Cara Menanam Kencur : Bibit, Waktu, Tempat, Pemberian Pupuk Dan Perawatan

3 min read

Cara Menanam Kencur

Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Kencur. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Kencur bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Kencur berikut ini.


Cara Menanam Kencur : Bibit, Waktu, Tempat, Pemberian Pupuk Dan Perawatan


Untuk Kamu yang suka memasak pasti tidak asing lagi dengan tumbuhan bumbu yang satu ini. Kencur, dengan nama ilmiah kaempferia galanga ini ialah salah satu tumbuhan yang penyebarannya meluas sampai di tanah Indonesia.

Kencur ialah salah satu tumbuhan kecil yang bisa hidup dengan cara merumpun serta berkembang secara mendatar dengan rata di atas permukaan tanah. Kencur yang banyak digunakan sebagai rempah, bumbu suatu masakan serta bahan dalam pembuatan jamu oleh warga itu dibudidayakan oleh beberapa warga. Tidak hanya sebagai bahan bumbu masakan, kencur pula diketahui sebagai tumbuhan obat yang berguna untuk kesehatan.

Tidak jarang di tiap rumah – rumah warga wilayah pedesaan sebagian tanahnya ditanami kencur, yang cara menanamnya juga sangat gampang sekali. Budidaya kencur sangatlah gampang serta tidakperlu memakai cara budidaya yang secara khusus.

Supaya tumbuhan kencur dapat berkembang dengan produktif, perlu diperhatikan tanah yang hendak digunakan. Tanah yang sesuai buat kencur ialah tanah bercorak gelap serta berpasir. Kencur ini mempunyai daun yang lumayan banyak yang mempunyai wujud bundar serta melebar dengan bagian ujungnya agak mengecil. Tidak hanya itu, corak daun tersebut hijau hitam yang nampak fresh yang pada permukaannya agak tebal serta lembut.


Cara – Cara Pas Menanam Kencur Yang Baik serta Benar

Persiapan Bibit Kencur

Untuk memperoleh tumbuhan kencur yang bermutu baik, maka wajib pula buat memilih bibit kencur yang bermutu pula. Buat perihal itu, kita hendaknya memakai rimpang kencur yang sudah merambah usia dekat 10 bulan, serta pula mempunyai calon tunas (hendaknya ada 2 buah calon tunas). Setelah itu, rimpang tersebut dipersiapkan sesuai yang perlukan.

Saat sudah mempersiapkan rimpang yang akan ditanam, bibit kencur tersebut ditaruh ditempat yang tidak terserang cahaya matahari secara langsung dalam hitungan sampai beberapa hari kedepan sampai rimpang tersebut siap buat tanam.

Baca Juga:  Ternak Burung Kacer : Jenis, Metode, Pemilihan Induk, Perawatan Dan Pakan

Persiapan Waktu Tanam

Saat sebelum menanam, hendaknya menunggu saat awal masa hujan sudah datang, tujuannya ialah sebab air hujan hendak digunakan sebagai perlengkapan bantu dalam proses perkembangan tunas kencur.

Buat hal ini, bibit kencur bisa ditaruh dibeberapa tempat seperti di lahan yang mempunyai cahaya matahari cukup ataupun didalam pot serta bukan di tempat yang gampang basah ataupun tempat yang terbuka. Dalam hal ini rimpang akan berkembang dalam waktu 1 – 2 minggu. Dalam perkembangan awal, rimpang akan sangat memerlukan tingkatan kelembaban udara yang besar.


Persiapan Tempat (Polybag, Pot, Tanah)

Tanah yang hendak digunakan baiknya dibersihkan dari hama ataupun rerumputan yang ada diarea yang akan digunakan. Setelah itu, tanah tersebut di cangkul sebanyak 2 kali dengan kedalaman 30 centimeter.

Setelah itu, berilah jarak dekat 2 – 3m antar petak, untuk panjang yang digunakan membiasakan dengan ukuran lahan yang hendak digunakan untuk menanam. Buatlah bendengan disekitar tanah supaya air bisa di kontrol tersebut sambil diiringi dengan memberikan pupuk organik semacam kompos.

Apabila mau memakai polybag ataupun pot, persiapkanlah yang berukuran besar. Apabila sudah siap, setelah itu isikan media tanam yang berbentuk campuran dari tanah serta pupuk organik, ataupun dengan mengunakan tanah dan pasir dengan skala 4 : 1.

Setelah mengisi dengan media tanam, polybag ataupun pot setelah itu ditaruh mengarah tempat yang teduh. Tunggulah sampai waktu 1 ataupun 2 minggu untuk menunggu keadaan tanah yang digunakan normal.


Pemberian Pupuk buat Tumbuhan Kencur

Cara menanam kencur yang berikutnya ialah membagikan pupuk. Terdapat 2jenis pupuk yang butuh diberikan pada tumbuhan kencur ialah pupuk natural serta kimia. Berikut cara lengkapnya:

  • Pakai pupuk kandang untuk membagikan unsur organik dan supaya dapat membetulkan struktur tanah.
  • Bagikan pupuk kandang saat tanah dicangkul ataupun kala sesi pengolahan. Cara yang dapat Kamu jalani ialah dengan mengombinasikan pupuk memakai tanah hingga rata. Tujuannya biar menyerap dan dapat membagikan nutrisi untuk tanah.
  • Tambahkan pula pupuk UREA, TSP ataupun KCL. Bagikan 2 kali saat ditanam serta saat kencur berumur 45hari.
  • Bila tanah yang digunakan sebagai media tanam telah produktif, Kamu dapat kurangi takarannya.

Cara Menanam Kencur


Perawatan Kencur dengan Teratur

Setelah bibit kencur sukses ditanam, maka langkah berikutnya merupakan dengan melakukan perawatan. Berikut langkah – langkahnya:

  • Setelah kencur berkembang, Kamu dapat menyiramnya dengan air saat masa kemarau. Karena, kebutuhan tumbuhan kencur akan air terkategori besar. Terlebih diwaktu kencur masih berumur muda.
  • Lakukan penyiangan minimun sebulan sekali.
  • Bilas tumbuhan dari rumput liar serta gulma.
  • Penyiangan awal dapat Kamu lakukan diwaktu tumbuhan berumur 2 ataupun 3 minggu
  • Berikutnya, dapat dicoba 3 – 6 minggu sekali bergantung dari rumput yang berkembang.
Baca Juga:  √ Kegunaan dan Manfaat Pupuk TSP Bagi Tanaman Padi

Lakukan pencangkulan gulma di wilayah yang lumayan jauh dari inti tumbuhan. Gulma yang terdapat di dekat tumbuhan hendaknya dibersihkan dengan cara yang lebih jaga – jaga biar tidak mengganggu rimpang.


Mengatur Hama Pengganggu Tanaman

Langkah berikutnya dalam cara menanam kencur ialah mengatur organisme pengganggu tumbuhan. Dalam perihal ini, yang diartikan merupakan hama. Hama tiba pada tumbuhan kencur berbentuk ulat. Jenis ulat pemakan daun kencur ini diketahui dengan nama Diocles serta Udas pesfolus. Caramembasminya merupakan berikut ini:

Membasmi dengan cara manual ialah menangkap ulat dan membunuhnya.

Tetapi, bila serbuan ulat telah cukup berat, maka dapat memakai insektisida (Nogos 50 EC). Pakai sesuai dengan takaran serta petunjuk pada kemasan.


Masa Panen Tumbuhan Kencur

Tahap terakhir dalam metode menanam kencur ialah panen. Pastinya, saat ini sangat ditunggu oleh si penanam alias pak tani. Nah, sebab banyaknya permintaan atas tumbuhan ini, hingga banyak petani kencur sukses. Perihal ini dapat dikatakan apabila melakukan tahapan – tahapannya dengan benar. Cara memanen kencur Berikut dibawah ini:

  • Panen kencur diwaktu tumbuhan berumur 8 – 12 bulan (masa kemarau)
  • Cara memanennya ialah dengan memecahkan seluruh tumbuhan dan rimpang kencur bilas rimpangnya dari tanah yang masih menempel.
  • Rimpang kencur siap buat dimanfaatkan.

Cara menanam kencur nyatanya tidak sesulit yang dibayangkan bukan? maka dari itu, persiapkan diri buat selalu telaten dalam merawatnya. Hal ini bermanfaat supaya nantinya Kamu dapat jadi petani teladan serta sukses.


Hal – Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Panen Kencur

  • Baiknya panen dalam waktu pendek serta cepat.
  • Setelag panen, umumnya panen akan diisyarati dengan daun yang hendak menguning serta setelah itu gugur.
  • Pakai garpu.
  • Patahkan ataupun potong rimpang bagian pinggir. Tinggalkan bagian yang tertinggal buat ditanam pada masa tanam berikutnya.

Apabila tujuan dari pembudidayaan dari tumbuhan kencur ini sendiri merupakan buat digunakan sebagai tumbuhan obat – obatan, Baiknya rimpang diiris dengan ketebalan 7 milimeter, setelah itu dikeringkan.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Kencur dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.