Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal

2 min read

Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal

Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal.

Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Untuk lebih jelasnya simak artikel tentang Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal berikut ini.


Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal


Banyak jenis ikan yang ditemukan di perairan Indonesia, salah satunya adalah nila yang termasuk dalam ikan yang banyak dikonsumsi orang.

Seiring waktu, permintaan ikan air tawar terus meningkat setiap tahun baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk kebutuhan bisnis warung makanan.

Tidak hanya dikonsumsi, bahkan banyak orang yang tertarik dalam bisnis budidaya ikan, terutama budidaya ikan terpal sangat menjanjikan.

Bahkan ini diimbangi dengan perkembangan zaman yang semakin maju yang membuat budidaya kolam nila lebih mudah.

Nutrisi Ikan Nila

  • Protein
  • Kalori
  • Lemak
  • Besi

Dengan nutrisi yang terkandung dalam nila di atas, ini tentu sangat berguna terutama untuk perkembangan dan kecerdasan Anda.

Tidak hanya itu, Anda perlu tahu bahwa nila memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat sedikit, jadi ini sangat cocok bagi Anda untuk melakukan diet setiap hari.

Nah, jika Anda ingin mencoba bisnis yang satu ini, berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar budidaya ikan Anda berjalan dengan sukses:


Persiapan Cara Mengolah Ikan Nila di Kolam Tarpal

Bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis ternak nila, gunakan metode kolam terpal.

Baca Juga:  Budidaya Lobster Air Tawar Mudah Bagi Pemula

Metode ini jauh lebih menguntungkan dan lebih mudah diimplementasikan. Terutama bagi pemula yang ingin memelihara nila di rumah.

Karena metode ini tidak memerlukan banyak tempat dan hasilnya lebih optimal. Langkah-langkah ternak nila menggunakan kolam terpal, antara lain sebagai berikut.

Menyiapkan Kolam Tarpaulin

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan kolam terpal.
  • Anda memang bisa membuatnya sendiri, tetapi untuk menghemat waktu Anda bisa membelinya.
  • Metode ini akan meminimalkan kesalahan selama proses pembuatan, harganya lebih murah.
  • Untuk ukuran 500 kolam ikan nila, yaitu panjang 2 × 3 meter dapat menghasilkan panen 100 hingga 200 kilogram ikan.
  • Sedangkan kolam ikan ukuran 1000 nila, yaitu 4 × 6 meter dapat menghasilkan panen 300 hingga 400 kilogram ikan.
  • Jumlah panen bervariasi, tergantung pada jenis benih ikan yang dipilih.
  • Sesuaikan ukuran kolam ikan dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda menginginkan bisnis budidaya ikan skala besar, pastikan untuk menyiapkan ukuran terpal yang lebih besar. dan kolam terpal bundar adalah Solusinya!

Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal


Mempersiapkan Bibit Ikan Nila

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan benih nila. Pastikan benih yang Anda gunakan adalah benih unggul dengan karakteristik gerakan lincah, ukuran yang sama, aktif, dan tidak ada cacat.

Mengisi Air Kolam Terpal

Kedalaman terbaik untuk budidaya nila adalah 100 cm hingga 120 cm dengan pH 7 atau pH 8. Sedangkan suhu terbaik untuk pertumbuhan optimal adalah 25 hingga 30 derajat Celcius.

Penyebaran Benih

Distribusi benih adalah salah satu tahapan penting dalam proses budidaya nila. Meskipun nila adalah ikan yang memiliki daya tahan kuat, proses penyebaran benih tidak boleh dilakukan sembarangan.

Berikut cara yang benar untuk menyebarkan benih:

  • Siapkan wadah seperti ember dan tambahkan air bersih untuk memenuhi setengah dari wadah;
  • Masukkan biji dalam wadah dan tunggu sekitar 10 menit;
  • Isi ember dengan air kolam dan tunggu lagi selama 5 menit (proses ini dilakukan agar ikan tidak menekankan nilai); dan
  • Sebarkan bijinya perlahan-lahan ke kolam terpal.
Baca Juga:  √ Cara Sukses Budidaya Ikan Sidat Untuk Pemula Untung Berlimpah

Meskipun Anda dapat menyebarkan benih sebanyak mungkin di kolam, akan lebih baik jika Anda memberikan batas maksimum 100 ikan untuk setiap kolam.


Perawatan dan Panen

Hal yang harus dilakukan dengan baik hingga waktu panen adalah memberi makan secara teratur dan selalu menjaga kolam tetap bersih.

Nila harus diberi makan setidaknya 2 atau 3 kali sehari. Pilih makanan yang mengandung protein, lemak, karbohidrat, mineral, dan vitamin.

Selain itu, Anda juga bisa memberi makan nila dengan siput nasi atau sayuran yang telah dipotong-potong kecil.

Demikian penjelasan kami tentang Cara Ternak Nila Di Kolam Terpal dari kebun.co.id, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.