Cara Menanam Coklat

5 min read

Cara Menanam Coklat

Cara Menanam Coklat – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Coklat. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Coklat bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Coklat berikut ini.


Cara Menanam Coklat


Coklat ialah tipe makanan olahan yang sangat digemari banyak orang sebab rasanya yang sangat lezat. Bermacam  makanan olahan juga banyak memakai coklat sebagai bahan campurannya.

Mulai dari anak-anak apalagi lanjut usia sangat menggemari coklat, serta nyaris seluruh makanan yang mereka konsumsi mayoritas mempunyai isi coklat.

Buat mengenali lebih lanjut, berikut sedikit data menimpa coklat. Coklat ialah makanan yang berasal dari biji buah kakao yang diproses sedemikian rupa sampai jadi bahan olahan yang lezat.

Tumbuhan kakao sendiri mempunyai nama latin Theobroma cacao L, ialah salah satu tipe tumbuhan perkebunan yang berasal dari Amerika selatan yang setelah itu tersebar di beberapa Negara tropis salah satunya di Indonesia.

Sebab termasuk tanaman perkebunan, maka kakao mempunyai waktu panen yang musiman semacam tanaman perkebunan yang lain, kakao bisa dipanen dalam waktu tahunan.

Tidak hanya sangat banyak peminatnya, biji kakao yang dijadikan bahan olahan coklat sendiri mempunyai banyak sekali isi gizi yang baik buat badan.

Isi Gizi Biji Kakao (Coklat)

  • Kalori
  • Lemak
  • Natrium
  • Kalium
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Protein
  • Vit A, D, B12
  • Glukosa

Banyaknya isi gizi pada coklat membuat semakin menjadi banyak orang yang mengkonsumsinya.

Tidak hanya berguna bagaikan peningkat nutrisi maupun kesehatan badan semacam melindungi isi gula darah, menolong proses diet, tingkatkan energi kerja otak, coklat pula banyak sekali dimanfaatkan bagaikan bahan kombinasi perawatan badan.

Semacam yang kita tahu banyak sekali industry besar sampai rumahan yang membuat bermacam produk kecantikan berbahan dasar coklat, semacam lulur coklat, hand and body lotion coklat, masker coklat serta masih banyak lagi.

Ini sebab dengan isi yang ada pada coklat, sanggup memperindah kulit, membuat kulit jadi kencang, awet muda apalagi bebas dari bermacam berbagai penyakit kulit.

Tetapi sebab harga coklat yang mahal, sebagian orang memilih buat menghalangi jumlah konsumsinya terhadap coklat.

Tetapi kamu tidak perlu takut sebab kamu bisa menanam tanaman coklat sendiri sehingga kamu bisa membuat coklat buatan kamu sendiri.


Langkah serta Metode Budidaya Coklat (Kakao)

Untuk Kamu yang penasaran dengan metode budidaya coklat ataupun kakao, ayo kita amati langkah-langkah metode budidaya coklat berikut ini.

Pemilihan Biji Coklat/benih

Metode awal yang wajib Kamu jalani saat sebelum menanam kakao merupakan memilah biji kakao.

Biji coklat yang diseleksi merupakan biji bermutu baik yang baik buat ditanam, pastikan Kamu memilah bijinya dengan teliti serta cermat sehingga biji yang berkembang menciptakan buah bermutu besar nantinya.

Buat memperoleh biji kakao ataupun menanam biji kakao, Kamu bisa mengambilnya langsung dari buah kakao tua ataupun apalagi lebih baik.

Bila Kamu membelinya dari petani kakao yang mempunyai pengalaman baik dalam menanam kakao sebab agak susah memperoleh biji kakao di pasaran.

Ada pula ciri biji kakao bermutu baik serta layak tanam:

  • Tidak terdapat corak ataupun bercak gelap pada biji
  • Permukaan biji halus serta mempunyai wujud agak persegi
  • Benih nampak fresh dengan corak putih agak kekuningan
  • Dikala direndam dalam air jangan mengapung
  • Kala diambil dari buah, segala buah serta biji tidak dimakan oleh serangga ataupun hama lainnya
Baca Juga:  Cara Menanam Terong Ungu

Pembibitan Biji Coklat

Langkah berikutnya saat Kamu sudah memilah kacang penanaman yang bermutu serta sesuai, Kamu wajib menyemainya lebih dahulu.

Penyemaian biji kakao sama dengan penyemaian pada biasanya, namun sebelumnya Kamu wajib mempersiapkan media penyemaian terlebih dulu, ialah polybag kecil, tanah serta pupuk dan air.

Berikut ini merupakan langkah-langkah buat pembibitan kakao:

  • Siapkan kombinasi sekam, tanah, serta pula pupuk organik semacam pupuk kompos serta kandang dan kombinasi ini mempunyai perbandingan ialah 2:1:2.
  • Sehabis kombinasi tanah siap, masukkan ke dalam polybag kecil cuma dalam 3 perempatnya.
  • Buat lubang kecil di tiap polybag memakai jari telunjuk Kamu seukuran biji cokelat yang ditanam.
  • Masukkan kakao ke dalam lubang serta tekan dengan lembut, kemudian tutup dengan kombinasi tanah hingga agak penuh serta kakao tertutup dengan baik.
  • Upayakan buat satu polybag yang memiliki satu biji kakao sehingga perkembangan tunas tidak tersendat serta dapat berkembang dengan baik.
  • Siram memakai semprotan dengan sedikit air sampai keadaan air lembab serta air secara tertib 2 kali satu hari tiap pagi serta sore. Perkenankan kuncup berkembang serta bibit berusia 4 sampai 6 bulan.

Cara Menanam Coklat


Lahan Tanam Cokelat

Pertama-tama perhatikan area dekat Kamu, tumbuhan kakao bisa berkembang setinggi 5 sampai 10 m, untuk itu Kamu memerlukan lahan yang agak luas ataupun bila Kamu mau menanamnya dalam pot, Kamu wajib sediakan pot besar.

Kamu bisa menanam kakao di pekarangan ataupun halaman dengan lahan yang luas serta pastikan ada sedikit naungan ataupun tumbuhan serta kondisi yang agak teduh buat penanaman.

Kriteria buat zona penanaman yang pas buat menanam kakao:

  • Tanah wajib gembur serta mempunyai banyak nutrisi serta memiliki sedikit tanah liat. Bila tanahnya agak keras maka Kamu dapat melonggarkannya memakai cangkul ataupun sekop.
  • Serta perhatikan kesuburan tanah, bila tanah nampak kering serta tidak produktif, maka Kamu diharuskan menggabungkan pupuk pada tanah serta air hingga tanahnya mempunyai tekstur yang longgar serta produktif. Dianjurkan supaya Kamu memakai pupuk organik semacam kompos ataupun pupuk kandang.
  • Dengan memakai pupuk organik, tanah dilahan Kamu tidak hendak hadapi kehancuran ataupun pergantian tekstur.
  • Sebelumnya Kamu pula wajib membenarkan kalau lahan penanaman bersih dari gulma ataupun gula sehingga tumbuhan kakao bisa tumbuh di setelah itu hari.

Menanam bibit cokelat

Sehabis memastikan jarak tanam, penentuan pola tanam pula wajib dicermati. Penentuan pola tanam bertujuan buat memaksimalkan jumlah tumbuhan per hektar.

Memaksimalkan gfungsi tumbuhan pelindung serta meminimalkan kerugian yang mencuat pada nilai kesuburan tanah.

Pola tanam yang kerap digunakan pada perkebunan cokelat merupakan pola tanam segi 4 ataupun pola tanam berpagar ganda.

Pada pola tanam segi 4, tumbuhan pelindung segi 4 tidak ada jarak antar 2 barisan tumbuhan kakao. Tumbuhan pelindung pas terletak di pertemuan diagonal 4 tumbuhan kakao.

Pada pola tanam segiempat, tumbuhan pelindung segitiga pula sama. Perbedaannya pada letak tumbuhan pelindung diantara 2 gawangan serta 2 barisan yang membentuk segitiga sama sisi.

Pada pola tanam berpagar ganda, sebagian barisan tumbuhan kakao dipisahkan 2 kali jarak tanam yang sudah ditetapkan dengan sebagian tumbuhan kakao selanjutnya.

Dengan pola tersebut ada ruang diantara barisan tumbuhan kakao yang dimanfaatkan bagaikan jalur buat pemeliharaan.

Tumbuhan pelindung segitiga serta tumbuhan pelindung segi 4 sama polanya semacam tumbuhan pelindung terdahulu.

Baca Juga:  √ Cara Membuat Pakan Ayam Padaging Sendiri Hemat dan Praktis

Saat sebelum menanam terdapat perihal yang perlu dicermati lagi ialah pembuatan tumbuhan penutup tanah.

Perihal itu dicoba buat menaikkan kesuburan tanah, mempertahankan susunan atas tanah dan menghindari perkembangan gulma pengganggu.

Tumbuhan penutup tanah umumnya merupakan tipe kacang-kacangan serta ditanam 2-3 baris diantara barisan tumbuhan kakao.

Sesi berikutnya saat sebelum menanam bibit kakao merupakan membuat lubang tanam. Lubang tanam terbuat 2-3 minggu saat sebelum menanam bibit.

Pembuatan lubang tersebut dibuat pas pada titik jarak tanam yang sudah didetetapkan sebelumnya dengan dimensi 40×40×40 centimeter, 50×50×50 centimeter ataupun 60×60×60 centimeter.

Dimensi lubang sesuai dimensi polybag. Tiap lubang tanam diberi kapur dolomit dengan dosis sesuai kebutuhan. Perkenankan beberapa hari ataupun sehabis tersiram air hujan.

Sehabis beberapa hari pemberian dolomit, Kamu wajib memberikan pupuk dasar berbentuk pupuk kandang ataupun kompos sebanyak 2-3 kilogram per lubang.

Pupuk yang digunakan hendaknya merupakan pupuk yang telah matang. Saat sebelum dimasukkan ke dalam lubang.

Pupuk tersebut dicampur tanah dengan perbandingan 1:1 serta ditambah pupuk TSP ataupun SP36 sebanyak 5-10 gram per lubang tanam.

Sehabis itu, lubang ditutup dengan daun kering serta perkenankan selama 2 minggu.

Sehabis melewati proses tersebut, barulah menanam bibit kakao. Metode menanamnya dengan memasukkan polybag yang telah berisi bibit yang berumur 4-6 bulan ke lubang tanam.

Polybag tersebut disayat serta dilepaskan dari media bibit. Sehabis itu, lubang ditutup dengan tanah serta dipadatkan. Tanah disekitar batang dibuat lebih besar supaya air hujan tidak menggenang.

Sehabis itu hendaknya diatas tanahnya diberi naungan daun kelapa pada sisi timur serta barat buat melindungi bibit dari panasnya matahari.

Hal-hal tersebut dicoba supaya bibit yang baru ditanam tidak stress ataupun mati.


Memelihara serta merawat tumbuhan cokelat

Sehabis menanam bibit, Kamu wajib teratur mencermati tumbuhan tersebut. Bila terdapat tumbuhan yang terkena penyakit ataupun pertumbuhannya kurang baik maka wajib langsung melaksanakan penyulaman.

Penyiraman tumbuhan yang baru ditanam pula butuh dicermati sesuai kebutuhan serta keadaan tumbuhan tersebut.

Perhatikan tanaman liar ataupun gulma disekitar tumbuhan kakao supaya tidak mengusik perkembangan tumbuhan.

Tumbuhan penutup tanah pula wajib lekas dibersihkan supaya tidak mengusik tumbuhan. Jauhi pemakaian herbisida paling utama pada tumbuhan muda yang baru pindah tanam.

Pemberian pupuk pula wajib dicermati sesuai kebutuhan tumbuhan serta tingkatan ataupun fase tumbuhan.

Tumbuhan pelindung pula wajib dicermati pertumbuhannya, pangkas tumbuhan pelindung secara teratur supaya percabangan serta daunnya berkembang besar serta baik.

Pemangkasan tumbuhan cokelat pula wajib dicoba untuk pemeliharaan serta supaya kualitasnya terpelihara.

Panen buah cokelat

Buah kakao ataupun cokelat yang siap dipanen merupakan buah yang telah matang ialah hampir usia 5,5-6 bulan yang dihitung dari sejak berbunga.

Karakteristik buah yang telah matang ialah bercorak kuning ataupun merah. Buah yang dipetik merupakan buah yang telah matang namun tidak sangat matang.

Potong tangkai buah dengan menyisakan 1/3 bagian tangkai buah. Bila dipetik maka pangkal buah hendak mengganggu bantalan bunga sehingga pembuatan bunga tersendat.

Bila perihal itu terjadi terus menerus maka penciptaan buah hendak menyusut. Hendaknya pemetikan dicoba pada pagi hari serta pemecahan dicoba siang hari.

Pemecahan dicoba dengan memukulkan buah ke batu serta diambil bijinya yang hendak dibuang dari dagingnya. Berikutnya biji dikeringkan serta dijual.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Coklat dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.