Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah

3 min read

Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah

Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah – Sobat Kebun, bunga kenangan merupakan bunga yang mempunyai wangi yang harum dan beragam warna yang indah. Bunga kenanga yang mempunyai nama latin Cananga Odorata yang juga sering dipakai sebagai bahan pembuatan parfum.

Walaupun terkadang bunga kenanga dipakai sebagai penghias makan, namun tidak sedikit yang memanfaatkan bunga kenanga sebagai penghiar rumah.

Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah

Penggemar bunga ini pun tak hanya di Indonesia saja, bahkan sudah mencapai ke mancanegara. Angka penjualan bunga kenanga kian meningkat pada tiap tahunnya. Tercatat bahwa negara seperti Chili, India, Vietnam dan negara lainnya menjadi konsumen setia bunga ini. Agar lebih jelasnya yuk simak artikel mengenai menanam bunga kenanga berikut ini:

Pahami Manfaat Bunga Kenanga

Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah

Disamping banyak manfaat yang telah dijelaskan di atas, ternyata bunga kenanga mmiliki beragam manfaat lainnya. Berikut manfaat dari bunga kenanga:

Aromaterapi

Bunga kenanga terkenal memiliki kandungan minyak atsiri yang mana sering dipakai sebagai bahan alternatif dalam pembuatan parfum aromatherapi.

Kandungan yang dimiliki bunga kenanga ini sangat efektif sebagai merileksasikan adrenalin yang memberikan efek tenang, dan menghilangkan rasa gelisa, panik atau marah.

Bahan Luluran

Bunga kenanga juga terkenal sejak zaman dahulu yang digunakan sebagai bahan dasar perawatan tubuh. Dengan adanya minyak atsiri yang terkandunga dalam bunga kenanga sangat efektif dalam membuat kulit menjadi halus dan kencang. Tidak herab bahwa bungak kenanga sering dugunakan sebagai masker wajah dan bahan luluran.

Mencegah Bau Badan

Manfaat lainnya dari bunga kenanga yakni untuk mengatasi masalah bau badan. Caranyapun cukup mudah Anda hanya merebus bunga kenanga sebanyak 15 gr dalam 600 cc air.

Anda juga dapat menambahkan gula batu agar memberikan rasa manis dan menghilangkan rasa pahit. Lalu saring dan minum air rebusan bunga kenanga secara rutin.

Baca Juga:  Kalkun : Pengertian Kalkun, Jenis Dan Sistem Budidaya Ayam Kalkun

Dengan memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan kaya akan manfaat, Anda dapat memperoleh keuntungan yang tinggi. Bila Anda tertarik untuk membudidiyakan tanaman bunga kenanga, maka dapat mengikuti langkah sebagai berikut:

Persiapkan Lahan

Seperti hal dalam menanam bunga pada umumnya, Anda harus mempersiapkan lahan yang akan dugunakan untuk menanam bunga kenanga. Anda dapat mempersiapkan pot atau memanfaatkan lahan yang ada pada halaman rumah Anda. berikut adalah tahapan dalam mempersiapkan lahan tanam:

  • Perlu diperhatikan tekstur tanah yang akan dibuat sebagai lahan tanam, dengan ketentuan kondisi tanah gembur dan memiliki kelembapan yang cukup
  • Bila lahan dalam kondisi kering Anda dapat menambahkan pupuk lalu gemburkan tanah tersebut, selanjutnya siram secara rutin dan tanah siap untuk ditanam
  • Pastikan juga lahan mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup
  • Bila Anda memanam pada pot, agar memilih pot dengan ukuran sedang.

Pembenihan dan Penyemaian Kenanga

Setelah Anda telah menyiapkan tanah, selanjutnya yakni melakukan proses pembenihan dan penyemaian. Anda dapat membeli bibit bunga kenanga pada toko yang menjual bibit kenanga atau juga dapat membeli do toko online.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan bunga kenanga yang sudah tua sebagai bibit bunga kenanga serta dapat juga melakukan dengan cara stek.

Menanam Bibit Bunga Kenanga

Bibit yang telah tumbuh menjadi tunas akan dapat ditanam pada usia 5 sampai 6 uan dan mempinya tinggi kisaran 30 – 50 cm. Berikut langkahnya:

  • Setelah satu bulan sebelum bibit ditanam, perlu memperhatikan kondisi lahan yang telah dipersiapkan sebelumnya
  • Pastikan kondisi tanah dalam keadaan gembur, Anda dapatmenambahkan air atau tanah agar memiliki nutrisi yang cukup.
  • Buat lubang tanam dengan memakai cangkul atau sekop kecil dengan memiliki kedalaman 10 – 15 cm
  • Perhatikan jarak lubang tanam dengan kisaran 60 – 100 cm
  • Keluarkan bibit bunga kenanga dari dalam polybag dan masukkan dengan secara perlahan agar akar dan batang tidak rusak
  • Tutup kembali lubang tanam dan padatkan agar tanaman dapat berdiri tegap
  • Untuk menghasilkan tanaman yang optimal Anda dapat menanamnya pada musim penghujan, bila Anda menanam pada musim panas perlu memperhatikan kondisi kelembapan tanah.
  • Siram tanaman secara rutin agar terpenuhi asupan air yang cukup, dan hindari tergenangnnya air.
Baca Juga:  √ Panduan Cara Okulasi Jambu Jamaika Bagi Pemula Lengkap

Perawatan Bunga Kenanga

Hal yang perlu dilakukan selanjutnya, yaitu perawatan bunga kenanga yang menjadi kunci penting untuk budidaya bunga kenanga. Namun tidak perlu risau sebab tanaman ini sangat cocok pada iklim tropis di Indonesia.

Penyiraman

Lakukan penyiraman secara berkala, bila keadaan cuaca panas Anda dapat melakukannya secara rutin. Adapun langkahnya sebagai berikut:

  • Pada umur 7 sampai 10 bulan, penyiraman dapat dilakukan dengan memakai air yang di campur dengan pupuk. Hal ini bertujuan afar membuat tanam menjadi subur serta membantu dalam proses pertumbuhannya.
  • Bila tidak memiliki pupuk cair organik, Anda dapat memakai air bekas cucian beras yang telah didiamkan selama 2-4 hari.
  • Air bekas cucian beras ini dapat dipakai sepertihalnya pupuk pada umumnya.
  • Setelah umur 7 sampai 10 bulan, penyiraman dapat memakai air biasa.

Perhatikan juga kondisi cuaca, bila dalam keadaan cuaca panas dapat dilakukan penyiraman 2 kali dalam satu hari. Namun bila sedang musim penghujan Anda dapat mengurangi dengan menyesuaikan intensitas hujan.

Pemangkasan

Lakukan pemangkasan secara berkala setiap satu bulan sekali, agar tanaman dapat tumbuh dengan subur dan rapih. Anda dapat melakukan pemangkasan dengan memakai gunting atau pisau kecil, dan hindari pemangkasan langsung dengan mematahkan ranting sebab dapat menggangu perumbuhan tanaman dan merusak teksturnya.

Lakukan Pemupukan dan Penyiangan

Anda dapat melakukan pemupukan dan penyiangan agar terhindar dari hama dan penyakit. Melakukan pemupukan lanjutan pada setiap 3 sampai 4 minggu sekali serta lukan juga penyiangan dengan minghilankan tanaman liar dan gulma yang menggangu pertumbuhan tanaman.

Panen Bunga Kenanga

Bunga kenanga dapat dipanen bila keadaan bunga mekar dengan sempurna. Anda dapat memperhatikan dengan melihat warna kelopak bunga yang telah menjadi kuning tua dengan harum yang semerbak.

Demikian penjelasan mengenai Panduan Cara Menanam Bunga Kenanga Dengan Mudah, semoga dapat bermanfaat dan selamat mencoba.