Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar

Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar – Sobat Kebun, salah satu bunga yang sering dijadikan salah satu koleksi tanaman hias pada halaman rumah yakni Bunga Dandelion. Jenis bunga dandelion adalah jenis tanaman liar yang mempunyai keindahan untuk di pandang namun dapat tumbuh secara liar pada lahan kosong.

Pada tanaman dandelion tidak mempunyai kelopak bunga yang indah dan memiliki aroma yang wangi seperti halnya tanaman bunga hias lainnya. Akan tetapi dilain sisi bunga dandelion mempunyai filosofi yang kuat yakni dapat melambangkan kekuatan, kesederhanaan dan kesetiaan.

Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar

Jenis tanaman bunga yang memiliki nama latin Taraxacum Officinale yang lebih dikenal dengan julukan bunga randa tapak. Bunga dandelion bukan jenis bunga asli di Indonesia, bunga ini pertama kali di temukan pada wilayah Amerika Utara dan dataran Eropa.

Bagi Anda yang menginginkan membudidayakan dan menanam tanaman bunga dandelion, berikut ini langkahnya:

Tentukan Lokasi Tanaman Bunga Dandelion

Hal pertama yang harus dilakukan yakni menentukan lokasi yang dibuat sebagai tempat penanaman. Hal ini sangat penting dilakukan agar dapat mempermudah dalam proses selanjutnya.

  • Untuk menentukan lokasi yang akan di pilih dalam menanam bungan dandelion, sebaiknya Anda mencari tempat yang sesuai dengan habitat aslinya. Lokasi yang sesuai dengan habitatnya yakni lokasi dengan memiliki tempat terbuka pertihalnya dialam liar dan terkena paparan sinar matahari secara langsung.
  • Anda dapat memakai lahan pekarangan atau halaman di rumah Anda agar dapat dipakai sebagai tempat menanam bunga dandelion.
  • Setelah menentukan lahan yang cocok ditanam, dapat membuat lubang dengan ukuran 20x20x20 cm
  • Masukan 1-2 kg pupuk kandang pada lubang tersebut dan biarkan selama 1 minggu. Setelah satu minggu kemudian, Anda dapat menggemburkan tanah yang terdapat di sekitaran lubang tanam.
  • Selanjutnya lubang yang telah di diamkan selama satu minggu sudah dapat dipakai dan ditanam bibit bunga dandelion.
Baca Juga:  Cara Menanam Buah Blewah Agar Cepat Berbuah

Persiapkan Benih Dandelion

Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar

Ada berbagai macam varietas bunga dandelion, akan tetapi yang banyak dan sering di tanam dan dibudidayakan yakni jenis dandelion yang memiliki nama ilmiah Traxacum Officinale. Hal yang perlu dilakukan dalam mempersiapkan benih bunga dandelion yakni

  • Anda harus mengetahui kualitas dan jenis bibit tersebut
  • Anda dapat mencari bibit pada toko pertanian terdekat, baik secara online atau offline. Umumnya bila membeli secara online bibit dandelion kisaran harga 10 ribuan dengan isi 50 biji per bungkusnya.
  • Setelah itu Anda pastikan bibit yang telah dibeli siap ditanam dan tidak memerlukan proses tambahan lainnya
  • Agar dapat memperoleh informasi mengenai bibit dandelion secara spesifik dapat ditanyakan pada penjual bibit.

Mulai Proses Penanaman

Dalam memulai proses penanaman bunga dandelion, hal perlu dilakukan antara lain yaitu:

  • Penanam dapat dilakukan menggunakan biji bunga dandelion yang bisa langsung ditanam pada lubang media tanam
  • Anda juga dapat melakukan penyemaian terlebih dahulu pada benih dandeliom pada polybag. Lalu setelah tumbuh dapat dipindahkan pada media tanam yang lebih besar.

Sebaiknya dalam menanam tanaman bunga dandelion Anda dapat melakukan penyemaian bunga dandelion terlebih dahulu, berikut cara penyemaian bunga dandelion:

  • Taruh benih pada tempat yang terlindungi dari paparan sinar matahari langsung dan sejuk
  • Persiapkan polybag yang berisi media tanam dari capuran tanah, kompos dan sedikit pasir. Pada bagian bawah polybag agar diberi lubang sebagai drainase air saat melakukan penyiraman.
  • Kemudian setelah benih tumbuh, dapat Anda semai benih bunga dandelion pada media tanam tersebut.

Pemelihara dan Perawatan Dandelion

Dalam melakukan budidaya dandelion, pemeliharaan dan perawatan merupakan salah satu proses dalam menanam tanaman dandelion. Adapun proses pemeliharaan dan perawatan dandelion sebagai berikut:

Baca Juga:  √ Panduan Cara Merawat Tanaman Putri Salju (Dusty Miller)

Penyiraman

Dalam proses penyiraman, lakukan dengan menggunakan air bersih secara rutin pada pagi dan sore hari. Bibit yang baru ditanam, akan memerlukan asupan air yang cukup sebagai masa pertumbuhan. Bila penanaman dalam keadaan musim penghujan Anda dapat mengurangi melakukan penyiraman.

Pemupukan

Dalam tahap pemupukan dapat dilakukan dengan memberikan secara rutin setiap 3 minggu sekali mengunakan pupuk kandang.

Penyiangan

Dalam proses penyiangan Anda dapat melakukan mencabutan tanaman liar dan gulma yang ada disekitaran bunga dandelion. Proses ini dilakukan agar tidak mengganggu dalam proses pertumbuhan dan perkembangan bunga dandelion.

Panen Dandelion

Tahapan selanjutnya proses panen tanaman dandelion yang dapat dilakukan setelah mencapai usia tiga bulan. Walaupun dalam keadaan cuaca ekstrem tanaman dandelion akan tetap menghasilkan bunga.

Pada masa awal berbunga, bunga ini mempunyai warna kuning. Sedangkan bunga yang berwarna semakin putih bertanda umur tanaman dandelion semakin menua.Bunga dandelion mempunyai diameter 2-5 cm dan seluruh bunga terdiri dari sinar kuntum.

Tanaman dandelion memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral penting yang terdiri dari vitamin A, B, D, E kompleks, mangan, fosform kalium, magnesium, kalsium, natrium, seng dan tembaga. Disamping itu bunga dandelium memiliki kandungan serat dan zat lain seperti taraxasterol, asam klorogenat dan taraxerol.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Dandelion Dengan Benar, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.