Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

2 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga – Sobat Kebun, bagi Anda yang sangat menyukai berkebun dan menanam bunga yang indah di halaman rumah atau taman. Sebagai penghias dan menikmati keindahan bunga tentu kami rekomendasikan menanam bunga gladiol.

Bunga yang satu ini memiliki warna dan keindahan bunga yang sangat memukau. Ada sekitar 20 varietas jenis bunga galdiol yang banyak di minati sebagai tanaman hias. Lebih lengkapnya simak artikel mengenai menanam bunga gladiol berikut ini.

Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

Jenis bunga ini memiliki nama latin Agus Gladiol yang mana bunga gladiol merupakan salah satu bunga dengan memiliki warna eye catching yang banyak diminati. Bunga gladiol ini sudah menjadi favorit sebab disamping cara membudidyakan dan menanamnya cukup mudah. Bunga yang sering dibuat sebagai tanaman hias atau sebagai isian dala buket bunga.

Di Indonesia bunga gladiol mulai ada sejak tahun 1988, bunga ini berasal dari dataran eropa. Pada saat ini jenis dari varietas bunga gladiol ada sekitar 20 yang hidup di Indonesia. Bunga gladiol mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi dan tentunya mudah untuk dibudidayakan sebab bisa tumbuh dengan ketinggian 600 sampai 1400 meter diatas permukaan laut.

Bila Anda sedang mencari kesibukan agar dapat memanfaatkan waktu dan dapat menjadi investasi dimasa depan. Tentu Anda dapat mencoba untuk mengisinya dengan cara menanam bunga gladiol dirumah Anda.

Dengan adanya kegiatan menanam dirumah, disamping dapat menjadi hiasan halaman atau kebun rumah Anda. Kegiatan menanam ini juga dapat di manfaatkan agar dapat memperoleh kesehatan pada tubuh Anda, menjaga melestarikan alam dan tentunya dapat mengambah penghasilan Anda.

Baca Juga:  Bonsai Sancang : Cara Membuat dan Perawatannya Bagi Pemula

Pemilihan Bibit Bunga Gladiol

Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga

Agar dapat menghasilkan bunga gladiol yang baik tentunya Anda harus mencari bibit bunga gladiol yang baik pula dengan cara sebagai berikut:

Membeli di toko pertanian

Anda dapat memiliki bibit bunga gladiol dengan medapatkannya ditoko pertanian terdekat. Dengan memilih varietas bunga gladiol mana yang akan Anda tanam di ktebun atau halama rumah Anda. Kelebihannya tentu akan dapat dengan mudah memilih bibit bunga gladiol yang unggul.

Menggunakan Umbi

Anda dapat mencari umbi yang memiliki kualitas baik

  • Umbi yang berkualitas baik mempunyai bentuk yang tebal dan gemuk
  • Cari umbi yang berkualitas tinggi.
  • Umbi gladiol berkualitas tinggi memiliki bentuk yang gemuk dan tebal.
  • Semakin besar dari diameter umbinya akan mungkin bunga gladiol dapat tumbuh menjadi besar
  • Anda harus pastikan keadaan umbi tidak cacat

Menggunakan Anakan

Tanaman gladiol yang telah tumbuh besar dapat di ambil anakan umbinya yang tumbuh pada sekitaran tanaman gladiol yang telah besar. Untuk mengambilnya Anda dapat pisahkan perlahan umbi gladiol dan tentunya jangan sampai daunnya terputus.

Persiapan Media Tanam

Setelah tersedianya bibit bunga gladiol Anda dapat mempersiapkan media tanam, sebagai berikut:

  • Dalam membudidayakan tanaman gladiol hampir sama dengan jenis tanaman yang lain. Tidak sulit, namun perlu diperhatikan bahwa tanaman ini lebih cenderung cocok berkembang pada daerah yang memiliki ketinggian 600-1400 mdpl.
  • Budidaya gladiol akan dapat berkembang dengan cukup baik bila media tanam yang dipakai mempunyai nutrisi yang cukup bagi tanaman. Pastikan pada media tanam agar mempunyai saluran drainase yang baik. Baik memakai penanaman sistem pot atau dengan menggunakan tanah.
  • Umbi yang telah diambil dapat diletakkan pada korang atau kertas bekas agar dapat dikeringkan.
  • Kemudian umbi dapat dibiarkan pada tempat yang kering selama 2 sampai 3 minggu agar dapat dipakai menjadi umbi baru yang siap di tanam.
  • Pilih lokasi pada tempat terbuka, namun tidak terkena terik matahari secara langsung supaya bunga tidak terlalu kering.
  • Anda dapat sisipkan pupuk kompos, sekam, tanah dengan rasio komposisi perbandingan 1:1:1.
  • Buat lubang dengan memiliki kedalaman kisaran 15 – 18 cm, dan beri jarak tanam umbi sekitar 20 cm.
  • Siram pada tanaman secukupnya, bila keadaan cuaca panas dapat di siram sebanyak dua kali sehari.
Baca Juga:  Cara Menanam Bawang Merah Mudah dan Praktis

Perawatan Bunga Gladiol

Agar dapat menanam bunga gladiol dan menghasilkan tanaman gladiol yang baik, tentu harus memperhatikan dalam perawtan bunga gladiol sendiri. Adapun langkah dari perawatan bunga gladiol sebagai berikut:

  • Pilih batang gladiol yang telah tumbuh kuncup bunganya
  • Potong pada bagian batang tersebut secara diagonal dengan menggunakan pisau tajam agar terhindar dari daun yang tidak diinginkan terpotong. Dalam pemotongan dapat dilakukan pada pagi dan sore hari.
  • Siapkan vas bunga yang  telah di isi air, larutan pengawet, gula dan pembasmi kuman. Berikan dengan perbandingan rasio 1 liter air, 1 sendok makan pemutih, 2 sendok teh gula dan 1 sendok teh cuka.
  • Letakkan potongan bunga itu didalam vas dengan air hangat dan dengan tambahan larutan pengawet, pembasmi kuman, dan gula tadi.
  • Letakkan potongan tersebut di dalam vas dengan air hangat serta dengan tambahan larutan pengawet, gula dan pembasmi kuman tadi.
  • Bila bunga yang sudah di inginkan untuk mekar, tambahkan jumlah gula dalam vas tersebut, bila sebelumnya sebanyak 1 % Anda dapat menambahkan sampai 10 %.
  • Agar dapat mempercepat proses pemekaran, dapat disimpan pada tempat atau ruangan yang lebih hangat.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Gladiol Agar Cepat Berbunga, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.