Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula – Pada kesempatan ini akan membahas mengenai Cara Menanam Pakcoy. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bagaimana cara menanam pakcoy yang benar dan mudah bagi pemula. Untuk lebih jelasnya simak artikel Kebun mengenai cara menanam pakcoy berikut ini.

Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Untuk daerah Indonesia senditi terdapat berbagai jenis syuran yang dapat Anda temukan di pasar tradisional dan pasar modern. Kita sebut saja pakcoy, tomat, sawi hijau, wortel dan lainnya sayuran ini banyak dijual dengan kisaran harga yang wajar per kilonya. Hal yang demikian menjadikan berbagai jenis sayuran menjadi menu utama bagi toko makanan.

Pakcoy masih terbilang keluarga sawi-sawian yang sering sekali kita temui pada berbagai restoran di Indonesia. Tumbuhan ini memiliki berbagai kandungan vitamin dan kandungan mineral yang tinggi.

Dengan kandungan vitamin yang terdapat pada tanaman ini termasuk vitamin A, C, E, dan K. Sementara asam folat termasuk pada kandungan yang sangat baik bagi tubuh. Dalam pakcoy juga terkandungan mineral seperti mangan dan kalsium.

Cara Menanam Pakcoy

Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula

Pakcoy ini memiliki kandungan serat pangan atau dietaryfiber dan asam amino triptofan. Dengan nutrisi terbaik yng terdpat pada sayuran hijau ini seperti tembaga, kalium, fosfor, zat besi, magnesium, protein, vitamin B6 dan vitamin B12.

Syarat Tumbuh

Berikut ini beberapa hal mengenai syrat tumbuh tanaman pakcoy, antara lain:

  • Tanaman pakcoy memiliki umur yng pendek dengan usia maksimal kisara 45 hari.
  • Pakcoy juga bis tumbuh dengan baik di dataran rendah dan dataran tinggi. Namun Anda akan memperoleh hasil yang maksimal bila menanamnya pada daerah dataran tinggi.
  • Syarat media tanam yang baik untuk tanaman pakcoy yaitu dengan memiliki pH tanah kisaran 5 sampai 5. Ventilasi lahan yang sempurna serta mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup untuk pertubuhan tanaman ini. Ciri pakcoy tentunya berbeda dengan ciri tanaman hias.
  • Tekstur tanah yang baik sebagai media tumbuh tnaman pakcoy yaitu tanah berpasir, tanah lempung berpasir, memiliki kandungan bahan organic, gembur dan subur.

Persiapan Lahan Tanam

Beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam persiapan lahan tanam atau media tanam untuk tanaman pakcoy, antara lain:

  • Terlebih dahulu Anda gemburkan tanah yang akan dipakai sebagai media tanam dengan memakai bajak atau cangkul.
  • Buatlah bedengan dengan lebar bedengan kisran 2 meter dan panjang menyesuaikan lahan yang tersedia.
  • Ratakan bedengan dan gunakan pupuk kandangan atau kompos dengan kadar dosis per hektar sekitar 7 sampai 10 ton.
  • Lalu campurkan tanah dan kompos dengan cangkul dan disiram secara merata.
  • buatlah jarak sekitar 50 cm pada bedengan sebagai saluran air.
Baca Juga:  Cara Mengolah Buah Mengkudu

Proses Penyemaian

Selanjutnya Anda lakukan proses penyemaian dengan cara sebagai berikut:

  • Persiapkan benih pakcoyang digunakan untuk disemai.
  • Selanjutnya Anda rendam bibit pakcoy dalam larutan perasang akar pada konsentrasi 0,1.
  • Lakukan rendaman benih sekitar 2 jam, kemudian tiriskan dan biarkan bibit yang telah direndam serta keringkan bibit pakcoy.
  • Media tanam yang digunakan semai harus dalam bentuk media tanam selain tanah seperti arang sekam, kompos, dan cocopeat.
  • Bila media tanam yang digunakan berupa tanah, cobalah untuk mengolah tanah menjadi subur dan gembur terlebih dahulu seperti campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan yang sama.
  • Kemudian lubangin media tanam dengan ujung jari Anda pada media semai dengan kisaran kedalaman 1 ruas jari.
  • Masukan bibit pakcoy 2 biji per lubangnya, hal tersebut bertujuan bila satu biji mati maka benih lainnya dapat menggantikan untuk tumbuh.
  • Polybag berukuran 15 cm bisa Anda buaat menjadi 5 lubang untuk medi semai.
  • Tutup lubang yang sudah terdapat biji dengan media tanam yang adan pada tiap lubangnya.
  • Lakukan proses penyiraman secara rutin menggunakan semprotan air pada pagi dan sore hari.
  • Tempatkan pada temapt yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Jauhkan dari gangguan hewan seperti ayam dan burung.
  • Tunggu sekitar 2 minggu sampai Pakcoy tumbuh dan memiliki dua daun.

Proses Penanaman Pakcoy

Setelah benih yang sudah disemai berumur 2 minggu langkah berikutnya yaitu memindahkan benih pada media tanam yang lebih besar, dengan cara sebagai berikut:

  • Buat lubang tanam dengan memilki ukuran 4×6 cm.
  • Bila bibit telah terlihat besar, buatlah lubang tanam dengan ukuran 8×10 cm.
  • Buatlah jarak tanam dengan kisaran 9×9 cm
  • Letakkan benih secara perlahan dan hati-hati dari polybag ke lubang media tanam agar tidak merusak akar tanaman.
  • Pastikan bahwa tanah yang menempel pada akar tidak pecah dan tutup lubang tanam dengan tanah sampai rata.
Baca Juga:  Ukuran Nutrisi Hidroponik

Perawatan dan Pemeliharaan

Setelah Anda melakukan penanaman, hal penting selanjutnya yaitu melakukan perawatan tanaman pakcoy. Perawatan pada tanaman pakcoy sangat penting dilakukan supaya selama msa pertumbuhan pakcoy dapat tumbuh secara optimal.

Penyiraman

Tanaman pakcoy merupakan tanaman yang tergolong memerlukan asupan kadar air yang banyak. Sebab itulah perlu dilakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari terutama bila menanam pada musim kemarau dan awal masa tanam.

Penyiangan

Anda juga dapat melakukan penyiangan pada gulam dan tanaman penggangu lainnya yng dpat menggangu pertumbuhan tanaman pakcoy. Hal ini dilakukan agar tanaman pengganggu atau gulma tidak merebut nutrisi yang ada pada tanah.

Penjarangan

Lakukan penjarangan yang bertujuan supaya tanaman dapat dengan mudah memperoleh nutrisi dan tidak terjadi saling berebut nutrisi. Anda dapat melakukannya sekitar 2 minggu setelah masa tanam.

Pemupukan

Lakukan proses pemupukan yang dapat Anda lakukan menggunkan pupuk kompos tau pupuk kandang dan juga berikan pupuk kimia seperti NPK dengan dosis 300 kg/ ha atau pupuk urea dengan dosis 50 kg/ ha. Pemberian pupu ini dapat langsung ditebar atau dilarutkan dalam air.

Penanganan Hama dan Penyakit

Pada tanaman pakcoy hama dan penyakit yang biasa menyerang yaitu cacing bulu, ulat, siput dan trhips. Sedangkan untuk penyakit yang menyerang tamanan pakcoy yaitu bakteri dan jamur.

Untuk melakukan pencegahan hama dan penyakit Anda dapat melakukan dengan cara manual seperti mengambil hama siput dan menjaga kebersihan lahan serta Anda bisa menyemprotkan pestisidan dan fungsida dengan kadar dosis sesuai anjuran.

Proses Panen

Pakcoy adalah tanaman dengan masa hidup atau panen yang sangat singkat yaitu 30-45 hari atau sekitar dua bulan setelah bibit ditanam. Untuk memanen Pakcoy, kita bisa menarik seluruh tanaman atau batang satu per satu.

Cara memanen dengan memotong batang pakcoy biasanya digunakan berulang kali untuk metode panen. Tanaman pakcoy digunakan sesuai dengan persyaratan penanaman. Bagi Anda yang menyukai tanaman hijau yang menawarkan banyak manfaat ini, Anda dapat menanamnya secara luas di ladang besar atau pot atau polybag.

Demikian penjelasan mengenai Cara Menanam Pakcoy yang Benar dan Mudah Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.