Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar – Sobat Kebun, pernahkah Anda mendengar Bunga Asoka. Bunga Asoka sering dipakai dalam mempercantik halaman rumah. Bunga ini merupakan salah satu jenis bunga hias yang tentunya banyak di cari bagi pencinta tanaman hias. Dalam hal ini kami akan membahas mengenai cara menanam bunga asoka dengan benar.

Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar

Bunga asoka yang memiliki nama latin Saraca Indica, yang mana biasanya tumbuh bergerombol. Bukan hanya dari penampilannya yang menawan, bunga Asoka juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Disamping itu dalam perawatannya cukup mudah.

Dari berbagai kelebihan yang ada pada bunga Asoka tidak heran banyak pecinta tanaman hias yang sangat ingin menanam bunga asoka. Tidak hanya untuk sebagai tanaman hias dirumah, namun banyak juga yang  mengambil manfaat bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa langkah dalam menanam bunga asoka, antara lain yaitu:

Persiapkan Bibit

Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar

Anda dapat memakai dua cara untuk mempersiapkan bibit bunga asoka. Langkah pertama yakni dengan stek dan yang kedua yaitu dengan cara mencangkok. Pohon asoka yang dapat digunakan sebagai induk yaitu pohon yang telah mempunyai bunga produktif dan cantik. Hal ini bertujuan agar sifat dari bunga ini bisa menurun pada tanaman yang akan ditanam nantinya.

Persiapan bibit dengan cara stek

  • Agar dapat melakukan stek pada bibit bunga asoka Anda sebaiknya menyiapkan batang yang telah tua, dengan ukuran lebih dari 15 cm.
  • Bila sudah menemukan batang yang sesuai ukuran, Anda dapat memotongnnya memakai pisau atau dengan gunting potong. Tentunya Anda pastikan kebersihan alat potong tersebut, sebab alat potong yang kotor akan membuat tanaman menjadi terkena penyakit.
  • Simpan potongan batang tersebutpada air agar pada saat dipakai pada media semai masih tetap terjaga kesegarannya.
Baca Juga:  √ Panduan Cara Okulasi Jambu Jamaika Bagi Pemula Lengkap

Persiapan bibit dengan cara cangkok

  • Agar dapat melakukan cangkok pada bibit bunga asoka, Anda harus mempersiapkan batang yang sudah tua, umumnya batang memiliki ukuran lebih dari 15 cm.
  • kupas pada bagian kulit batang sampai terlihat bagian cambium terbuka
  • tutup pada bagian cambium dengan memakai campuran tanah dan pupuk kandang kemudian tutup dengan memakai sabut kelapa atau pelastik.
  • Bila memakai plastik, pastikan di beri lubang agar air dan akar dapat keluar
  • Ikat lapisan plastik secara rapat dan siram secara rutin.

Semai Bunga Asoka

Setelah Anda menyiapkan bibit asoka, tahapan selanjutnya yaitu melakukan penyemaian agar bibit bisa beradaptasi dengan baik. Hal ini betujuan agar pada saat bibit dipindahkan bisa tumbuh dengan baik pada lingkunan yang baru. Adapun tahapan penyemaian bunga asoka sebagai berikut:

  • Untuk media semai Anda dapat menggunakan polybag
  • Persiapkan campuran tanah dan pupuk kandang dengan komposisi yang sama
  • Taruh campuran tanah tersebut kedalam polybag samapi terisi setangah penuh polybag
  • Bila yang dipergunakan bibit dari stek, Anda dapat langsung menancapkan dengan kedalama sekitar 3-4 cm
  • Bila Anda memakai bibit dari pencangkokan, Anda dapat melepas sabut kelama atau plastik yang dipakai uantuk membungkus bibit. Namun perlu diperhatikan agar berhati-hati untuk melepaskan pelastik atau serabut kelapa agar tidak merusak akar atau batang
  • Posisikan bibit dalam keadaan tegak
  • Siram secara berkara sekira kondisi tanah menjadi lembab
  • Dalam waktu dua minggu akan tumbuh tunas dan daun muda yang mulai tumbuh.

Menanam Bunga Asoka

Dalam hal ini untuk menanam bunga asoka yang mulai tumbuh pada media semai, Anda dapat memindahkannya pada tempat yang lebih besar agar dapat berkembang dengan baik. Anda juga perlu memperhatikan cara menanam pohon yang benar agar pohon asoka dapat berdiri tegak dan tidak miring. Sebab hal ini akan mempengaruhi pertumbuhan dan bentuk saat bibit mulai tumbuh.

Baca Juga:  Memaksimalkan Anakan Padi

Perlu juga memperhatikan waktu penanaman, hindarkan penanaman pada siang hari sebab akan mempengaruhi kondisi tanah. Adapun waktu yang terpat dalam menanam yaitu pada saat pagi atau sore hari, sebab kondisi pada waktu tersebut tidak terlalu panas yang menjadikan kelembapan tanah masih bagus.

Siram tanah dengan memakai air secara berkala dan tentunya pastikan mendapatkan asupak sinar matahari yang cukup agar dapat berkembang dengan baik dan sempurna.

Perawatan Bunga Asoka

Dalam melakukan perawatan bunga asoka cukup mudah untuk dilakukan, Anda hanya memerlukan perawatan sederhana agar bunga asoka dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Pemupukan

  • Anda dapat melakukan pemupukan saat umur bunga asoka telah mencapai satu bulan
  • Pergunakan pupuk daun dan jangan salah memakai pupuk buah
  • Bila Anda salah dalam memberi pupuk akan menggangu proses pertumbuhan
  • Pupuk buah tersebut diperuntukan bagi pohon yang akan menghasilkan buah nantinya, sedangkan untuk pupuk daun diperuntukan pada tanaman agar memaksimalkan pada masa pertumbuhan daun dan bunga.

Penyiangan

Lakukan penyiangan pada tanaman parasit seperti gulam yang berada pada sekitaran tanaman bunga asoka agar tidak menghambat dalam proses pertumbuhannya. Tanaman ini akan mengabil nutrisi yang dibutuhkan oleh bunga asoka yang membuat tanaman asoka tidak dapat berkembang dengan optimal.

Pada saat masuk musim penghujan, tanaman bunga asoka akan mulai berbunga. Bunga asoka yang telah mekar dapat bertahan hingga mencapai 3 bulan.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Asoka Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba!!!!