Cara Menanam Wortel Berbuah Lebat untuk Pemula

Posted on

Cara Menanam Wortel Berbuah Lebat untuk Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Budidaya Wortel. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan bagaimana cara menanam wortel mulai dari pemilihan bibit sampai panen dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya yuk simak ulasan berikut ini.

Cara Menanam Wortel Berbuah Lebat untuk Pemula

Jika dilihat dari segi budidaya wortel, tentu saja di Indonesia yang mempunyai iklim subtropis dan tropis akan lebih cocok untuk budidaya wortel. Yang mana banyak pada daerah pegunungan yang tersebar di wilayah Nusantara mengembangkan cara yaqng mudah untuk membudidayakan wortel ini. Namun Anda perlumengetahui bahwa tidaklah mudah untuk membudidyakan tanpa tau cara yang tepat dan efisien dalam membudidyakan tanaman wortel ini. Berikut ini merupakan bagaimana cara budidaya wortel yang mudah untuk pemula, diamtaranya yaitu sebagai berikut:

Tanaman Wortel

Tanaman wortel adalah salah satu jenis tanaman sayur yang mana biasanya di ambil pada bagian umbinya saja. Tanaman ini juga mempunyai ciri yang berwarna orange dengan bentuk yang memanjang serta berujung runcing dan juga ramping.

Tanaman ini juga umumnya digunakan sebagai sayuran yang sangat kaya akan manfaatnya. Baik digunakan dalam pembuatan acar, ditumis, jus, sop dan masih banyak lagi. Dimana wortel ini sendiri banyak mengandung vitamin B, C dan paling banyak mengandung A yang sangat bagus untuk kesehatan mata.

Tanaman ini termasuk kedalam jenis tanaman yang digunakan biennial atau semusim dengan siklul hidup 1-2 tahun. Tanaman wortel juga termasuk dalam tumbuhan yang ber umur cepat berkisar 4 bulan tergantung dari jenis varietasnya.

Jenis-jenis Wortel

Tanaman wortel ini memiliki bermacam-macam jenis, Anda melihat bisa mengetahui dari berbagaijenis wortel dari bentuknya, diantaranya sebagai berikut:

Jenis wortel Imperator

Wortel jenis impreator yaitu wortel yang memiliki bentuk umbinya panjang serta bulat dengan berujung lancip dan pada bagian umbinya terdapat akar serabut.

Jenis wortel Chantenay

Wortel jenis Chentenay yaitu wortel yang mamiliki bentuk pada umbinya hampir sama dengan impreator namun pada bagian ujungnya tumpul dan cenderung membulat srta pada bagian akarnya bersih dari akar serabut.

Baca Juga:  Cara Menanam Daun Pandan Di Pot Dengan Benar

Jenis wortel Nantes

Wortel jenis Nantes yaitu wortel yang mempunyai bentuk serta sifat dari kedua jenis tersebut.

Syarat Tumbuh Wortel

Daerah yang ideal untuk menanam wortel yaitu daerah yang memiliki ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Yang mana banyak dari petani yang membudidayakan tanaman wortel di daerah pegunungan dengan suhu yang cukup dingin. Namun dalam budidaya wortel anda perlu menanamnya setidaknya lebih dari 500 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Namun jika menanam wortel dalam kondisi tersebut maka umbinya akan tumbuh kecil, hal ini diakibatkan karena pertumbuhan yang kurang maksimal. Adapun jenis tanah yang disukai untuk budidaya wortel adalah mempunyai tekstur tanah yang gembur serta unsur hara dengan pH 6.

Cara Menanam Wortel

Adapun cara menanam wotel, antara lain yaitu:

Persiapan Lahan

  1. Persiapkan tanah dengan dicangkul atau dibajak.
  2. Buat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi 30 cm dan jarak bedengan sekitar 50 cm.
  3. Tebar dolomit agar pH tanah menjadi seimbang, biarkan selama 3 hari.
  4. Berikan pupuk kompos atau pupuk kandang secara merata pada media tanam, siram secara merata dan biarkan selama 2 minggu.
  5. Buatlah jarak 15 cm dan lubang 5 cm sebagai tempat bibit wortel.

Penanaman Wortel

  • Setelah pemberian kompos lakukan penanam pada lubang yang telah disiapkan.
  • Siapkan benih sekitar 5 kg untuk per hektarnya.
  • bijih wortel berbentuk kecil, namun sebelum di tanam agar di gosok terlebih dahulu dengan tangan agar tidak menempel satu dengan lainnya.
  • Tabur bibit wortel pada larikan atau lubang yang telah dibuat dan tutup dengan tanah halus.
  • Siram dan jaga kondisi kelembapan tanah dan tutup dengan daun pisang sampai umur 1 minggu.

Pemeliharaan Tanaman Wortel

Sama seperti tanaman lainnya tanaman wortel juga perlu diarwat agar dapat menghasilkan buah yang maksimal, dalam pemeliharaannya pun tidak begitu sulit, diantaranya yaitu:

  • Dalam pemeliharaannya dapat berupa penyiangan, pemupukan penyiraman, penyulaman dan penjarangan.
  • Pada fase pertumbuhan memerlukan kelembapan dan kecukupan air yang stabil dimana terlebihlagi pada saat musim kemarau anda perlu menyiram tanaman wortel dengan rutin, Anda dapat menyiramnya 1 hari sekali bila tidak 2 kali sehari.
  • Upayakan melakukan penjarangan dengan mencabut anakan pada wortel agar pertumbuhan ubi menjadi maksimal. Dengan mengatur jarak tanam dan penjarangan dengan kisaran 10 cm, dan pencabutan anakan ada wortel dapat digunakan sebagai ganti atau menyulam tanaman yang sudah mati.
  • Lakukan penyiangan gulma yang mana dapat tumbuh disekitar wortel. Hal ini penting dilakukan agar gulma tersebut tidak menjadi sarang penyakit dan hama yang dapat menganggu proses pertumbuhan.
  • Setelah umur 1 bulan dapat dilakukan pemupukan dengan menambahkan KCL dan ZA dengan perbandingan 1:2 sebanyak 3250 kg/Ha. Cara penaburan bubuk pun dapat dilakukan dengan membuat alur dengan jarak 5 cm dari pangkal tanaman tersebut.
Baca Juga:  Panduan Singkat Cara Menanam Jambu Kristal

Hama dan Penyakit Tanaman Wortel

Pada umumnya untuk hama yang sering menyerang pada saat budidaya wortel yaitu kutu daun, ulat tanah dan magot atau lalat. Untuk mencegah wortel dari terserangnya ulat tanah agar menjaga kebersihan lahan serta Anda juga melakukan penyiangan secara teratur. untuk pengendaliannya Anda bisa menggunakan Indufutan atau Furadan sebagai pengendaliannya.

Kutu daun ini biasanya menyerang pada pucuk daun shingga bisa membuatnya menjadi keriting dengan ara menghisap cairannya. Supaya Anda bisa mengendalikannya Anda bisa menyemprotkan dengan menggunkan insektisida pda tanaman wortel. Tak hanya itu terdapat juga penyakit yang menyerang pada tanaman wortel yaitu membuat bercak pada daun, daun menjadi busuk dan bintil akar.

Dalam penyakit bercak daun ini disebabkan oleh jenis cercospora yaitu sejenis cendawan yang dapat menyerang pada daun tua yang dapat mengakibatkan bercak coklat pada daun. Ada juga cara untuk pencegahannya, dengan cara melakukan pemilihan benih yang baik dan sehat selanjunya larutkan terlebuh dahulu dengan menggunakan fungisida pada saat sebelum proses penanaman.

Panen Budidaya Wortel

Pada umumnya proses pemanenan dalam budidaya wortel dapat dilakukan pada umur 90 hari sejak mulai dari proses penanaman. usahakan pada saat pemanenan agar jangan sampai terlambat sebab jika Anda terlalu untuk memanennya lama maka umbi akan menjadi tidak enak dan akan mengeras. Sehingga hal ini dapat mengakibatkan atas ketidak puasan terhadap konsumen.

Ada juga cara untuk pencabutannya, anda bisa mencabut keseluruhan wortel serta umbi berikut akarnya. Setelah itu bersihkan wortel dari tanah yang menempel dengan cara mencucinya menggunakan air bersih.

Bila dalam budidaya wortel dapat menghasilkan panen yang baik serta berkualitas bisa mencapai 30 ton/hektar. Semua itu tergantung dari varietas, jenis, serta perawatannya.

Demikian ulasan tentang Cara Menanam Wortel Berbuah Lebat untuk Pemula, Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.