Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula

√ Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula

Diposting pada

Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Kaktus Mini. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara mudah menanam kaktus mini serta cara merawatnya dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel cara menanam kaktus mini berikut ini.

Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula

Tanaman kaktus adalah salah satu jenis tanaman hias yang sering dijumpai dan dikenal sebagai tanaman gurun. Dimana tanaman ini bisa tumbuh pada daerah yang berlingkungan ekstrim, dengan ciri khas berduri disekitar batangnya.

Terdapat beberapa jenis kaktus yang sering dijumpai mulai dari yang berukuran besar sampai yang kecil atau pendek (kaktus mini). Disamping itu beberapa jenis kaktus tumbuh duri tanpa bunga atau adapula yang tanpa duri mempunyai bunga nan indah.

Sebab itu dari keunikan tersebut banyak orang yang ingin menanam tanaman kaktus ini sebagai pelengkap tanaman hias mereka dirumah. Berikut beberapa panduan singkat cara menanam kaktus mini.

Persiapan Bibit Kaktus Mini

Agar dapat memperoleh kaktus dengan pertumbuhan yang baik tentu pemilihan bibit adalah hal yang penting. Bibit kaktus bisa Anda peroleh dengan mengambil batang induk tanaman kaktus (stek), dapat juga membeli ditoko bunga atau tempat pembibitan tanaman kaktus.

Pilih bibit kaktus yang unggul, memiliki duri yang sempurna, tidak cacat, batangnya tidak memar serta mempunyai arah tumbuh yang tegak lurus keatas. Cari bibit yang berumur atau usianya lebih dari tiga bulan, untuk itu bila mencari bibit dari batang induk pastikan sudah cukup umurnya.

Baca Juga:  √ Cara Mudah Menanam Bunga Baby Breath Bagi Pemula

Persiapan Media Tanam Kaktus Mini

Tanaman kaktus mini membutuhkan tempat atau media tanam yang kering dan tidak menahan air yang mana akar tidak terlalu lama terendam atau mengikat air. Oleh karena itu tidak dianjurkan unutk menanam menggunakan media tanam tanah liat atau tanah merah sebab kedua media tersebut memiliki daya ikat air yang tinggi.

Anda dapat menanam dengan media tanam menggunakan arang sekam, tanah pasi serta pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah media sudah siap, dapat menyiapkan pot yang berukuran 10 cm, usahakan memilih pot yang memiliki sistem drainase yang baik agar tanaman tidak membusuk nantinya.

Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula

Perawatan Tanaman Kaktus Mini

Tanaman kaktus yaitu tanaman yang tidak menyukai kelebihan air, namun tetap membutuhkan asupan air yang cukup saja. Dalam hal ini Anda dapat melakukan penyiraman setiap 1 minggu sekali, dan pergantian pot dapat dilakukan 1 tahun sekali. Karena tanaman kaktus merupakan tanaman yang membutuhkan asupan sinar matahari penuh, letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari.

Pada tanaman kaktus yang usai ditanam sebaiknya terlebih dahulu diletakkan yang tidak terkena sinar matahali langsung. Setelah 1 minggu barulah pindahkan pada tempat yang terdapat atau terkena sinar matahari penuh.

Bersihkan daerah sekitar tanaman dari tumbuhan yang hidup pada sekitarnya. Supaya tidak terkena penyakut atau hama yang menyerang tanaman kaktus, Anda dapat melakukan penyemprotan menggunakan pestisida atau bakterisida secara berkala sesuai atauran pemakaian.

Demikian penjelasan tentang Cara Mudah Menanam Kaktus Mini Serta Merawatnya Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.