Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang

4 min read

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang berikut ini.


Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang


Tumbuhan adenium ataupun diketahui pula dengan tumbuhan bunga kamboja jepang ialah salah satu tipe bunga yang jadi tren serta kesukaan untuk banyak penyuka tumbuhan hias hingga saat ini.

Tumbuhan bunga tersebut sesungguhnya berasal dari wilayah beriklim kering semacam di wilayah gurun pasir ataupun sabana di daerah Asia Barat serta Afrika.

Nama adenium sendiri ialah nama yang berasal dari kata Aden yang ialah ibukota dari negara Yaman, yang merupakan salah satu tempat di mana tumbuhan ini berasal serta menyebar.

Tumbuhan adenium pula diucap kamboja jepang sebab bunga bercorak pink semacam bunga sakura yang terdapat di Jepang.

Tumbuhan hias adenium merupakan tumbuhan yang menawan serta unik dan kerap dijadikan tumbuhan hias bonsai oleh para penggemar tumbuhan.

Bunganya yang indah serta menawan jadi salah satu alasan kenapa banyak yang menggemari tumbuhan ini.

Tidak hanya itu wujud batang serta akarnya yang unik menaikkan daya tarik dari tumbuhan tersebut.

Tumbuhan ini bisa berkembang dengan baik diiklim tropis semacam di Indonesia, kecuali di daerah dataran tinggi serta udara dingin.


Kenali Sifat Bunga Kamboja Jepang

Saat sebelum beranjak jauh pada proses penanaman bunga kamboja jepang, terdapat perihal yang wajib Kamu perhatikan ialah mengidentifikasi gimana sifat berkembang dari bunga tersebut.

Jadi bunga menawan ini tidak hendak bertumbuh dengan baik pada wilayah lembab.

Serta apabila bunga ini diletakkan pada tempat yang gampang terserang cahaya matahari secara langsung, maka bisa ditentukan kalau bunga kamboja ini bisa berkembang dengan produktif serta pula sehat.

Oleh karena itu, Kamu wajib menjauhkan bunga ini dari tempat yang lembab serta hindarkan pula dari tempat yang kurang pencahayaan.

Perihal selanjutnya yang pula wajib Kamu tahu ialah, janganlah memakai media tanam tanah yang sifatnya gampang meresap air.

Perihal tersebut bisa membuat pangkal tumbuhan pada bunga kamboja jepang ini gampang membusuk sebab sifat dari bunga ini pula tidak bisa berkembang di wilayah yang temperatur iklimnya besar ataupun bercuaca dingin.

Baca Juga:  Cara Budidaya Ikan Palmas : Kriteria, Pemijahan, Pemeliharaan Dan Panduan

Jadi, sangat sesuai sekali bila Kamu meletakkannya pada halaman depan rumah yang langsung terserang sinar matahari tanpa wajib takut kalau tumbuhan bisa mengering, layu, serta lain sebagainya.

Sehabis Kamu mengenali watak berkembang bunga menawan ini, maka berikut ini merupakan tipe tanah yang sesuai buat menanam bunga kamboja jepang.


Tipe Tanah Yang Sesuai Buat Bunga Kamboja Jepang

Bila dikenal dari sifat tumbuhnya yang telah dipaparkan di atas kalau bunga kamboja jepang ini sangat menghendaki media tanam yang kering, tidak mengikat air, serta porous.

Apabila tanah kurang porous, makaa bunga kamboja rentan dihinggapi oleh penyakit.

Tetapi media yang sangat lembab pula bisa membuat air jadi tertahan sehingga tingkatan kelembaban terus menjadi tinggi serta belum lagi jika telah merambah masa hujan.

Dampaknya pangkal bunga kamboja hendak cepatt membusuk. Bunga kamboja jepang ini pula tidak bisa ditanam pada tanah merah serta pula tanah liat yang mempunyai sifat pengikat air yang sangat besar.

Buat derajat keasaman pH pada media tanam yang sesuai buat bunga kamboja jepang ini ialah 5,5 hingga 6,5.

Buat media tanam tanah yang sangat sesuai buat menanam bunga hias ini merupakan pasir, sekam biasa, sekam bakar, tanah arang, tanah bakar, serta cocopeat.

Di Indonesia sendiri, media tanamnya bisa diramu dengan metode yang bermacam-macam serta pastinya wajib bersifat kering serta pula porous.

Kombinasi media tanam tanah yang baik buat proses tanam kamboja jepang ini merupakan arang sekam, pasir, cocopeat, zeolit, serta pula pupuk lengkap dengan memakai perbandingan 37:30:30:2:1.

Komposisi inilah yang bisa mendukung berkembang kembang tumbuhan serta buat media pasir yang digunakan, hendaknya dicuci lebih dahulu saat sebelum digunakan.

Apabila pasir telah terbebas dari lumpur serta pula kotoran tanah, makaa bisa langsung diayak dengan memakai ayakan yang berkasa kawat nyamuk.

Jadi yang digunakan tidaklah pasir yang halus ataupun hasil ayakan melainkan pasir yang besar yang tidak lolos dari ayakan.

Segala media memanglah wajib dibersihkan lebih dahulu saat sebelum digunakan serta perihal ini biar benih bunga kamboja tidak gampang terkena penyakit.

Metode yang bisa dicoba ialah dengan mengukus serbuk kelapa selama 2 jam serta pupuk kandang yang dibutuhkan merupakan pupuk matang yang telah steril yang umumnya bercorak gelap pekat.

Perihal ini sangat dibutuhkan buat menghindari terdapatnya kuman yang bisa mengganggu bunga.

Sehabis mengenali tipe tanah yang sesuai digunakan buat menanam bunga kamboja jepang ini, maka selanjutnya Kamu wajib memastikan bibit bunga kamboja.

Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang


Metode Menanam Bunga Adenium

Tumbuhan adenium memerlukan sebagian keadaan supaya bisa berkembang dengan baik.

Baca Juga:  Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Di antara lain merupakan tumbuhan ini wajib ditanam ataupun dibudidayakan di daerah dataran rendah yang panas, Wajib ditaruh ditempat dengan cahaya matahari langsung.

Memakai media tanam yang tidak mudah ataupun gampang meresap air dan hindari dari tempat-tempat yang dingin sebab bunga adenium cuma berbunga bila ditaruh ataupun ditanam di wilayah dengan cuaca panas.

Persiapan Bibit Adenium

Metode menanam adenium yang awal merupakan mempersiapkan bibit adenium.

Buat bibit bunga adenium sendiri Kamu dapat memakai bibit berbentuk biji ataupun dapat pula dengan memakai tata cara stek dari tumbuhan adenium lain yang mempunyai mutu besar serta sehat.

Kalian pula dapat membeli bibit tumbuhan adenium di toko tumbuhan hias terdekat ataupun melalui jasa toko online tumbuhan hias kami.

Persiapan Wadah Tanam Pot

Berikutnya merupakan persiapan wadah tanam berbentuk pot maupun wadah lain yang mau Kamu pakai.

Tetapi buat pot tumbuhan adenium, terdapat sebagian perihal yang wajib Kamu perhatikan.

Pot yang Kamu pakai minimun mempunyai diameter sebesar 50 centimeter buat dapat menampung pangkal dari tumbuhan tersebut.

Bahan pot dapat dari plastik maupun dari semen, serta hendaknya hindari penggunakan pot tanah liat sebab pot tersebut dapat rusak akibat dari pangkal tumbuhan adenium yang menekan pot.


Persiapan Media Tanam

Metode menanam tumbuhan adenium berikutnya merupakan mempersiapkan media tanam yang hendak kita pakai.

Media tanam buat adenium yang baik serta bagus merupakan yang tidak sangat gampang buat meresap air serta tidak sangat lembab.

Media tanam dapat berbentuk kombinasi dari pasir, arang sekam, pupuk, sekam mentah dengan perbandingan 2:1: 2:1 serta diaduk sampai tercamput rata.

Media tanam dibiarkan sepanjang 10 hari didalam pot ataupun di tempat lain serta dibiarkan terserang cahaya matahari langsung.

Proses Penanaman Adenium

Berikutnya merupakan proses penanaman dari tumbuhan adenium yang kita mau. Sehabis 10 hari, media tanam kita masukan kedalam pot yang sudah kita persiapkan tadinya.

Buatlah lubang di bagian tengah pot dengan memakai jari tangan ataupun perlengkapan lain yang disesuaikan dengan dimensi bibit tumbuhan adenium.

Tanam bibit setelah itu ditutup kembali dengan tanah. Bila Kamu menanam dengan tata cara stek, tanam dengan kedalaman hampir separuh dari batang tumbuhan tersebut.

Buat penyiraman, Kamu cuma butuh melaksanakannya sesekali saja dengan menyemprotkan memakai perlengkapan semprot.

Tiap 1 ataupun 2 bulan, Kamu pula dapat meningkatkan air tersebut dengan pupuk yang dicampurkan di dalamnya.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Bunga Kamboja Jepang dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.