Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula

Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula – Pada kesempatan ini Kebun.co.id akan membahas tentang Cara Ternak Parkit. Yang mana dalam pembahasan kali ini menjelaskan panduan caara ternak parkit mudan bagi pemula dengan secara singkat dan jelas. Unutk lebih jelas dan mudah dipahaminya silahakan simak artikel berikut ini.

Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula

Burung parkit yaitu salah satu jenis burung yang banyak untuk dibudidayakan atau diternak sebagai hewan peliharaan atau untuk dijual kembali. Ciri dari burung parkit yaitu mempunyai paruh yang bengkok yang mana hampir sama dengan burung kakak tua.

Keunggulan dari burung parkit adalah burung ini mempunyai gerak yang lincah, serta bulu yang indah dan cerdas. Jenis burung yang satu ini masi tergolong dalam satu keluarga dari burung nuri yang mana pada umunya habitat dari burung ini hidup didalam lubang pepohonan.

Burung jenis parkit ini juga biasanya hidup dan berkembang di dalam koloni. Yang mana burung ini suka memakan sayuran dan juga berbagai biji-bijian. Untuk sebagian orang pasti akan kesulitan memelihara atau ternak burung parkit ini. Namun bagi orag yangkebanyakan menyukai berternak hal ini bisa dibilang cukup menyenangkan dan mudah. Disamping itu pada saat berternaka burung parkit ini merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan dan juga menguntungkan. Disamping memiliki kicauan yang indah serta memiliki bulu yang berwarnai warni nan indah.

Supaya bisa memperoleh warna yang indah terkadang para peternak akan menjodohkan burung ini dengan perkawinan silang, yang bertujuan supaya memperoleh warna yang indah dan unik. Untuk lebih jelasnya mari simak panduan artikel dibawah ini:

Baca Juga:  Parkit : Jenis, Habitat, Hal Yang Perlu Diperhatikan Dan Cara Merawat

Pemilihan Indukan Parkit

Langkah awal dalam berternak burung parkit, yaitu tentu anda perlu memilih indukkan burung parkit yang baik. Sebagai seorang peternak anda tentu perlu mengetahui perbedaan antara parkit jantan dan betina.

Induk jantan

  • Mempunyai warna biru tua atau biru muda pada sekitaran paruh.
  • Jika mendekati waktu kawin akan lebih terlihar mengkilap dan jelas.
  • Ideanya usia jantan lebih dari 5 bulan umurnya.

Induk Betina

  • Mempunyai cere atau tanda pada area paruh yang berwarna kecoklatan atau ungu
  • Pada masa kawin cere tersebut akan berwarna putih
  • Indukan betina idealnya lebih dari 5 bulan
  • Jika Anda variasi dengan indukan yang berbeda supaya mempunyai warna yang indah dari kedua jenis induknya.

Membuat Kandang

Langkah kedua adalah pembuatan kandang untuk burung parkit, ada berbagai type kandang parkit bisa bisa digunakan burung sepasang, yaitu kandang sedang dan kandang besar. Untuk permulaan dalam memilih kandang yang sepasang untuk memper mudah dalam melakukan perawatan pada burung parkit.

Memilih Pakan yang Sesuai

Biasanya pakan parkit adalah biji-bijian. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan biji jagung muda atau mileet putih untuk dijadikan pakan burung parkit. Anda juga bisa memberikan sayuran seperti sawi, kangkung atau tauge pada burung parkit. Anda juga harus menyediakan air untuk minum parkit, walaupun dengan jumlah yang sedikit. Sebab kebutuhan air juga sudah ada pada kandungan sayuran atau buah yang dimakan oleh parkit sendiri.

Supaya bisa untuk meningkatkan daya tetas, kualitas telur serta piyiknya saat menetas nantinya, Anda juga perlu memperhatikan asupan makanan gizi tambahan. Terlebih lagi dengan nutrisi yang berkaitan dengan reproduksi seperti halnya vitamin E, K dan protein yang harus dipenuhi. Namun tidak lah begitu sulit dalam memenuhi kebutuhan tersebut,Anda bisa dengan memberikan supleen khusus seperti Bird Mature yang dapat dikonsumsi pada indukan nantinya.

Baca Juga:  Budidaya Strawberry Tanpa Tanah (Soilless) Ramah Lingkungan

Serta tambahkan serabut kelapa pada kandang yang nantinya dapat digunakan untuk tempat bertelur. Anda juga bisa membuatnya atau membelinya ditoko hewan yang telah menyediakan. Pada umunya burung parkit akan mulai bertelur kurang lebih 3 bulan setelah perkawinan dan dalam 1 bulan Anda sudah bisa untuk menikmati hasilnya.

Merawat Burung Parkit

Merawat burung parkit tentu bukan hal yang mudah untuk seorang yang masih pemula, sebab hal ini membutuhkan ketelatenan, serta ketelitian dan kesabaran. Perawatan pada burung parkit juga sangat penting untuk dilakukan supaya burung parkit bisa berkembang dan tumbuh dengan baik sebagaimana mestinya dialam liar. Terlebihlagi dalam menjaga kebersihan kandang, jika kandang terlihat kotor maka akan menyebabkan burung menjadi stress serta dapat mempengaruhi kesehatannya. Lalu anda juga perlu menyediakan kebutuhan pakan dan minum yang sesuai dengan komposisi jumlah burung yang ada dalam kandang.

Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula

Tips Agar Burung Parkit Menjadi Jinak

  • Anda perlu memandikan burung parkit dengan cara mengusap air pada bagian tubuh parkit dengan menggunakan tangan secara perlahan dan juga lembut.
  • Anda juga bisa memberikan pakan secara langsung pada saat parkit bertengger pada jari Anda, hal ini bisa Anda lakukan secara rutin agar burung parkit menjadi jinak dan lama-kelamaan akan terbiasa.

Demikian penjelasan tentang Panduan Cara Ternak Parkit Mudah Bagi Pemula, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Selamat mencoba.