Cara Menanam Kacang Tanah yang Baik Hasil Melimpah

Posted on

Cara Menanam Kacang Tanah yang Baik Hasil Melimpah – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Menanam Kacang Tanah. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara menanam kacang tanah ini yang efektif meningkatkan hasil panen. Untuk Lebuh jelasnya yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Menanam Kacang Tanah yang Baik Hasil Melimpah

Kacang tanah atau dapat juga disebut dengan Arachis hypogaea L. yang mana mempunyai permintaan dipasaran dan mempunyai komoditas strategi yang cukup tinggi. Baik digunakan sebagai pakan, industri atau sebagai bahan pangan yang mana kacang tanah sangat cocok tumbuh pada daerah dataran rendah yang memiliki suhu tinggi.

Dalam budidaya kacang tanah biasanya para petani menanamnya pada saat musim kemarau atau menjelang musim kemarau. Tanaman ini juga menyukai jenis tanah yang bertekstur gembur, sehingga dapat memilih atau menggunakan bahan organik tinggi.

Adapun untuk kebutuhan pupuknya diutamakan mengandung beberapa unsur hara mikro dan makro yang lengkap dan mengandung bakteri yang menguntungkan pada tanaman. Agar dapat meningkatkan pertumbuhan dan produktifitas kacang tanah serta penanganan yang benar.

Cara Menanam Kacang Tanah

Berikut ini merupakan beberapa cara menanam kacang tanah yang baik dan benar, antara lain yaitu:

Proses penggemburan tanah

Seperti biasanya dalam memulai budidaya tentu Anda harus memulai proses penggemuran tanah atau persiapan tanah terlebih dahulu. Dimana dalam proses proses penggemburan ini anda bisa menggunakan alat yang berupa cangkul, bajak atau lain sebagainya. Jika anda menanam pada musim penghujan maka anda perlu membuat saluran drainase dengan ukuran 30 cm serta bedengan 1 meter.

Baca Juga:  Budidaya Tanaman Kacang Tanah

Berikan dolomit pada tanah

Langkah selanjutnya yaitu taburkan kapur atau dolimit sebanyak 1 ton/Ha agar pH pada tanah yang ada menjadi stabil dan selanjutnya diamkan selama 6 hari.

Berikan pupuk kandang

Langkah berikutnya yaitu anda perlu memberikan pupuk kompos atau pupuk kandang sebanyak 8 ton/Ha.

Pemilihan benih & Proses Tanam

Untuk pemilihan benih bisa dilakukan seleksi benih, yaitu dengan cara sebagai berikut.

  • Gunakan benih kacang tanah unggul

Dalam pemilihan benih anda perlu menggunakan benih kacang yang baik dan unggul supaya bisa menghasilkan tanaman kacang tanah dengan hasil yang melimpah. Biasanya bibit yang baik itu berumur sekitar 100 hari, dengan warna coklat kehitaman serta tidak terdapat selaput didalamnya. Jika anda ingin mendapatkan bibit yang unggul, anda perlu menyimpan benih yang akan ditanam maksimal 5 bulan.

  • Lakukan perendaman benih kacang tanah

Langkah berrikutnya adalah merendam benih yang akan di tanam kembali. Anda bisa merendam benih kacang tanah ini menggunakan POC selama 3 jam dengan dosis 1 liter yang dicampur dengan air hangat sebanyak 10 liter air. Hal ini dilakukan dengan bertujuan dari perendaman benih kacang ini bisa tercegah dari penyakit dan dapat mempercepat pertumbuan dan tertular penyakit.

Pupuk Organik Cair sangat efektif untuk mencegah penyakit tular benih. Karena pupuk organik cair mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan antibiotic. Supaya bisa menekan perkembangan dari panthogen dan menghasilkan hormon yang akan mempercepat pertumbuhannya. Dengan jarak tanam 40×20 cm dan 1 benih dalam satu lubangnya.

Proses Perawatan

Selain itu agar anda bisa mendapatkan hasil panen yang maksimal, tentu ada beberapa cara atau teknik perawatannya. Dalam perawatannya tanaman ini bisa dilakukan pada usia tanaman sekitar 1 minggu.

Baca Juga:  Cara Menanam Mangga Cangkokan Cepat Berbuah Lebat

Apabila dalam 1 minggu tidak ada tanda-tanda dari perkembangan dari tanaman kacang ini anda perlu mencabut dan tanam kembali dengan menyulamnya. Apabila penanaman dilakukan pada saat musim kemarau, tentu Anda harum lebih sering menyiramnya.

Pemupukan kacang tanah

Dalam proses pemupukan terhadap tanaman kacang tanah anda bisa memberikan pupuk organik terlebih dahulu. Dan anda juga bisa menggunakan penyemprotan dengan menggunakan POC dalam kurun waktu 1 minggu sekali dimana pemberian ini dilakukan pada pagi hari kisaran dibawah jam 9 dan pada sore hari diatas jam 4 sore.

Pada penggunaan POC tentu terdapat unusr hara yang berupa mikro atau makro yang lengkap dan juga bisa memenuhi kebutuhan untuk nutrisinya.

Bila sudah memasuki 20 hari setalah tanam kacang akan mulai tumbuh bunga sampai umur 75 dan bunga pada 30 HST akan membentuk seperti polong.

Apabila telah memasuki di fase pembungaan hentikan penyemprotan tehadap tanaman, selanjutnya anda perlu melakukan penyemprotan apabila sudah memasuki fase pembuahan dan penyerbukan.

Lakukan penyiangan pada tanaman kacang tanah agar dalam fase pertumbuhannya menjadi baik.

Panen Kacang Tanah

Pada masa panen dalam budidaya kacang tanah ini sangat beragam tergantung dari jenis dan varietas pada tanaman tersebut. Pada umunya tanaman kacang tanah yang baik dan unggul sudah bisa dipanen pada umur sekitar sekitar 3 bulan, sedangkan untuk jenis yang buruk bisa mencapai 5 bulan.

Demikian uraian singkat tentang Cara Menanam Kacang Tanah yang Baik Hasil Melimpah, semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua.