√ Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

2 min read

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula – Pada Kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Merawat Hamster. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara memelihara dan merawat hamster yang baik bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak artikel tentang cara merawat hamster dibawah ini.

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Binatang hamster yang teramasuk ke dalam sub familia Cricetinae, dimana hewan pengerat yang satu ini mempunyai ukuran tubuh kecil, berbadan gemuk, warna beragam dan ekor pendek. Biasanya hewan pengerat ini hidup di daerah perbukitan gunung, perbatasan padang pasir, dataran rendah dengan semak dan bebatuan serta padang rumput.

Hewan ini termasuk jenis hewan omnivora atau pemakan segala, mulai dari buah, akar, invertebrata, padi, tumbuhan hijau serta serangga kecil. Cara membawa makanan dengan menyimpan pada mulut yang terdapat kantung.

Hamster tergolong hewan noktutunal yang mana aktif di pagi hari sampai petang hari. Berdasarkan masa hidupnya yang dapat hidup selama 3 tahun bergantung jenis dan spesiesnya.

Klasifikasi ilmiah Hamster

  • Kerajaan: Animalia
  • Filum: Chordata
  • Kelas: Mamalia
  • Ordo: Rodentia
  • Famili: Cricetidae
  • Upafamili: Cricetinae
  • Genus: Mesocricetus, Phodopus, Cricetus, Cricetulus, Allocricetulus, Cansumys, Tscherskia

Hewan ini dengan ukuran kecil dapat mudah untuk dibawa sehingga banyak yang menyukai untuk memeliharanya sebagai hewan peliharaan.

Untuk Anda yang mengingikan memelihara hamster, tentu harus mengetahui jenis hamter yang akan dipelihara terlebih dahulu. Agar tidak salah dalam memeliharanya yang membutuhkan perawatan yang tepat.

Baca Juga:  Cara Menanam Okra : Metode, Penanaman, Perawatan Dan Pemanenan

Nah berikut adalah cara memelihara serta merawat hamster yang baik dan benar bagi para pecinta hamster:

Kandang

Kandang merupakan tempat tinggal yang sangat penting dalam pemeliharaan hamster. Hal yang harus diperhatikan dalam menyiapkan kandang yang sesuai ukuran hamster, alas kandang serta kebersihan kandang.

Alas kandang bisa berupa jerami atau serbuk kayu agar air seni dan kotoran yang dikeluarkan hamster tidak menyengat dan berbau tajam. Hamster termasuk hewan yang aktif dan suka berlarian oleh karena itu pilih ukuran kandang yang sesui dengan kapasitas pemeliharaan hamster dengan ruang yang luas. Perlu di perhatikan akan menjaga kebersihan pada kandang secara rutin dengan melakukan pembersihan 1 minggu sekali dan ganti alas kandang dengan yang baru.

Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula

Makanan dan Minuman Hamster

Binatang hamster tergolong hewan omnivora tetapi hewan ini lebih menyukai memakan biji-bijian yang kaya gizi seimbang, protein yang tidak banyak serta tidak mengandung lemak. Semisal kacang merah, beras merah, kacang hijau, jagung dan padi serta berikan makanan selingan berupa buah atau sayuran seperti apel, kol atau lainnya.

Untuk pemberian kacang tanah dan biji bunga matahari dapat diberikan sebagai selingan untuk hamster. Pemberian minuman dan makanan dapat dikasih pada tempat khusus, dan jangan menaruh pada sembarangan tempat. Sebab bila tidak termakan oleh hamster dan tidak segera dibersihkan makan akan menimbulkan pembusukkan pada makanan yang mengakibatkan terjangkitnya penyakit pada hamster.

Mainan Hamster

Hewan hamster sangat senang bermain, maka berikan mainan pada kandang seperti tali atau rantai untuk memanjat, hamsterball, rool atau lainnya.

Pemeliharaan Hamster

Pencahayaan matahari sangat baik untuk perkembangan hamster. Namun karena hamster tergolong hewan noktunal maka kurang cocok bila terlalu terkena paparan sinar matahari. Bisa akan menjemurnya sebaiknya cukup kisaran jam 9 yang mana matahari tidak terlalu terik.

Baca Juga:  √ Cara Menanam Tanaman Christia Obcordata Bagi Pemula

Dalam memandikan hamster sebaiknya gunakan tempat yang sudah ada air setinggi kaki hamster untuk berendam dan jangan menyiram secara langsung. Bila sudah agar segera di keringkan dengan handuk atau alat lainnya. Selain itu agar menjadi jinak Anda dapat melakukan pemijatan secara halut pada hamster.

Demikian penjelasan tentang Cara Memelihara dan Merawat Hamster Yang Baik Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.