Cara Menanam Daun Salam

3 min read

Cara Menanam Daun Salam

Cara Menanam Daun Salam – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Daun Salam. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Daun Salam bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Daun Salam berikut ini.


Cara Menanam Daun Salam


Syzygium polyanthum ataupun yang biasa diucap dengan tumbuhan salam merupakan suatu tumbuhan herbal yang banyak berkembang di negara tropis, salah satunya merupakan Indonesia.

Sebab manfaat herbalnya seperti itu, saat ini daun yang dihasilkan oleh tumbuhan salam sangat kerap digunakan pada masakan khas nusantara.

Tumbuhan salam ini bisa berkembang sampai mencapai ketinggian hampir 30 m serta hampir 60 m.

Tidak hanya itu, bagian terluar dari batang tumbuhan ialah kulitnya mempunyai corak cokelat abu-abu serta kulitnya yang berkarakteristik semacam sisik.

Sebab banyaknya manfaat yang diapatkan dengan mengambil daun pada tumbuhan salam membuat banyak orang tertarik buat mengembangkan tumbuhan ini walaupun cuma buat hiasan di perkarangan rumah.


Metode Menanam Daun Salam di Rumah

Bibit Tanam

Banyak metode yang bisa dicoba buat menanam tumbuhan salam. Beberapa perihal yang bisa dicoba merupakan mengawali menanamnya dari bibit yang dalam wujud berbentuk biji maupun stek.

Namun, metode penanaman yang sangat banyak digunakan buat menanam tumbuhan salam merupakan dengan metode memakai pembibitan dari stek.

Sebab pada metode ini hendak menciptakan tumbuhan salam yang bisa berkembang dengan cepat dan perawatan yang lebih gampang.

Metode memilah bibit daun salam merupakan dengan metode memastikan cabang pada tumbuhan salam yang nampak sangat produktif buat dijadikan bibit.

Memilih cabang dari batang tersebut dengan minimun ranting yang dipunyai sebanyak 3 buah ranting. Potonglah cabang yang sudah didetetapkan sebelumnya dengan panjang 20 centimeter–25 centimeter.

Setelah itu, tanamlah potongan ranting tersebut dengan memakai polybag dengan memakai kombinasi dari pupuk organic serta tanah. Setelah itu Berikanlah air tiap harinya supaya pernyiramannya tertib.

Persiapan Lahan

Sehabis memilah bibit yang bermutu serta melaksanakan pembibitan, kalian wajib mempersiapkan lahan bagaikan metode menanam daun salam berikutnya.

Sebelumnya kalian wajib mensterilkan lahan dari rumput serta bebatuan, kemudian buat luabng berukutan 50x50x50 centimeter.

Sehabis membuat lubang, berikan pupuk sebanyak 2/3 lubang, serta siram secara tertib buat melindungi kelembapan.

Berikutnya, kalian tinggal mendiamkan lahan paling tidak 1 minggu buat memberikan waktu pupuk menyerap sempurna kedalam tanah.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Menanam Daun Salam

Metode menanam daun salam dicoba dengan metode stek tanam. Perihal ini bisa dicoba sehabis mendiamkan media tanam yang hendak digunakan.

Bibit yang sudah ditanam dipindahkan ke dalam media tanam ataupun lubang tanam yang sudah dipersiapkan.

Sehabis seluruhnya siap, tutuplah lubang tanam tersebut memakai kombinasi tanah, pupuk organik, serta sekam.

Taburkan kombinasi ketiga bahan tersebut secara menyeluruh pada bagian tanah terluar. Sehabis itu, jalani pemadatan tanah supaya tumbuhan tidak cepat roboh.

Upayakan kalian menanam tumbuhan salam di tempat yang sejuk serta tidak sangat banyak terpapar cahaya matahari. Kemudian, tancapkan batang tumbuhan salam tersebut ke media stek.

Bila mau posisi tumbuhan salam tegak, kalian pula dapat menyangganya dengan kayu, kemudian ikat batang tumbuhan salam pada kayu tersebut secara perlahan.

Penyiraman

Metode menanam daun salam di rumah selanjutnya merupakan metode penyiramannya. Proses penyiraman dalam budidaya daun salam pada masa kemarau hendaknya dicoba tiap 2 kali satu hari.

Sebaliknya buat masa hujan, kalian cuma butuh mengendalikan tumbuhan supaya tidak terjadi genangan. Salah satu triknya dengan membuat parit kecil di dekat batang tumbuhan bagaikan aliran air.

Cara Menanam Daun Salam


Memasangkan Ajir Pada Tanaman

Metode menanam daun salam supaya tumbuhan tidak cepat runtuh sebab angin ataupun factor yang lain sebab pangkal yang masih belum kuat buat menopang segala bagian dari tumbuhan.

Maka hendaknya dicoba pemakaian ajir supaya tumbuhan salam bisa bertahan serta tidak gampang roboh sebab kendala yang berasal dari luar ataupun area.

Bahan yang dibutuhkan buat membuat ajir ini merupakan bambu yang sudah dipotong sampai jadi beberapa bagian dengan panjang dimensi yang membiasakan untuk tiap-tiap bibit salam yang sudah ditanamkan, maka tidak terdapat dimensi tentu buat Ajir ini.

Pemupukan

Pemupukan pula sangat penting dicermati bagaikan metode menanam daun salam di rumah. Pemupukan lanjutan dibutuhkan buat membuat daun salam berkembang dengan sempurna.

Perihal ini pastinya hendak membuat daun salam yang kalian tanam lebih bermutu. Berikan pupuk susulan dengan jarak 1 bulan sekali, serta dengan dosis 1 sendok teh/batang tumbuhan daun salam.

Penyiangan Tumbuhan Pengganggu

Tidak hanya pemupukan, penyiangan tumbuhan pengganggu pula pantas dicermati bagaikan metode menanam daun salam di rumah.

Pembersihan tumbuhan pengganggu pertama kali kalian jalani dikala umur tanam 3 minggu. Jalani pembersihan rumput gulma tiap 2 bulan sekali.

Manfaat pembersihan merupakan buat mengoptimalkan proses perkembangan dan supaya nutrisi terserap sempurna oleh tumbuhan utama.

Tidak hanya itu, kalian pula wajib memangkas tumbuhan daun salam yang terkena penyakit supaya tidak menyebar ke bagian yang lain. Dengan begitu, tumbuhan senantiasa terjaga kualitasnya.

Baca Juga:  Cara Menanam Beluntas

Perbanyak Tumbuhan Daun Salam

Metode menanam daun salam berikutnya merupakan perbanyak tumbuhan. Kalian dapat mempersiapkan hormon perangsang perkembangan daun supaya lebih lebar serta bermutu. Hormon perangsang yang dapat dipakai merupakan POC BMW.

Metode memakainya cukup dengan menyemprotkan POC BMW pada tumbuhan daun salam dengan dosis hampir 2–3 tutup POC BMW +15 liter air. Proses ini hendaknya dicoba selama 1 bulan sekali.


Metode Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan yang lain yang bisa kita jalani buat mendukung tumbuhnya tumbuhan salam ini merupakan dengan metode memberikannya pengairan sebanyak 2 kali satu hari, baik itu pada pagi serta sore hari kala pada 2 minggu sehabis dilakukanya penanaman.

Sehabis itu, cukuplah diberikan pengairan sebanyak 1 hari sekali. Lakukanlah pula penyiangan supaya hama-hama dan parasit-parasit yang ada pada dekat tumbuhan salam tidak berkembang di dekat zona lahan.

Dalam penanggulangannya, apabila terkena hama tumbuhan kita bisa memberikan ANTILAN sebanyak 5 hari sekali dengan memakai dosis 4 tutup botol tiap 17 liter air.

Serta apabila terkena penyakit, kita bisa memberikan NOPATEK sebanyak 5 hari sekali dengan dosis hampir 4 tutup botol per 17 liter air yang hendak digunakan buat menyiram.

Semacam pada tanaman-tanaman yang lain, pemupukan pula dibutuhkan oleh tumbuhan salam guna buat pertumbuhannya. Ialah lakukanlah 2 kali dalam setahun.

Awal saat masa penghujan diawali serta akhir dari masa penghujan itu sendiri. Gunakanlah pupuk NPK buat pemupukan tumbuhan salam.

Dosis yang diperlukan tumbuhan ini merupakan hampir satu kepal genggaman yang sudah dicampur dengan air sebanyak kurang lebih satu ember.

Penyiangan dibutuhkan pula supaya menjauhi tumbuhnya gulma-gulma yang terletak di dekat tumbuhan salam.

Oleh sebab itu, jalani pembersihan siap harinya, bergantung seberapa banyak gulma yang berkembang pada zona tersebut.

Tumbuhan salam merupakan suatu tumbuhan yang bisa berkembang di wilayah yang mempunyai ketinggian tanah dekat 300 sampai 700 m diatas permukaan laut, pula diperlukan temperatur iklim hampir 25–30 derajat celcius.

Tidak hanya itu, wilayah yang ditanami oleh tumbuhan salam ini wajib terletak pada curan hujan yang menyeluruh sepanjang tahun.

Keadaan tanah yang dibutuhkan tumbuhan salam supaya berkembang dengan baik serta sempurna merupakan tanah terkategori gembur dan produktif.

Jenis tanah yang terbaik buat digunakan buat menanam tumbuhan salam merupakan tanah liat yang berpasir yang mempunyai isi bahan organik yang terkategori tinggi dan mempunyai pH (satuan keasaman tanah) hampir 5.5–6.5.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Daun Salam dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.