Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata
Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Posted on

Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Menanam Rumput Gajah.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Menanam Rumput Gajah bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Menanam Rumput Gajah berikut ini.

Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Rumput gajah mini sekarang ini sudah menjadi tren tertentu pada golongan pecinta halaman yang mana dikarenakan cara untuk penanamannya yang bisa dikatakan cukup mudah serta cara merawatnya juga cukup gampang.

Rumput  jenis ini seringkali dijadikan sebagai inspirasi untuk model rumah minimalis, sehingga tidak mengejutkan karena rumput gajah mini juga jadi sebuah sorotan untuk kalangan dunia desain bidang dalamnya maupun bidang luar.

Anggapan yang sudah terlanjur salah saat ini yaitu cara penanam dan juga menjaga rumput gajah mini katanya bisa dikatakan lumayan susah sehingga membutuhkan kemampuan atau metode khusus.

Padalah rumput jenis ini sendir sangat mudah dan simpel, baik itu dari segi penanaman atau dlam segi perawatan. Apalagi apabila dibanding dengan rumput jepang, rumput gajah mini relatif lebih gampang penjaannya.

Keunggulan rumput gajah mini

  • Gampang dalam perawatannya
  • Wujud fisiknya yang kecil serta mini yang membuat penjaannya sangat mudah
  • Memberikan kesan asri serta nampak unik

Cara Menanam Rumput Gajah

Dibawah ini merupakan penjelasannya mengenai cara menanam rumput gajah diantaranya:

Mempersiapkan Media Tanam serta Bibit

Pertama Anda perlu menggemburkan tanah terlebih dengan menggunakan cangkul, gali hingga kedalaman tanah mencapai 5 – 10 centimeter, lalu ratakan kembali tanah tersebut.

Jika disini tanah yang di taman gersang atau tandus, alangkah baiknya disini anda perlu memberikan pupuk kandang terlebih dulu lalu diamkan selama 1 minggu pada saat sebelum mulai menanam agar nutrisi tanahnya selalu terpelihara.

Waktu yang sangat pas untuk menanam rumput gajah mini yaitu pada saat masa hujan karena rumput hendak memperoleh suplai air yang banyak.

Untuk bibitnya sendiri, Anda bisa membelinya pada tukang halaman maupun penjual bunga terdekat dengan harga yang berfariasi, mulai dari Rp15 – 20 ribu.

Proses Menanam

  • pertama anda perlu sobek rumput yang sudah dibeli sebelumnya sampai ukurannya mecapai 3 – 5 centimeter.
  • Tanam potongan rumput ini hingga akarnya tertutup oleh tanah dan juga aplikasikan pola zig – zag agar hasil yang diperoleh lebih optimal.
  • Pukul rumput dengan perlahan agar akarnya disini benar-benar menempel dengan tanah sehingga jalinannya dengan tanah hendak lebih kokoh.
  • Selanjutnya Anda ratakan posisi rumput dan juga tanah dengan menindihnya dengan menggunakan balok kayu (sehabis rata, angkat kembali balok kayunya).
  • Lalu tancapkan sedikit perakaran ketah, beri tekanan agar pangkalnya disiniterikat dengan tanah, uruk sedikit pada sela – sela tanamannya dengan tanah agar tumbuhan tidak gampang beralih.

Pemeliharaan Tumbuhan Rumput Gajah

Pada dasarnya untuk melakukan penanam tanaman rumput gajah ini tidak ada suatu keharusan untuk melakukan perawatan pada rumput gajah ini, sebab pada habitat aslinya rumput gajah ini dana berkembang secara produktif tanpa dicoba perawatan.

Namun, nyatanya agar bisa mendapatkan tumbuhan yang bermutu maka pasti ada sebagian perihal yang butuh dicoba diantaranya yaitu sebagai :

  • Pemupukan

Agar mendapatkan perkembangan yang lebih maksimal maka disini Anda bisa melakukan pemupukan, disini Anda bisa menggunakan pupuk organik yang berupa kotoran hewan ternak maupun kompos atau juga dengan mengkombinasikannya.

Dengan anda menggunakan pupuk kimia semacam pupuk NPK. Maka anda perlu mengaplikasikan pupuk minimun satu bulan sekali dengan cara anda bisa menaburkannya pada bagian dasar dekat perakaran tumbuhan.

  • Pemangkasan

Rumput gajah dapat Anda kembangkan dengan tidak terkontrol, maka agar tumbuhan ini tidak mengusik pada tumbuhan yang lain hingga sangat disini Anda perlu melakukan pemangkasan ataupun penjarangan.

Pemangkasan ini bisa Anda lakukan dengan metode kurangi beberapa batang tumbuhan pada satu rumpunnya. Lakukan pemangkasa secara teratur agar tumbuhan ini dapat berkembang dan memiliki wujud yang sesuai dengan kemauan serta estetika.

Cara Menanam Rumput Gajah : Keunggulan, Proses, Merawat Dan Akhir Kata

Akhir Kata

Disini Anda perlu mengupayakan untuk menjauhi dari pejalan kaki yang selalu melintas dipada area tumbuhan rumput gajah mini ini agar hasilnya jadi lebih optimal.

Sebab jika tanaman ini terinjak oleh kaki maka sangatlah jelas dapat membuat perkembangan rumput anda menjadi terhambat. Hal ini wajib untuk Anda cegah hingga perakaran rumput gajah mini sudah benar benar berkembang sempurna.

Jika memanglah hal ini tidak bisa dihindari maka disini anda bisa menggunakan pijakan kaki yang terbuat dari batu sebagai pemecahan agar tidak mengganggu rumput mini tersebut.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Menanam Rumput Gajah dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.