit bisa tumbuh dengan baik maka perlu dilakukan beberapa yakni:

  • Semaikan bibit stek dengan menggunakan pot atau polybag selama 5 sampai 7 hari.
  • Langkah selanjutnya adalah memindahkan bibit ke media semai di dalam pot atau polybag yang telah diisi media dengan campuran tanah, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan komposisi 1:1:1.
  • Sirami bibit secara rutin setiap pagi dan sore hari. Usahakan agar tanaman ini tidak tergenang air.
  • Ketika sudah berusia 2 bulan biasanya akan mulai tumbuh tunas-tunas baru dan akarnya mulai banyak.

Mempersiapkan Lahan Tanam Budidaya Anggur

Ketika bibit anggur yang disemai sudah mulai tumbuh tunas dan akar maka langkah selanjutnya yaitu mempersiapkan lahan tanam sebagai media tanam benih anggur. Untuk lahan tanam kamu bisa langsung menanamnya pada tanah atau bisa juga dengan cara menggunakan pot atau polybag dengan ukuran besar.

Berikut ini terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan dalam mepersiapkan lahan tanam yang baik untuk menanam anggur, anara lain:

  • Gemburkan lahan yang akan digunakan dengan cara dicangkul atau dibajak. Sekaligus untuk menghilangkan tanaman pengganggu seperti gulma dan rumput liar di lokasi lahan tanam.
  • Lakukan pengapuran dengan menggunakan dolomit apabila kondisi pH tanah kurang dari 5 (bersifat masam).
  • Buat bedengan pada lahan tanam dengan ukuran tinggi 50 cm dan lebar 150 cm dan panjang disesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki.
  • Berikan jarak antar bedengan agar dapat/bisa digunakan sebagai saluran air ketika hujan dengan jarak sekitar 100 cm.
  • Setelah bedengan selesai dibuat selanjutnya membuat lubang tanam dengan ukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm.
  • Setelah semuanya siap, diamkan lahan tanam sekitar 2 minggu agar terkena sinar matahari.
  • Setelah 2 minggu langkah selanjutnya adalah menanam anggur pada bedengan dengan cara mengisi lubang tanam dengan campuran pupuk kandang, tanah dan pasir dengan dosis 2:1:1.
Baca Juga:  Budidaya Kopi : Panduan Lengkap Hasil Melimpah

Menanam Benih Anggur

Ketika bibit anggur berusia 2 bulan di lahan semai biasanya sudah mulai tumbuh daun dan akar pada tanaman anggur. Hal itu sebagai isyarat bahwa bibit anggur sudah siap untuk dipindahkan ke lahan tanam yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Cara menanam anggur yang benar sebaiknya dimulai ketika musim kemarau. Masukan benih anggur pada lubang tanam, kemudian tutup kembali dengan tanah sebatas pangkal batang tanaman anggur tersebut

Setelah benih ditanam di lahan, langkah selanjutnya adalah membuat ajir dengan ketinggian 2 meter dari tanah yang berfungsi sebagai media rambat bagi tanaman anggur. Ajir ini bisa kamu buat dengan menggunakan bambu atau bahan lain yang bisa digunakan sebagai tempat rambat tanaman anggur.

Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah

Pemeliharaan Tanaman Anggur

Dalam proses budidaya anggur tahap perawatan merupakan tahap yang sangat penting. Karena hal ini akan berpengaruh pada tingkat kesuburan tanaman. Untuk masa awal tanam lakukan pemeriksaan rutin, apakah ada tanaman yang tidak tumbuh dengan sempurna. Bila ada, segera ganti dengan benih yang baru agar semua tanaman anggur bisa tumbuh seragam.

Lakukan penjarangan dan penyiangan dengan secara berkala. Penjarangan adalah proses menjauhkan beberapa tanaman yang tumbuh terlalu rapat sehingga bisa mengganggu pertumbuhan tanaman anggur yang lain. Selain itu pastikan lahan tanam agar tidak ditumbuhi oleh tanaman liar atau gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman anggur. Oleh karena pada penyiangan di sekitar tanaman sangat penting untuk menjaga kesuburan tanaman.

Untuk penyiraman pada budidaya anggur bisa dilakukan sekali sehari yakni ketika pagi atau sore hari. Ketika tiba musim penghujan kamu tidak perlu melakukan penyiraman karena tanaman ini tidak suka dengan keadaan tanah yang lembek dan banyak air.

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan perawatan tanaman ini yaitu pemberian pupuk secara berkala. Pemupukan bisa dilakukan ketika usia tanam berumur 90 hari dan dilakukan pemupukan susulan setiap 3 bulan sekali. Pupuk yang digunakan cukup dengan menggunakan urea dengan dosis 15 gr setiap lubang tanaman.

Panen Anggur

Pada tahap inilah yang paling banyak dinantikan oleh para petani, yaitu proses pemanenan tanaman anggur. Salah satu ciri buah anggur yang siap dipanen yaitu memiliki tekstur buah yang kenyal dan lunak, warna merata pada satu tandan buah serta butir-butir buah anggur mudah sekali lepas dari tandannya.

Petiklah anggur ketika masih pagi dan segera masukan ke dalam dos karton atau keranjang yang telah disiapkan. Hindari untuk menumpuk buah anggur dalam satu tempat karena akan menghancurkan buah ini.

Demikian penjelasan tentang Panduan Lengkap Cara Menanam Anggur Dengan Mudah. Semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Terima kasih.