Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Posted on

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula – Pada Kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Merawat Hamster. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara memelihara dan merawat hamster yang baik bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang cara merawat hamster dibawah ini.

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Hamster termasuk dalam sub famili Cricetinae, dimana hewan pengerat ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, memiliki tubuh yang gemuk, warna yang bervariasi dan ekor yang pendek. Biasanya hewan pengerat ini hidup di daerah pegunungan, perbatasan gurun, dataran rendah dengan semak dan bebatuan serta padang rumput.

Hewan ini omnivora atau memakan segala sesuatu mulai dari buah, akar, invertebrata, padi, tumbuhan hijau dan serangga kecil. Cara membawa makanan dengan menyimpan pada mulut yang terdapat kantung.

Hamster tergolong hewan nokturnal yang aktif pada pagi hingga sore hari. Berdasarkan masa hidupnya yang dapat hidup selama 3 tahun bergantung jenis dan spesiesnya.

Jenis-jenis Hamster

Sebelum Anda mempelajari cara merawat hamster, ada baiknya Anda mengetahui jenis hamster yang baik untuk dipelihara. Pasalnya, tidak semua hamster bisa hidup lama di dalam bangunan tertutup. Ini karena mereka membutuhkan banyak sinar matahari langsung dan udara terbuka setiap hari. Nah, bagi yang ingin memelihara hewan-hewan lucu dan menggemaskan ini di rumah, ini adalah jenis hamster yang mudah dipelihara di rumah.

Hamster Winter White

Winter White Hamster adalah salah satu jenis hamster yang banyak diminati banyak orang. Selain bulunya yang tebal dan halus, hamster ini bisa berubah warna tergantung cuaca di sekitar kita. Pada bulu hamster putih musim dingin, bulunya bisa berubah dari abu-abu menjadi kuning keemasan. Perubahan bulu ini disebabkan oleh pigmen rambut hamster yang disuplai oleh hormon prolaktin dan genetika.

Hamster Syrian Long/Short Hair

Ingin memelihara hamster dengan ukuran yang lebih besar? Pilihlah hamster syrian, selain ukurannya yang besar, hamster syrian juga memiliki kemampuan yang lebih baik untuk beradaptasi dengan lingkungan tertutup, sehingga dapat hidup lebih lama bila tinggal di rumah. Keunggulan lain dari hamster siria adalah sifatnya yang jinak, mudah dipegang, dan tidak mudah stress.

Baca Juga:  Umur Tanaman Kakao Mulai Berbuah

Hamster White Face Roborovski

Jika Anda tidak menginginkan hamster yang besar, roborovski putih ini sangat cocok untuk Anda pelihara! Hamster kesayangan banyak orang sangat gesit dan membutuhkan tempat untuk bermain di dalam kandangnya. Hamster Roborovski White Face memiliki bulu yang tebal dengan pola yang tidak terlalu banyak. Meski begitu, hamster jenis ini tetap terlihat menggemaskan karena pipinya yang besar. Bagi yang ingin memelihara hamster ini, Anda harus lebih jarang mengelusnya. Hamster roborovski akan merasakan tekanan dengan cepat saat berada di ruang sempit, jadi pastikan kandangnya luas!

Hamster Campbell

Jenis hamster ramah kandang yang terakhir adalah hamster campbell. Hamster Campbell merupakan jenis yang paling banyak dijumpai di pasaran karena budidaya yang tersebar luas. Beberapa faktor yang mendukung fakta di atas merupakan jenis yang mudah berkembang biak dan mudah dirawat. Hamster Campbell tidak terlalu memanjakan seperti yang lain. Padahal, jika merasa terancam, hamster ini bisa menggigit lalu bersembunyi dalam waktu yang lama.

Klasifikasi ilmiah Hamster

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mamalia
  • Ordo: Rodentia
  • Famili: Cricetidae
  • Upafamili: Cricetinae
  • Genus: Mesocricetus, Phodopus, Cricetus, Cricetulus, Allocricetulus, Cansumys, Tscherskia

Hewan ini dengan ukuran kecil dapat mudah untuk dibawa sehingga banyak yang menyukai untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Untuk Anda yang mengingikan memelihara hamster, tentu harus mengetahui jenis hamter yang akan dipelihara terlebih dahulu. Agar tidak salah dalam memeliharanya yang membutuhkan perawatan yang tepat.

Nah berikut ini cara merawat dan merawat hamster yang tepat untuk para pecinta hamster:

Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal yang sangat penting dalam pemeliharaan hamster. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kandang yang sesuai ukuran hamster, alas kandang serta kebersihan kandang.

Alas kandang bisa berupa jerami atau serbuk kayu agar air seni dan kotoran yang dikeluarkan hamster tidak menyengat dan berbau tajam. Hamster termasuk hewan yang aktif dan suka berlarian oleh karena itu pilih ukuran kandang yang sesui dengan kapasitas pemeliharaan hamster dengan ruang yang luas. Perlu di perhatikan akan menjaga kebersihan pada kandang secara rutin dengan melakukan pembersihan 1 minggu sekali dan ganti alas kandang dengan yang baru.

Penempatan Rumah Hamster

Cara merawat hamster yang tidak kalah pentingnya adalah posisi kandang. Posisi paling tepat dan aman adalah sudut rumah yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Hamster yang terus menerus terpapar sinar matahari cenderung sulit tumbuh karena kepanasan. Saat hamster merasa kepanasan, ia akan bersembunyi di kandangnya dan kesulitan makan. Akibatnya, mereka akan mati lebih cepat.

Baca Juga:  Jenis Kangkung

Makanan dan Minuman Hamster

Binatang hamster tergolong hewan omnivora tetapi hewan ini lebih menyukai memakan biji-bijian yang kaya gizi seimbang, protein yang tidak banyak serta tidak mengandung lemak. Semisal kacang merah, beras merah, kacang hijau, jagung dan padi serta berikan makanan selingan berupa buah atau sayuran seperti apel, kol atau lainnya.

Untuk pemberian kacang tanah dan biji bunga matahari dapat diberikan sebagai selingan untuk hamster. Pemberian minuman dan makanan dapat dikasih pada tempat khusus, dan jangan menaruh pada sembarangan tempat. Sebab bila tidak termakan oleh hamster dan tidak segera dibersihkan makan akan menimbulkan pembusukkan pada makanan yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit pada hamster.

Mainan Hamster

Hewan hamster sangat senang bermain, maka berikan mainan pada kandang seperti tali atau rantai untuk memanjat, hamsterball, rool atau lainnya.

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Pemeliharaan Hamster

Pencahayaan matahari sangat baik untuk perkembangan hamster. Namun karena hamster tergolong hewan noktunal maka kurang cocok bila terlalu terkena paparan sinar matahari. Bisa akan menjemurnya sebaiknya cukup kisaran jam 9 yang mana matahari tidak terlalu terik.

Dalam memandikan hamster sebaiknya gunakan tempat yang sudah ada air setinggi kaki hamster untuk berendam dan jangan menyiram secara langsung. Bila sudah agar segera di keringkan dengan handuk atau alat lainnya. Selain itu agar menjadi jinak Anda dapat melakukan pemijatan secara halut pada hamster.

Pastikan Hamster Tidak Kabur

Hamster adalah hewan kecil yang gesit. Setelah keluar dari kandang, mereka bisa berlarian di sekitar rumah tanpa terlihat. Jika sudah begini, akan sulit bagi Anda untuk menemukannya! Kondisi di luar kandang sangat berbahaya bagi hamster. Jika Anda benar-benar ingin mengeluarkan hamster dari kandangnya, pastikan dia masih dalam pengawasan Anda.

Demikian penjelasan tentang Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.