Cara Menanam Pohon Melati

4 min read

Cara Menanam Pohon Melati

Cara Menanam Pohon Melati– Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Pohon Melati. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Pohon Melati bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Pohon Melati berikut ini.


Cara Menanam Pohon Melati


Melati merupakan tumbuhan hias berbatang tegak dengan lebih dari 200 tipe. Para pakar mengidentifikasikan kalau ada 9 tipe melati yang bisa dibudidayakan serta hampir 8 tipe melati yang bisa dijadikan tumbuhan hias.

Sebab mayoritas dari tipe melati yang berkembang dengan leluasa di hutan masih belum bisa dilihat kelebihan baik dari segi ekonomi serta sosialnya.

Tidak hanya tumbuhan hias, khasiat yang bisa kita ambil dari tumbuhan melati ini merupakan bagaikan parfum, penghias rangkaian bunga, pengharum, minyak wangi, kosmetik, serta lain-lain.

Oleh sebab itu, sebab banyaknya khasiat dari segi ekonomi serta sosial yang didapatkan dari menanam tumbuhan melati, banyak orang berupaya buat melakukan budidaya terhadap tumbuhan melati.


Perihal yang Butuh Dipersiapkan Saat sebelum Menanam Melati

Banyaknya khasiat pada melati membuat budidaya melati terus menjadi digandrungi.

Tetapi saat sebelum menanam melati baik di rumah ataupun di perkebunan terdapat banyak perihal yang butuh dipersiapkan.

Berikut merupakan sebagian perihal yang butuh dipersiapkan saat sebelum menanam bunga melati.

Pemilihan Tanah

Semacam yang dipaparkan seblumnya bunga melati bisa berkembang di bermacam tempat. Bunga ini pula tidak memerlukan tipe tanah tertentu buat bisa berkembang.

Tetapi, buat melindungi tumbuhan senantiasa sehat serta berusia panjang hendaknya siapkan tanah dengan tingkatan kesuburan yang baik.

Bila hendak menanam melati di dalam pot, terdapat baiknya memakai kombinasi sekam, tanah, serta pupuk kompos.

Perbandingannya merupakan 2:1:1 buat memperoleh media yang pas. Perihal ini hendak meminimalisir melati yang kandas berkembang di dalam pot.

Sebaliknya bila menanam bunga melati pada taman rumah, maka siapkan media tanam serta diamkan sepanjang 15 hari. Perihal ini buat menggemburkan tanah serta menolong proses perkembangan bunga melati.

Pencahayaan

Saat sebelum memutuskan posisi buat menanam bunga melati, perhatikan lebih dulu tempat yang digunakan memperoleh konsumsi cahaya matahari.

Hendaknya seleksi posisi yang terserang langsung cahaya matahari supaya melati bisa berkembang dengan baik.

Apabila melati ditanam dalam ruangan, pastikan buat meletakkannya di dekat jendela.

Perihal ini buat membenarkan supaya bunga melati memperoleh sinar matahari langsung walaupun ditanam dalam ruangan.

Suhu

Walaupun bisa menyesuaikan diri dengan gampang pada bermacam area, temperatur yang pas pula dibutuhkan buat memaksimalkan perkembangan tumbuhan ini.

Melati sejatinya bisa berkembang dengan baik pada temperatur antara 28 sampai 36 derajat celcius.

Walaupun demikian melati pula bisa berkembang dengan baik udara sejuk. Cuma saja perbandingan temperatur pula pengaruhi jumlah bunga yang mekar pada tumbuhan ini.

Kelembaban udara di antara 70% sangat sesuai buat tumbuhan ini. Melati tidak dapat mekar bila temperatur lingkungannya sangat hangat.

Baca Juga:  Cara Beternak Kutu Air : Pengertian, Tentang Dan Cara Pembudidayaan

Pengairan

Air ialah faktor yang sangat berarti untuk makhluk hidup. Perihal itu pula terjadi pada bunga melati. Tumbuhan ini memerlukan jumlah air yang lumayan banyak, terlebih dikala lagi bermekaran.

Keseriusan kebutuhan terhadap air hendak bertambah. Sehingga saat sebelum menanam tumbuhan ini bagaikan budidaya pastikan posisi yang diseleksi mempunyai ketersediaan air.

Perihal ini buat menghindari kegagalan tumbuhan ini dalam menciptakan bunga yang melimpah.

Persiapan Lahan

Perihal terakhir yang butuh dipersiapkan dalam menanam bunga melati merupakan mempersiapkan lahan.

Sehabis memilah tanah yang pas, jalani pembersihan pada lahan yang hendak digunakan, berikutnya buat bendengan dengan metode mencangkulnya.

Apabila tanah mempunyai pH yang tidak cocok, jalani pengapuran pada tanah buat tingkatkan faktor hara di dalamnya.

Sehabis bedengan terbuat campur pupuk di atas permukaan tanah. Terakhir siapkan lubang tanam buat budidaya melati.

Cara Menanam Pohon Melati


Metode menanam bunga melati mulai dari pembibitan sampai panen

Pembibitan

Bibit bunga melati bisa diperoleh lewat metode generatif serta metode vegetatif. Buat metode generatif, bibit diperoleh langsung dari biji melati.

Tetapi ditinjau dari segi waktu serta hasil bibit, metode ini terbilang kurang efisien serta kurang murah.

Sedangkan metode vegetatif terbilang lebih instan serta bibit yang dihasilkan mempunyai watak seragam dengan induknya. Buat perbanyakan secara vegetatif, Kamu dapat mempraktikkan metode stek.

Stek ialah metode menanam bunga melati dengan memotong salah satu bagian tumbuhan induk, dapat batang, cabang, pucuk, maupun pangkal.

Setelah itu bagian yang dipotong itu direndam di dalam larutan ZPT selama 5 menit supaya memesatkan perkembangan pangkal.

Berikutnya tancapkan batang tersebut ke media semai dalam pot yang terdiri dari tanah serta pasir dengan kedalaman 1/3 dari panjang bibit.

Jalani penyiraman 2 kali satu hari serta pastikan dosisnya cocok dengan kandungan air di media semai itu.

Terakhir, letakkan media semai di zona yang lumayan sinar matahari supaya memesatkan perkembangan pangkal. Sehabis 3 bulan, bibit telah dapat ditanam di kebun.

Pengolahan Lahan

Bunga melati memerlukan tanah yang gembur, produktif, agak berpasir, pH 5-7, serta kelembaban udara 50-80%.

Tidak hanya itu, bunga melati pula memerlukan temperatur udara 28-36˚C pada siang hari serta 24-30˚C pada malam hari, dan ketinggian 10-1600 meter dpl.

Saat sebelum mempraktikkan metode menanam bunga melati, Kamu wajib mencerna tanah terlebih dulu. Bila tanah gersang, jalani penyiraman serta cangkul sampai gembur.

Cabut gulma di dekat lahan supaya tidak mengusik perkembangan bunga melati. Sehabis pengolahan, diamkan tanah sepanjang 2 minggu supaya gas beracun dalam tanah bisa menguap diudara.

Berikutnya gemburkan lagi tanah serta masukkan pupuk kompos, 2 gr KCL, 3 gr TSP, serta pemantap tanah semacam agrovit.

Aduk sampai pupuk serta tanah menyatu. Ingatlah kalau bunga melati cuma berkembang maksimal di tanah dengan pH 5-7.

Dikala tanah bersifat asam, taburkan kapur kalsit, kapur dolomit, maupun kapur bakar ke dalamnya buat tingkatkan pH tanah serta menjadikannya produktif.

Sehabis pengapuran, buatlah bedengan yang telah dicampurkan dengan pupuk organik, pupuk kandang, serta pupuk buatan supaya tanah jadi mencuat.

Baca Juga:  Panduan Cara Menanam Bunga Melati Dengan Benar

Penanaman Bibit

Berikut metode menanam bunga melati yang baik. Pertama, sehabis membuat bedengan, buatlah lubang tanam dengan dimensi 39 x 39 x 39 centimeter serta jarak antar lubang tanam minimun 99 centimeter.

Setelah itu masukkan 2 kilogram pupuk kandang ke tiap lubang tanam serta masukkan bibit melati dari polybag ke lubang tanam tersebut, urug dengan tanah.

Terakhir, jalani penyiraman dan pemupukan pada bibit melati dengan dosis yang pas secara tertib.

Pemupukan

Buat menyuburkan tanah serta memaksimalkan perkembangan bunga melati, Kamu wajib melaksanakan pemupukan dengan dosis yang pas.

Sehabis melaksanakan metode menanam bunga melati, jalani pemupukan dengan pupuk KCL dosis 100-300 kilogram per Ha per tahun.

Pupuk urea dosis 300-700 kilogram per Ha per tahun, serta pupuk TSP dosis 300-500 kilogram per Ha per tahun.

Ada pula pupuk bisa dimasukkan ke dalam lubang tanam maupun ditaburkan ke dekat tumbuhan.

Tetapi bila memakai pupuk daun, jalani penyemprotan Andasil B (6-20-30) ataupun Hyponex biru (10-40-15) pada pagi hari maupun siang hari, khususnya dikala cahaya matahari tidak begitu terik.


Perawatan

Tidak hanya mempraktikkan metode menanam bunga melati yang baik, Kamu pula wajib melaksanakan perawatan yang baik.

Pastikan Kamu melaksanakan penyiangan gulma sesering mungkin serta membuang tangkai-tangkai melati yang terkena hama penyakit. Jalani penyulaman dikala bibit mati maupun lelet berkembang.

Jalani pemupukan 3 bulan sekali dengan dosis yang pas, penyemprotan insektisida ataupun pestisida dikala tumbuhan melati terkena hama, serta siramlah tumbuhan melati dengan kandungan air seperlunya.

Pengendalian Hama Penyakit

Metode menanam bunga melati tidak terlepas dari serbuan hama penyakit. Oleh karena itu, dibutuhkan aksi penangkalan yang pas. Terdapat 4 hama yang melanda bunga melati ialah thrips, ulat, kutu, serta pengerek daun.

Thripsmenghisap cairan daun sehingga menimbulkan daun jadi kering serta layu. Buat mengendalikannya, jalani penyemprotan insektisida Pegasus 500 sc, Dicarzol 25 sp, maupun Mesurol 50 wp.

Berikutnya terdapat ulat yang membuat daun nampak berlubang apalagi habis.

Buat mengatur hama ulat, Kamu dapat mencabut daun yang terserang serbuan hama maupun menyemprotkan insektisida Decis 2.5 ec, Curacron 500 ec, maupun Perfekthion 400 ec.

Tidak hanya thrips serta ulat, terdapat hama kutu yang melanda daun, ranting, serta batang sampai membuat nyaris segala bagian tumbuhan melati layu serta rusak.

Buat mengendalikannya, jalani penyemprotan insektisida Perfekthion 400 ec maupun Decis 2.5 ec.


Panen

Sehabis lewat proses yang panjang dari kala masih terletak di dalam bibit sampai tumbuhan telah dapat di panen, kamu bisa melaksanakan proses pemanenan pada tumbuhan bunga melati.

Bunga melati hendak berbunga pada dikala 6 bulan sehabis masa penanaman.

Buat pemetikannya sendiri kamu bisa melaksanakannya pada waktu pagi hari ialah saat sebelum matahari yang tidak sangat terik ataupun temperatur udara yang tidak sangat panas.

Bunga melati hendak menciptakan bunga yang melimpah pada dikala panen awal antara 1 hingga 2 minggu pada dikala panen. Pemetikkan bunga melati diwajibkan dengan tingkatan ketelitian yang tinggi.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Pohon Melati dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.