Cara Menanam Padi Yang Bagus

3 min read

Cara Menanam Padi Yang Bagus

Cara Menanam Padi Yang Bagus – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Padi Yang Bagus.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Padi Yang Bagus bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Padi Yang Bagus berikut ini.


Cara Menanam Padi Yang Bagus


Padi merupakan makanan pokok untuk warga asia terlebih lagi Indonesia. Padi merupakan asal daripada beras yang menciptakan nasi yang umumnya kita makan dalam keseharian.

Indonesia yang mempunyai cita cita tahun 2045 dapat jadi lumbung padi dunia. Di dukung dengan banyaknya SDA yang sangat melimpah ruah di Indonesia.

Hingga Indonesia mulai bermimpi agar dapat jadi lumbung padi di asia serta dunia.

Nyatanya buat mencapai tujuan yang optimal maka dibutuhkan SDM yang optimal pula.

Hingga disinilah dibutuhkan peran dari orang tua serta anak anak muda biar berkerja sama dengan ketrampilannya masing masing dalam bidangnya biar SDA yang ada bisa dimafaatkan secara optimal.

Terlebih lagi dengan banyaknya permintaan dalam sektor bidang pangan yang terus bertambah wajib diimbangi dengan banyaknya hasil panen dalam perihal ini yang hendak kita bahas merupakan padi.

Dengan tingginya tingkatan konsumsi warga Indonesia dengan padi maka diharapkan terus menjadi bertambahnya petani yang meningkatkan budidaya tumbuhan padi ini.


Jenis Padi Yang Sangat Banyak Hasilnya

Tumbuhan padi di Indonesia ialah salah satu tumbuhan utama. Disebabkan tumbuhan ini penghasil kebutuhan pokok di negeri ini.

Tumbuhan padi dibedakan dengan beberapa varietasnya. Secara umum tipe padi yang sangat banyak hasilnya dibedakan dalam 3 tipe ialah:

Varietas padi hibrida

Varietas ini bisa dikatakan memiliki hasil yang optimal apabila dalam sekali tanam. Namun apabila keturunanya ditanam kembali maka hasilnya hendak kurang baik.

Varietas padi unggul

Hasil panen dari varietas ini bisa dijadikan benih kembali, dan harga dari varietas ini jauh lebih murah. Biayanya bias menggapai 5 ribu-10ribu per-kilonya.

Baca Juga:  Cara Tanam Kentang

Varietas padi lokal

Varietas ini merupakan varietas padi yang telah lama menyesuaikan diri didaerah tertentu. Sehingga varietas padi lokal ini memiliki ciri khusus didaerah tertentu.

Syarat Berkembang Tumbuhan Padi

Tumbuhan padi pula ialah tumbuhan budidaya yang banyak sekali dikembangan oleh sebagian wilayah di Indonesia.

Disebabkan tumbuhan padi mempunyai harga jual yang bias dibilang relative besar, dan mempunyai permintaan yang lumayan banyak dipasaran.


Pilih Benih Padi Bermutu serta Mempersiapkan Lahan

Pilih Benih Padi Berkualitas

Metode menanam padi yang baik serta menguntungkan perlu dicoba semenjak pemilihan benih.

Benih padi yang bermutu ialah perihal yang penting bila mau tingkatkan hasil panen padi.

Tidak hanya itu, kalian pula butuh mencermati kodisi lahan yang sesuai dengan benih padi tersebut.

Sebagian karakteristik dari beras varietas unggulan merupakan, tahan terhadap serbuan hama serta penyakit, toleran terhadap keadaan lingkungan.

Bisa menciptakan panen yang berlimpah, serta dikala direndam dengan larutan ZA 20 gram, benih tenggelam alias tidak mengapung.

Mempersiapkan Lahan

Mempersiapkan lahan merupakan salah satu komponen utama dalam metode menanam padi yang baik serta menguntungkan ini.

Sajikan lahan kosong yang produktif yang telah dibersihkan dari rumput liar serta gulma yang mengusik.

Buat tingkatkan kesuburan tanah kala ditanami. Tanah dialiri air sampai gembur serta lunak setelah itu bajak memakai traktor, kemudian genangi air kembali setinggi 5-10 centimeter.

Serta perkenankan air menggenang dalam media tanam selama 2 minggu biar toksin toksin bisa di netralisir oleh air.

Pembibitan serta Penanaman Padi

Pembibitan

Metode menanam padi yang baik serta menguntungkan selanjutnya merupakan proses pembibitan.

Sehabis mempersiapkan lahan, sebar benih padi yang bagus yang telah lewat sesi pengujian buat memastikan kualitasnya, rendam 2 hari sampai berkecambah.

Beri pupuk area persemaian tadi dengan pupuk urea serta tsp, masing masing 10 gr buat tiap semester lahan.

Penanaman Padi

Sehabis persiapan benih serta lahan telah berakhir, maka metode menanam padi yang baik serta menguntungkan berikutnya merupakan proses penanaman padi.

Umur benih yang telah bisa dipindahkan merupakan hampir 20 hari, dengan ciri berdaun 5-6 helai, tinggi 22-25 centimeter, batang bagian dasar besar serta keras, dan terbebas dari serbuan hama.

Baca Juga:  √ Panduan Cara Mudah Menanam Terong Di Polybag

Satu lubang tanam cuma buat satu benih, dengan kedalaman tanam berkisar 2 centimeter.

Cara Menanam Padi Yang Bagus


Perawatan serta Pemeliharaan Padi Dan Pemupukan

Perawatan serta Pemeliharaan Padi

Metode menanam padi yang baik serta menguntungkan berikutnya pasti merawat serta memlihara tumbuhan padi dengan baik.

Pada dikala perawatan diperlukan ketelitian yang lebih sebab bila kalian lalai maka hasil panen hendak kurang memuaskan.

Metode awal, jalani penyiangan dalam 2 minggu sekali. Berikutnya, jalani pengairan yang normal biar tidak kelebihan ataupun kekurangan.

Tidak hanya itu, jalani pemupukan sehabis 7-15 hari dengan munggunakan pupuk urea serta TSP dengan 100:50 per hektar.

Pemupukan dicoba sehabis 25-30 hari dengan pupuk urea serta phonska dengan 50:100 per hektar.

Pemupukan

Metode menanam padi yang baik serta menguntungkan berikutnya merupakan dengan pemupukan semacam yang sudah disinggung sedikit tadinya.

Tanah yang digunakan secara terus menerus buat budidaya pasti lambat laun hendak kekurangan faktor hara.

Salah satu pemecahan yang dapat kalian jalani merupakan dengan pemberian pupuk, baik itu yang bertabiat organik maupun anorganik.

Supaya konsumsi pupuk jadi lebih efisien, maka kalian wajib sanggup membiasakan dengan kebutuhan tumbuhan dan jumlah ketersediaan faktor hara dalam tanah. Kalian pula bisa memakai pupuk alami yang terbuat sendiri.


Pengendalian gulma pada tumbuhan padi

Gulma pada tumbuhan padi dikendalikan supaya tidak mengusik perkembangan tumbuhan padi. Di lahan, gulma berebut faktor hara, air, ruang berkembang serta cahaya matahari dengan tumbuhan padi.

Penyiangan dapat dicoba secara manual yakni dengan metode mencabut gulma satu persatu, tetapi perihal ini tidak efisien serta efektif.

Saat ini ada teknik dan cara pengendalian gulma dengan aplikasi herbisida selektif.

Panen padi

Masa/usia panen padi umumnya dicoba sehabis usia 30 hari sehabis masa pembungaan ataupun dapat dilihat dari keadaan fisik gabah ialah gabah telah mengalami masak fisiologis 90% yang maksudnya 90% gabah sudah berganti corak jadi kuning.

Panen yang sangat awal ialah dikala banyak bulir hijau maka hendak banyak tercipta bulir patah pucuk sehingga bisa merendahkan mutu beras.

Begitu pula bila panen terlambat, maka hendak terjadi potensi kehilangan sebab banyak gabah yang rontok di sawah.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Padi Yang Bagus dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.