Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung

Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung

Posted on

Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Pemupukan Tanaman Jagung. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan cara pemupukan dan dosis pupuk cair yang digunakan untuk menanam tanaman jagung dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih mudah memahami dan jelasnya silahkan simak artikel berikut ini.

Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung

Tanaman jagung merupakan salah satu bahan pokok pangan yang biasanya dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Sama halnya seperti tanaman pada umumnya, supaya mendapatkan hasil yang lebih maksimal maka hal ini Anda membutuhkan perlakuan dalam pemupukan serta perawatan yang lebih optimal.

Pada saat penggunaan pupuk tentu anda juga perlu mengetahui terlebih dahulu tentang cara dan dosis yang diperlukan pada saat pemupukan tanaman jagung. Maka dari itu dalam pembahasan ini kami akan memberikan wawasan tentang cara dalam pemupukan dan dosis yang diperlukan dalam menggunakan pupuk cair yang benar dan juga tepat.

Cara Pemberian Pupuk

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk proses pemupukan pada tanaman jagung, diantaranya yaitu:

Pada pengaplikasian pupuk cair Anda bisa menuangkan atau dengan menyiramnya di samping pangkal tanaman dengan kedalaman berkisar 5 cm. Selanjutnya Anda perlu menutup kembali dengan tanah agar pupuk bisa diserap oleh tanaman jagung, suapaya dapat seimbang dalam penyerapan maka Anda perlu memberikan pupuk di setiap tanaman disampingnya.

Pada saat pemupukan ke 3, Anda juga perlu untuk memperhatikan kondisi kebutuhan dari nitrogen pada tanaman, hal ini bisa Anda ketahui dengan melihat warna dari daun. Apabila daun berwarna gelap maka hal ini memerlukan nitrogen dengan dosis yang lebih sedikit.

Wakt yang teppat untuk pemupukan yaitu Anda dapat melakukannya pada usia 10 hingga 35 hari setelah masa tanam atau anda juga bisa memberikan pupuk pada usia 10, 30 dan 45 hari.

Jenis Pupuk yang Diberikan

Biasanya untuk pengunaan pupuk pada tanaman jagung ada yang tunggal atau mengandung 1 jenis nutrisi saja, dan bisa juga dengan menggunakan pupuk kompos atau organik.

Adapun jenis dari pupuk yang biasanya digunakan pada tanaman jagung beberapap diantaranya yaitu:

  • Pupuk Urea yang mempunyai kandungan unsur Nitrogen (N)
  • Pupuk SP-36 yang mempunyai kandungan Fosfor (F)
  • Pupuk KCl yang mempunyai kandungan Kalium (K)
  • Pupuk ZA
  • Pupuk NPK yaitu sebagai pengganti alternatif yang mempunyai Kalium (K) meskipun pupuk NPK ini bersifat majemuk.

Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung

Dosis Pada Pemupukan Tanaman Jagung

Dalam penggunaannya Anda erlu mempunyai takaran dan juga dosis yang sesuai supaya tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik dan optimal. Penting untuk mengetahui bahwa semakin bertambah usia untuk tanaman jagung maka dosis yang perlu digunakan juga berbeda, semakin tambah usia maka akan selalu bertambah juga dosis pempukannya.

Adapun beberapa takaran yang biasanya digunakan untuk pemupukkan tanaman jagung untuk takarannya diantaranya yaitu:

  • Pupuk Urea menggunakan takaran dengan dosis sebesar 350 Kg / hektar.
  • Pupuk SP-36 menggunakan takaran dengan dosis sebesar 200 Kg / hektar.
  • Pupuk KCL menggunakan takaran dengan dosis sebesar 100 Kg / hektar.
  • Pupuk ZA menggunakan takaran dengan dosis sebesar 50 Kg / hektar.
  • Pupuk majemuk (NPK) bisa menggunakan penakaran 15:15:15 dengan dosis 400 Kg pupuk / hektar.

Demikian penjelasan tentang Cara Pemupukan dan Dosis Pupuk Cair Untuk Tanaman Jagung, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba terimakasih.